kumparan
8 Juni 2019 16:28

Hal yang Harus Diperhatikan saat Akan Membersihkan Kuas Makeup

Brush Makeup
Brush Makeup Foto: Pexels
Kuas makeup menjadi alat yang banyak digunakan perempuan untuk merias wajahnya. Sama halnya seperti melukis di atas kanvas, kuas makeup diperlukan untuk memulaskan segala jenis warna dan jenis makeup ke dalam wajah untuk menyempurnakan riasan Anda.
ADVERTISEMENT
Meski kuas menjadi andalan untuk merias wajah, jangan sampai Anda lupa untuk membersihkannya. Menurut dermatologis dan makeup artist asal New York Ashleig B. Ciucci, sebaiknya brush rajin dibersihkan setidaknya seminggu sekali. Tujuannya untuk menghindari bakteri yang membuat wajah berjerawat hingga alergi.
Lalu, bagaimana cara tepat membersihkan brush makeup? Berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan saat akan membersihkan kuas makeup.
1. Minimal satu kali seminggu
Makeup Brush
Makeup Brush Foto: Pixabay
Dilansir ELLE, kuas makeup sebaiknya dibersihkan satu minggu sekali, terutama kuas foundation dan concealer. Semakin bersih kuas makeup, maka akan semakin baik untuk wajah dan makeup Anda. Jika brush jarang dibersihkan, makeup sulit menyatu di kulit dan berpotensi menimbulkan jerawat dan bakteri.
2. Gunakan sabun bayi
Kuas riasan mata
Kuas riasan mata Foto: Dok. Istimewa
Membersihkan brush dengan air hangat saja masih belum cukup. Anda bisa menggunakan sabun yang berformula lembut seperti sabun bayi yang membuat bulu-bulu kuas lebih bersih dan tetap halus. JIka memiliki bujet berlebih, tak ada salahnya beli cairan khusus untuk membersihkan kuas makeup agar masa pakai kuas lebih tahan lama.
ADVERTISEMENT
3. Perhatikan cara membersihkan kuas
Ilustrasi kuas
Ilustrasi kuas. Foto: Pixabay
Pertama-tama, rendam kuas dengan air hangat. Setelah sisa-sisa makeup keluar, angkat kuas dan gosok dengan sabun. Putar brush dengan lembut di telapak tangan, hingga sisa makeup sudah benar-benar keluar. Bilas dengan air dingin dan pastikan tidak ada sisa kotoran yang menempel.
4. Perhatikan cara mengeringkan kuas
REKOMENDASI KUAS FOUNDATION
Kuas foundation. Foto: dok. Sephora Indonesia, Shoppee
Sebaiknya brush dikeringkan dengan posisi terbalik, tangkai kuas di atas dan bulu-bulunya berada di bawah. Hal ini dilakukan agar air sisa cucian kuas tidak masuk ke dalam lem di bulu-bulu kuas dan membuatnya cepat rontok. Jangan biarkan kuas makeup mengering di atas handuk karena kuas bisa menjadi lembap dan berjamur.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan