Woman
·
22 Juli 2021 10:43
·
waktu baca 2 menit

Fakta Zhang Ziyu, Gadis 14 Tahun yang Viral karena Tingginya Lebih dari 2 Meter

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Fakta Zhang Ziyu, Gadis 14 Tahun yang Viral karena Tingginya Lebih dari 2 Meter (30340)
searchPerbesar
Zhang Ziyu, gadis 14 tahun yang memiliki tinggi 2,26 meter. Foto: YouTube
Gadis asal China bernama Zhang Ziyu, baru-baru ini viral dan mencuri atensi publik. Ia menjadi perbincangan karena memiliki tinggi badan yang jauh berbeda dengan teman-teman sebayanya yang berusia 14 tahun, yakni 2,26 meter.
ADVERTISEMENT
Dalam foto dan juga video yang beredar di media sosial, terlihat Zhang sangat mendominasi karena tinggi yang dimilikinya. Bahkan, dalam salah satu kejuaraan basket yang melibatkan atlet U-15 di Jingzhou, China, Zhang tampak paling menonjol di antara yang lainnya.
Karena keistimewaannya itu, Zhang pun sukses menarik banyak perhatian publik. Tidak sedikit juga yang bertanya-tanya mengapa Zhang bisa memiliki tinggi badan yang berbeda di antara teman-temannya.
Nah, Ladies, penasaran dengan sosok remaja perempuan ini? Berikut kumparanWOMAN telah merangkum beberapa fakta seputar Zhang Ziyu yang dikutip dari berbagai sumber. Simak informasinya di bawah ini

1. Telah menekuni olahraga basket sejak usia 5 tahun

Zhang Ziyu kabarnya sudah mempelajari dunia basket sejak usia 5 tahun. Kini, di usianya yang sudah mencapai 14 tahun, Zhang telah mengikuti berbagai macam kejuaraan basket di negaranya.
ADVERTISEMENT
Mengutip Global Times, hobi Zhang dalam bermain basket ternyata tak luput dari sosok ibunya, Yu Ying, yang merupakan mantan tim nasional di China. Bahkan keterampilan yang dimiliki Zhang pun didapat dari ajaran sang ibu yang sudah tertanam sejak dirinya masih kecil.
Oleh karena itu, banyak warga China dan ahli pakar olahraga yang berharap Zhang bisa terus mengembangkan bakatnya di bidang basket, agar bisa menjadi pemain basket yang menjanjikan.
"Intinya adalah dia baru berusia 14 tahun, dia akan punya masa depan yang menjanjikan jika dia terus meningkatkan bakat dan kemampuannya," ungkap salah satu netizen di Weibo.

2. Tinggi karena keturunan genetik

Fakta Zhang Ziyu, Gadis 14 Tahun yang Viral karena Tingginya Lebih dari 2 Meter (30341)
searchPerbesar
Zhang Ziyu, gadis 14 tahun yang memiliki tinggi 2,26 meter. Foto: YouTube
Usut punya usut, tinggi yang didapatkan Zhang ternyata diperoleh karena keturunan genetik. Menurut South China Morning Post, sang ayah memiliki tinggi sekitar 2,13 meter, sedangkan ibunya memiliki tinggi 1,98 meter.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itulah, tinggi Zhang pun mengalami peningkatan yang cukup pesat. Ketika duduk di kelas 1 SD saja, Zhang memiliki tinggi mencapai 1,6 meter. Kemudian, ketika kelas 6 SD, tinggi Zhang meningkat jauh hingga mencapai 2,1 meter. Kini, tinggi Zhang sudah mencapai 2,26 meter, artinya, ia sudah mengalahkan tinggi kedua orangtuanya meski baru duduk di bangku SMP.

3. Dijuluki Yao Ming perempuan

Fakta Zhang Ziyu, Gadis 14 Tahun yang Viral karena Tingginya Lebih dari 2 Meter (30342)
searchPerbesar
Zhang Ziyu, gadis 14 tahun yang memiliki tinggi 2,26 meter. Foto: YouTube
Karena tinggi yang dimilikinya, Zhang kini pun mendapatkan julukan baru yaitu Yao Ming perempuan. Yao Ming sendiri adalah mantan pemain bola basket asal China pertama yang bermain di kompetisi NBA. Ia dilaporkan memiliki tinggi badan 2,29 meter. Tingginya itu hanya selisih berapa angka dengan Zhang.
Karena memiliki tinggi yang tak jauh berbeda dengan Yao Ming, beberapa netizen pun yakin kalau Zhang bisa menjadi penerus dari Yao Ming. Terlebih Zhang sudah aktif menekuni olahraga basket sejak umur 5 tahun. Oleh karena itu, banyak yang berharap jika kelak Zhang bisa menjadi seorang atlet basket dan membuka kesempatan baru untuk tim basket perempuan China.
ADVERTISEMENT
"Masa depan tim basket perempuan China bergantung pada Zhang Ziyu," tambah netizen dalam situs Weibo.
Penulis: Johanna Aprillia