kumparan
19 Desember 2019 18:46

Cara Frederika Cull Atasi Rasa Insecure karena Tinggi Badan

Frederika Alexis Cull
Frederika Alexis Cull. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Setiap perempuan pasti pernah merasakan insecure atau perasaan tidak aman dalam hidupnya. Entah itu merasa insecure dalam berkarier, keuangan, hingga hubungan percintaan.
ADVERTISEMENT
Melansir dari Psychology Today, insecure sendiri umumnya disebabkan oleh tiga hal; pertama karena kegagalan di masa lalu, yang kedua karena kurangnya rasa percaya diri, dan yang terakhir karena dorongan untuk melakukan hal yang serba perfect.
Di samping beberapa penyebab insecure tadi, ternyata perasaan tidak aman ini bisa menyerang siapa saja, bahkan publik figure seperti Frederika Alexis Cull. Saat wawancara eksklusif bersama kumparanWOMAN pada Selasa (17/12) lalu, Puteri Indonesia 2019 itu mengaku bahwa ia memiliki rasa insecure terhadap berbagai hal sama seperti perempuan-perempuan lain. Mulai dari masalah penampilan, riasan, hingga fisik.
Like I worried about the little thing, karena aku orangnya perfeksionis banget. Jadi, kalau ada yang kurang bagus atau apa bisa bikin mood aku drop banget dan pada akhirnya bisa bikin aku melakukan sesuatu dengan tidak maksimal,” ujar perempuan berusia 20 itu kepada kumparanWOMAN.
PTR, Frederika Alexis Cull
Frederika Alexis Cull. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Lebih lanjut, Frederika bercerita bahwa rasa insecure terbesarnya saat mengikuti kontes kecantikan Miss Universe 2019 adalah masalah dengan tinggi badannya.
ADVERTISEMENT
“Karena di Puteri Indonesia sendiri bisa dibilang aku satu-satunya pemenang yang terpendek ya, karena biasanya yang memenangkan Puteri Indonesia itu kan 170 cm ke atas, sedangkan aku cuma 170 cm. Apalagi kalau di Miss Universe,” pikir Frederika.
Namun, lewat kontes kecantikan Miss Universe 2019 juga Frederika belajar bahwa masalah insecurity itu bisa membuatnya tambah merasa ‘kecil’ dan jadi kurang percaya diri.
“Aku pelajari dan aku tanamkan bahwa Miss Universe bukan mencari model, namun mereka mencari spokesperson yang bisa membawa brand mereka, serta bisa menggunakan kemampuan public speaking mereka dalam menyuarakan visi dan misi Miss Universe,” lanjutnya.
Cara Frederika Cull dalam mengatasi rasa insecure
Frederika Alexis Cull
Frederika Alexis Cull. Foto: Faisal Rahman/kumparan
Selain menanamkan hal-hal positif, Frederika juga menganggap bahwa kehadiran support system bisa mengikis rasa insecure. Menurutnya, kehadiran dari support system itu bisa memberi dukungan dalam menangkal hal-hal negatif atau komentar buruk yang datang dari luar.
ADVERTISEMENT
“Selain itu, aku juga biasanya baca buku tentang self confidence, nonton video yang inspiring, dan yang terakhir aku juga coba mencari sesuatu yang menarik dalam dari diri aku. Maksudnya, yang bisa mencuri perhatian dan membuat aku beda dari kontestan Miss Universe 2019 lain,” tutup Frederika.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan