Woman
·
28 November 2019 10:30

Curhat Idola K-Pop Perempuan yang Pernah Dibully karena Berkulit Gelap

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Curhat Idola K-Pop Perempuan yang Pernah Dibully karena Berkulit Gelap (240454)
Yubin eks Wonder Girls pernah dibully karena berkulit gelap. Foto: Instagram/@iluvyub
Dari dulu hingga saat ini, tampaknya standar kecantikan di Korea Selatan tidak banyak mengalami perubahan. Perempuan Negeri Ginseng ini percaya bahwa definisi cantik adalah memiliki tubuh langsing, wajah kecil dan kulit yang putih.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, tidak semua perempuan Korea Selatan memiliki fisik yang seperti itu. Alih-alih menghargai dan menghormati perbedaan bentuk fisik, perempuan yang dinilai berbeda dari standar kecantikan Korea Selatan justru malah mengalami bullying.
Hal ini dialami oleh idola K-Pop perempuan, Yubin (31), yang merupakan eks member girl group populer Wonder Girls. Pada sebuah tayangan tv lokal Street Feast, Yubin menceritakan bahwa ia kerap mendapatkan komentar negatif tentang dirinya pada 2007 lalu atau saat pertama kali ia memulai debut sebagai penyanyi dan rapper.
Komentar negatif yang diterima Yubin kala itu selalu menyinggung tentang warna kulitnya yang cenderung lebih gelap dari warna kulit perempuan Korea Selatan lainnya.
"Ketika saya menjadi anggota baru Wonder Girls, orang-orang melihat saya seperti orang jahat yang bisa memukul anggota Wonder Girls lainnya, hanya karena kulit saya gelap dan saya terlihat kotor," cerita Yubin dalam tayangan tv tersebut, seperti dikutip dari Allkpop.
ADVERTISEMENT
Tak hanya warna kulitnya yang jadi bahan bullying, suaranya juga pernah dicaci maki dan dianggap tidak cocok jadi penyanyi. Bullying itu bahkan melewati batas, sempat beredar rumor yang mengatakan bahwa Yubin terlibat dalam jaringan prostitusi.
"Meski hal itu tidak benar, orang tua saya merasa sangat terbebani karena rumor yang tidak bisa dipertanggungjawabkan itu," lanjut perempuan kelahiran 1988 itu lagi.
10 tahun lebih debut sebagai penyanyi, perempuan yang kini aktif sebagai penyanyi solo itu tetap tampil percaya diri dengan warna kulitnya yang lebih gelap dibandingkan perempuan Korea Selatan pada umumnya. Bahkan kini di dunia hiburan Korea Selatan, semakin banyak idola K-Pop yang tidak malu menampilkan warna kulitnya yang gelap.
Beberapa di antaranya adalah penyanyi Hyorin, Yoon Mi Rae, Hwasa 'Mamamoo' hingga Yuri 'SNSD'.
ADVERTISEMENT