Harus Kamu Perhatikan, Ini 5 Penyebab Kulit Beruntusan

22 Mei 2022 17:31
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Harus Kamu Perhatikan, Ini 5 Penyebab Kulit Beruntusan (61892)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi wajah beruntusan. Foto: Backgroundy/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Selain jerawat, beruntusan merupakan permasalahan kulit yang paling umum terjadi. Tak cuma bikin wajah jadi tidak nyaman, munculnya beruntusan juga bisa membuat rasa percaya diri menurun.
ADVERTISEMENT
Diketahui, beruntusan adalah kondisi kulit yang kasar dan tidak rata akibat bejolan atau jerawat kecil-kecil pada wajah. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan kulit jadi beruntusan, Ladies. Beberapa di antaranya adalah kurang bersih saat menghapus makeup hingga mengonsumsi makanan yang tidak diga.
Supaya tahu lebih lengkap, kumparanWOMAN telah merangkum beberapa penyebab kulit beruntusan yang perlu ketahui. Kira-kira ada apa saja? Simak selengkapnya berikut ini.

1. Kurang bersih saat menghapus makeup

Harus Kamu Perhatikan, Ini 5 Penyebab Kulit Beruntusan (61893)
zoom-in-whitePerbesar
Membersihkan makeup di area mata dengan perlahan. Foto: Shutterstock
Penyebab pertama yang menyebabkan kulit beruntusan adalah kita kurang bersih saat menghapus makeup. Dalam kondisi lelah, kita mungkin akan merasa cuci muka saja sudah cukup. Padahal kita perlu melakukan double cleansing setelah memakai makeup seharian. Jadi, hapus dulu makeup dengan micellar water atau makeup remover, setelah itu baru bersihkan wajah dengan sabun. Double cleansing ini membantu mengurangi risiko pori-pori tersbumbat yang bisa berujung pada beruntusan.
ADVERTISEMENT

2. Terlalu banyak mengonsumsi junk food

Harus Kamu Perhatikan, Ini 5 Penyebab Kulit Beruntusan (61894)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi junk food. Foto: Shutterstock
Percaya atau tidak, segala makanan dan minuman yang kita konsumsi bisa mempengaruhi kondisi kulit, lho, Ladies. Sama halnya dengan tubuh, junk food atau makanan cepat saji juga tidak baik untuk kulit. Kalau terlalu sering makan junk food, kulit kamu lama-lama bisa mengalami beruntusan. Selain junk food, makanan pedas, manis, dan berminyak juga bia jadi sumber jerawat atau beruntusan.
Oleh karena itu, usahakanlah untuk mulai sering mengonsumsi makanan sehat serta rutin minum air putih minimal delapan gelas dalam sehari. Kalau ingin tetap makan junk food, usahakan jumlahnya dibatasi. Misalnya, seminggu sekali atau dua kali.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

3. Jarang mengeksfoliasi kulit

Harus Kamu Perhatikan, Ini 5 Penyebab Kulit Beruntusan (61895)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bekas jerawat kemerahan Foto: Shutterstock
Melakukan eksfoliasi pada kulit memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan wajah, terutama bagi kamu yang sering beraktivitas di luar rumah. Eksfoliasi ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Kalau tidak dilakukan dengan rutin, kulit bisa jadi kusam dan mengalami beruntusan.
ADVERTISEMENT
Tapi sebagai catatan, kita juga tidak boleh terlalu sering melakukan eksfoliasi. Sebab bisa bikin kulit iritasi dan malah memicu jerawat. Kamu bisa melakukannya seminggu sekali untuk pemilik kulit sensitif dan seminggu dua kali untuk kulit normal.

4. Mengeringkan wajah menggunakan handuk kotor

Harus Kamu Perhatikan, Ini 5 Penyebab Kulit Beruntusan (61896)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi handuk berbahan microfiber. Foto: Shutter Stock
Sebelum mengeringkan wajah dengan handuk, pastikan handuk tersebut bersih, serta bebas dari kuman dan bakteri. Pasalnya, handuk kotor atau yang sudah dipakai dalam waktu cukup lama dapat menyebabkan munculnya beruntusan. Oleh sebab itu, sebisa mungkin pisahkan handuk untuk mengeringkan wajah dan tubuh. Ini bisa membantu mengurangi risiko beruntusan karena kotoran pada tubuh yang menempel di handuk tidak berpindah ke wajah.

5. Mengalami stres berat

Harus Kamu Perhatikan, Ini 5 Penyebab Kulit Beruntusan (61897)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan stres. Foto: Shutter Stock
Hal terakhir yang jadi penyebab beruntusan adalah stres. Memang kesannya stres tidak ada hubungannya dengan kulit wajah, namun ternyata stres dapat mempengaruhi cara kerja tubuh dan mengurangi nutrisi pada kulit. Saat kulit kekurangan nutrisi, segala macam masalah kulit mulai muncul satu persatu, termasuk beruntusan.
ADVERTISEMENT
Oleh karena itu, penting untuk dapat mengelola stres dengan tepat. Sebaiknya, saat kamu mulai mengalami stres akibat masalah yang sedang kamu hadapi, Ladies harus segera istirahat dan mengambil waktu untuk berlibur walaupun hanya sebentar.
Penulis: Nadya Zahira