Woman
·
21 Juli 2021 11:57
·
waktu baca 2 menit

Insecure karena Bentuk Tubuh? Ini Cara Mencintai Diri Sendiri ala Rachel Amanda

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Insecure karena Bentuk Tubuh? Ini Cara Mencintai Diri Sendiri ala Rachel Amanda (89127)
searchPerbesar
Rachel Amanda di acara summit on girls di Balai Kartini, Jakarta., Selasa (10/12). Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Menjalani karier di dunia hiburan sejak usia remaja membuat aktris Rachel Amanda punya banyak pengalaman menarik yang tak terlupakan. Selain momen menyenangkan, hal-hal menantang seperti terjebak standar kecantikan juga pernah dirasakan oleh perempuan 26 tahun ini.
ADVERTISEMENT
Rachel Amanda mengaku karena memiliki tubuh yang mungil, ia ingin bisa lebih tinggi seperti teman-temannya yang lain. Bahkan kondisi ini membuat perempuan yang lebih akrab disapa Amanda ini takut dianggap kurang dewasa.
"Ada masanya aku merasa wajahku kok begini-begini saja ya, badanku juga segini saja, dilihat orang juga jadi terkesan kurang dewasa. Dan pemikiran ini sempat mengganggu. Jadi aku pernah kepikiran ingin punya tubuh yang lebih tinggi dan sempat juga membandingkan diri dengan perempuan-perempuan di majalah," ungkap Amanda kepada kumparanWOMAN beberapa waktu lalu.
Amanda juga mengaku pernah merasa down karena dibilang punya wajah baby face yang katanya bisa membuatnya kesulitan mendapatkan peran orang dewasa. "Dulu aku sempat down karena ada yang bilang muka aku muda terus dan nanti akan sulit dapat peran orang dewasa," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Tapi menurutnya momen ini tidak terjadi dalam waktu yang lama. Amanda merasa beruntung karena dikelilingi oleh support system yang tidak hanya menilainya dari fisik, tapi juga mendukung dirinya untuk terus bisa maju jadi lebih baik.
"Support system yang aku punya, seperti keluarga, manajer, dan teman-teman itu bukan tipe orang yang mengejar standar kecantikan dan lebih memandang aku karena kemampuanku. Mereka mendukungku bertumbuh secara skill dan pendidikan, jadi aku pun tidak punya tekanan untuk mengikuti standar kecantikan yang ada," pungkasnya.
Dukungan dari orang-orang terdekat ini membantu Amanda untuk berpikiran lebih maju dan terbuka. Ia pun jadi lebih mudah menerima kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.
"Pada akhirnya aku menyadari memang aku diberi Tuhan seperti ini, ada lebihnya dan ada kurangnya, tapi ya sudah. Untuk bisa sampai di titik ini tidak mudah. Setiap orang punya waktu yang berbeda. Dan aku beruntung bisa membangun pertemanan dengan orang-orang baik yang membuat aku tidak melihat diriku dari fisik saja, bahwa apa yang aku punya ini bisa jadi kekurangan dan kelebihan pada waktunya, jadi diterima saja," tuturnya.
ADVERTISEMENT
Kini, Amanda lebih banyak fokus untuk belajar mengenali diri sendiri. Menurutnya, baik perempuan maupun laki-laki harus punya waktu sebanyak mungkin untuk tahu dan menerima kelebihan dan kekurangan mereka.
Insecure karena Bentuk Tubuh? Ini Cara Mencintai Diri Sendiri ala Rachel Amanda (89128)
searchPerbesar
Rachel Amanda, pemain film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan
Ambil waktu untuk mengenali diri sendiri, lihat lebih kurangnya menurut kamu apa. Tapi kalau bisa, jangan terpatok pada fisik. Catat apa saja kelebihan dan kekurangan, yang lebih bisa dipertahankan, yang kurang diperbaiki," ungkapnya.
Ia melanjutkan, penting bagi kita untuk bisa mencari lingkungan dan teman-teman yang dapat membuat kita sama-sama tumbuh menjadi lebih baik. Orang-orang yang bisa membuat kita ingin berubah karena diri sendiri, bukan demi pengakuan orang lain supaya bisa menemukan versi terbaik dari diri sendiri.
Bagi Rachel Amanda, versi terbaik dari dirinya sendiri adalah saat ia merasa bahagia dan cukup dengan dirinya. Ia yakin ketika itu terjadi, orang-orang di sekelilingnya akan merasakan kebahagiaan juga.
"The best version of myself is when I’m happy with myself, I feel content with what I have, with who I am. Karena biasanya kalau kita happy, merasa cukup dengan diri sendiri, biasanya efeknya akan bagus untuk orang-orang di sekitar kita," tutupnya.
ADVERTISEMENT