kumparan
18 September 2019 8:43

Fashion For Relief, Badan Amal yang Dibentuk Naomi Campbell

Model Inggris Naomi Campbell. Foto: AFP/NIKLAS HALLE'N
Pergelaran London Fashion Week (LFW) yang diselenggarakan pada 13 sampai 17 September 2019, di British Museum, Inggris, menampilkan berbagai gaya pakaian dari berbagai brand ternama. Namun, ada yang menarik di LFW, kehadiran Naomi Campbell yang tidak hanya sebagai model tetapi juga host untuk sebuah organisasi amal yaitu Fashion for Relief.
ADVERTISEMENT
Organisasi asal Inggris itu didirikan pada 2005 lalu yang bertujuan untuk berbagai masalah lingkungan dan kemanusiaan, dengan memberikan bantuan kepada orang-orang yang mengalami krisis di berbagai negara. Hadirnya peran Naomi Campbell di organisasi ini untuk menarik orang-orang terkenal di industri fashion, film, musik, hingga televisi.
Loading Instagram...
Untuk peragaan busana, sejauh ini Fashion for Relief sendiri sudah bekerjasama dengan fashion show yang diselenggarakan di Dar er Salaam, Cannes, London, Moskow, Mumbai, dan New York City sejak 2012 lalu.
Melansir Harper's Bazaar, Naomi tidak sekadar menjadi host di peragaan busana Fashion for Relief, nyatanya organisasi itu didirikan oleh supermodel Naomi Campbell sendiri. Ia terinspirasi oleh politisi Afrika Selatan Nelson Mandela, yang pernah mengatakan untuk terus menggunakan ‘suaranya’ selamanya. Karena itu, Naomi mendirikan organisasi amal yang menyatukan industri fashion untuk mendukung kemanusiaan.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Bantuan amal itu telah meningkatkan kehidupan mereka yang terkena dampak Badai Katrina, korban gempa Haiti, dan baru-baru ini Fashion for Relief bekerja dengan badan amal internasional Save The Children.
Sampai saat ini, Fashion for Relief sudah mengumpulkan belasan juta dolar Amerika Serikat, Kumpulan dana amal akan digunakan untuk persediaan makanan, tempat tinggal, dan perawatan medis untuk anak-anak di seluruh dunia termasuk mereka yang terkena dampak konflik di Suriah.
Penampilan Naomi Campbell di pagelaran busana Fashion for Relief
Loading Instagram...
Model kelahiran London ini berjalan di atas catwalk bersama Adut Akech, Stella Maxwell, Erin O’Connor, Iris Law, Montell Martin dan Leomie Anderson mengenakan gaun tulle tebal dan warna yang mencolok pada Sabtu (14/9).
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Loading Instagram...
Loading Instagram...
Meski usianya hampir menginjak 50 tahun, Naomi masih tampil memukau. Ia mengenakan busana dengan payet dan bulu yang berwarna-warni yang didominasi warna emas, yang merupakan koleksi Jean Paul Gaultiere Couture. Lalu, ia memakai gaun merah yang memiliki belahan dada rendah, dan dipadu cape warna serupa. Pada gaun merah ini, Naomi tidak menggerai rambutnya, melainkan memakai headpiece berumbai.
Selanjutnya, Naomi Campbell mengenakan gaun hitam yang menerawang dan menutupi sedikit bagian tubuhnya saja. Mengutip Page Six, gaun itu merupakan koleksi musim gugur 1998 rancangan Thierry Mugler. Bahan sheer yang ada pada gaun memperlihatkan belahan dada dan kaki jenjang supermodel berusia 49 tahun itu.
Tidak sedikit desainer terkenal yang terlibat dalam Fashion For Relief tahun ini. Beberapa di antaranya ada Givenchy, Marc Jacobs, Gucci, Dior, Marc Jacobs dan Alexander McQueen yang menampilkan lebih dari 60 koleksi busana.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan