Gemar Minum Kopi Bisa Bikin Payudara Mengecil, Benarkah?

22 November 2022 11:31
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi perempuan minum kopi. Foto: Krakenimages.com/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan minum kopi. Foto: Krakenimages.com/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Mengonsumsi secangkir kopi sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat Indonesia yang bagi banyak orang tak boleh terlewatkan. Dilansir dari Healthline, kopi memiliki segudang manfaat yang bisa kamu rasakan di dalam tubuh, seperti membantu meningkatkan energi, mengurangi tingkat depresi, menjaga kesehatan jantung, bahkan dapat membuat kita panjang umur.
ADVERTISEMENT
Namun, ternyata mengonsumsi kopi terlalu banyak memberikan efek samping khususnya bagi perempuan. Ada anggapan mengatakan bahwa mengonsumi kopi bisa membuat ukuran payudara mengecil. Lantas, benarkah itu? Temukan jawabannya seperti yang telah kumparanWOMAN rangkum dari Glamour, berikut ini.

Benarkah gemar mengonsumsi kopi membuat ukuran payudara mengecil?

Ilustrasi payudara. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi payudara. Foto: Shutter Stock
Sebuah studi yang diterbitkan British Journal of Cancer pada tahun 2008 meneliti 269 perempuan dengan payudara yang besar tentang berapa banyak kopi yang mereka konsumsi. Hasilnya, mengonsumsi tiga cangkir kopi atau lebih per hari membuat volume payudara perempuan 17 persen lebih kecil daripada perempuan yang mengonsumsi kopi kurang dari tiga cangkir kopi per hari.
Penelitian yang dipimpin oleh Dosen Onkologi di Universitas Lund, Swedia, Helena Christina Birgitta Jernström, mengungkapkan terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat berdampak pada hormon tubuh. “Mengonsumsi kopi dapat berdampak pada ukuran payudara,” ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Hal ini dikarenakan kopi mengandung senyawa yang memengaruhi aktivitas hormon dan kaya akan fitoestrogen, yaitu senyawa kimia alami yang dihasilkan oleh tumbuhan, yang dapat menghambat reseptor estrogen pada payudara. Di samping itu, estrogen merupakan hormon yang berperan penting untuk pertumbuhan dan perkembangan jaringan payudara.
Meski begitu, tidak serta-merta ukuran payudara langsung mengecil apabila kita gemar mengonsumsi kopi. Helena melanjutkan, "Perempuan peminum kopi tidak perlu khawatir payudara mereka akan mengecil dalam semalam. Payudara akan mengecil, tetapi tidak akan hilang begitu saja.".
Ilustrasi kopi. Foto: Mike_shots/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kopi. Foto: Mike_shots/Shutterstock
Akan tetapi, penelitan tersebut memicu perdebatan antara benar tidaknya mengonsumsi tiga cangkir kopi atau lebih per hari dapat membuat ukuran payudara mengecil. Merujuk laman Coffe Informer, ada beberapa kesalahan dengan penelitian ini sehingga kamu tidak perlu terlalu khawatir tentang narasi yang beredar.
ADVERTISEMENT
Pertama, penelitian tersebut tidak melacak ukuran payudara dari waktu ke waktu. Kamu tidak dapat menentukan apakah ukuran payudara dipengaruhi oleh kopi dengan jenis penelitian yang dikumpulkan pada satu titik waktu tertentu.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Kedua, gaya hidup perempuan yang mengonsumsi lebih dari tiga cangkir kopi per hari jelas berbeda dengan mereka yang tidak mengonsumsinya. Ada banyak faktor yang akan memengaruhi pertumbuhan payudara dan tidak dapat menentukan apakah kopi memiliki dampak signifikan pada ukuran payudara hanya dengan satu informasi.
Ketiga, cara penelitian tersebut mengukur dan menghitung volume payudara menggunakan rumus piramida. Pasalnya, payudara hadir dengan berbagai bentuk dan ukuran sehingga hanya dengan mengukur volume dalam bentuk piramida tidak akan memberikan hasil yang konsisten.
Namun, sisi positif yang dapat diambil dari penelitian tersebut adalah mengonsumsi kafein secara teratur mengurangi risiko kanker payudara hingga 33 persen. Kesimpulannya, kamu tidak harus menyetop kebiasaan minum kopi sehari-hari. Namun, ada baiknya kamu membatasi asupan kopi harian agar tidak berlebihan.
ADVERTISEMENT

Anjuran mengonsumsi kopi dengan sehat

Ilustrasi perempuan minum kopi Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan minum kopi Foto: Shutterstock
Dilansir dari Corporate Coffee Systems, rupanya ada beberapa anjuran mengonsumsi kopi dengan cara yang sehat. Hal ini menjadi penting untuk kamu ketahui agar mendapat manfaat kopi secara optimal.
Pertama, hindari mengonsumsi kopi setelah jam 2 siang. Sebab, hal ini dapat mengganggu waktu tidur di malam hari.
Kedua, kurangi gula, susu full fat, atau krimer sebagai pemanis. Meski bagi sebagian orang sulit untuk melakukannya, kopi lebih sehat dikonsumsi tanpa pemanis tambahan.
Ketiga, tidak mengonsumsi terlalu banyak kopi. Batas konsumsi kafein yang terbilang aman untuk sebagian orang dewasa adalah 400 miligram atau setara dengan 4 cangkir kopi per hari.
Nah, itulah jawaban dari narasi yang mengatakan bahwa mengonsumsi kopi bisa membuat ukuran payudara mengecil. Bagaimana menurut kamu, Ladies?
ADVERTISEMENT