Ini Tips Efektif Menggunakan Afirmasi, Gak Bisa Sembarangan

25 November 2022 12:12
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi perempuan menata rambut dengan tangan. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan menata rambut dengan tangan. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Ladies, setiap perempuan tentu pernah dihadapkan dengan suatu masalah. Saat hal ini terjadi, banyak yang memilih untuk mengucapkan kata-kata positif untuk memberikan semangat kepada diri sendiri.
ADVERTISEMENT
Tindakan ini biasa juga disebut sebagai afirmasi positif. Ya, afirmasi positif adalah pengucapan kata-kata baik secara berulang yang bisa membuat pola pikir terhindar dari hal-hal buruk. Beberapa afirmasi positif yang sering dilakukan antara lain “aku pasti bisa melewati masalah ini” atau “aku kuat untuk menghadapi berbagai tantangan”.
Mengutip Psychology Today, sayangnya tidak semua orang bisa efektif menerapkan afirmasi positif untuk mengubah hidup menjadi lebih baik.
Ternyata ada beberapa tips yang perlu diperhatikan jika kamu ingin melihat perubahan dari tindakan afirmasi positif. Kira-kira apa saja ya? Simak penjelasan lengkapnya di sini.

1. Pilih kata-kata positif yang kamu percayai

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah dengan memilih kata-kata positif yang bisa kamu percayai. Misalnya, seperti "Saya menerima diri saya sendiri dan saya pantas mendapatkan hal-hal hebat", tetapi jauh di lubuk hati kamu tidak mempercayai hal itu.
ADVERTISEMENT
Nah, itu bisa menghambat efektivitas dari afirmasi positif. Sebaliknya, kamu harus yakin dengan apa yang akan kamu ucapkan akan menjadi kenyataan.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Ilustrasi perempuan. Foto: Mix and Match Studio/shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan. Foto: Mix and Match Studio/shutterstock

2. Anggap kamu sudah berhasil melakukan hal positif tersebut

Mengutip Healthline, cara efektif pertama yang bisa dilakukan untuk menggunakan afirmasi adalah dengan menganggap bahwa hal tersebut sudah terjadi. Misalnya kamu memberikan afirmasi bahwa dirimu cukup kuat untuk menghadapi tantangan.
Nah, kamu bisa memikirkan bahwa kamu sudah berhasil sukses melewati tahapan tersebut. Ini bisa membantu kamu menggunakan afirmasi untuk mengubah pola pikir yang sering meragukan diri sendiri.

3. Tetapkan afirmasi yang sesuai dengan kondisimu

Kamu juga harus memilih afirmasi positif yang sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan sampai kamu ikut-ikutan afirmasi orang lain karena setiap individu memiliki masalah atau tantangan hidup yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Misalnya kamu merasa sedikit sedih akhir-akhir ini karena karier yang tidak begitu menguntungkan secara finansial. Untuk mengatasi perasaan negatif ini, kamu harus memberikan afirmasi positif, seperti “Saya memiliki rekan kerja yang luar biasa dan keluarga yang penuh kasih. Pekerjaan saya memuaskan saya, dan saya tahu saya membuat perbedaan.”
Ilustrasi perempuan. Foto: comzeal images/shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan. Foto: comzeal images/shutterstock

4. Ucapkan afirmasi dengan lantang

Dikutip dari Psychology Today, waktu yang ideal untuk melakukannya afirmasi positif adalah saat merias wajah atau bercukur. Momen ini bisa membuat kamu melihat diri sendiri di cermin sambil mengulangi pernyataan positif.
Pilihan lain yang bisa membuat afirmasi positif menjadi lebih efektif adalah dengan melakukannya secara rutin. Misalnya saat di kantor menulis beberapa notes terkait semangat bekerja, kemudian saat masuk kamar ada beberapa afirmasi positif yang bisa menghindari kamu mengalami overthinking setelah seharian berkegiatan. Ulangi aktivitas ini setiap hari di pagi, sore, dan malam agar bisa mengubah cara pandangmu terhadap segala hal yang dialami.
ADVERTISEMENT
Nah, itu tadi beberapa tips membuat afirmasi bekerja secara efektif. Selamat mencoba, Ladies!