kumparan
30 Mei 2019 16:00

Kesalahan Cara Berjalan Dapat Berpengaruh terhadap Kesehatan

Ilustrasi Perempuan Karier
Ilustrasi berjalan. Foto: Shutterstock
Berjalan kaki memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Sayangnya, banyak orang yang secara tidak sadar melakukan kesalahan saat berjalan, seperti membungkuk atau tidak melangkah diawali dengan tumit.
ADVERTISEMENT
Kesalahan umum lainnya yang sering terjadi adalah melangkah terlalu panjang. Kebiasaan itu akan mengganggu tulang punggung.
Kesalahan tersebut menurut Professional Walking Instructor Rahasia Berjalan Alami Idayanti Sudiro bisa berisiko terhadap kesehatan, terlebih pada postur tubuh.
“Jadi kalau kita jalannya tidak bagus, itu akan mempengaruhi postur tubuh. Bisa juga berpengaruh pada kesehatan kita,” kata Idayanti saat ditemui di Grand Indonesia, Jakarta Pusat pada Selasa (29/5).
Ilustrasi berjalan kaki
Ilustrasi berjalan kaki Foto: Shutterstock
Risiko lainnya, tulang sendi otot tidak terjaga dengan baik. Efeknya bisa menimbulkan sakit kepala dan sakit pinggang. “Tulang belakang yang tidak terjaga dengan baik bisa menyebabkan urat syaraf terjepit,” tambah Idayanti.
Maka jika Anda tidak berjalan dengan cara yang tepat, lama-kelamaan efeknya bisa mengganggu kesehatan. Agar bisa berjalan yang tepat dengan postur tubuh ideal dan tidak mengganggu kesehatan tubuh, sebaiknya Anda memulai dari posisi berdiri yang benar dan cara melangkahkan kaki.
Ilustrasi berjalan kaki
Ilustrasi berjalan kaki Foto: Shutterstock
Jika kita sudah berdiri dengan posisi yang benar, maka ketika melangkah, pastikan pandangan lurus ke depan dan tidak menunduk. Saat berjalan dahulukan tumit untuk melangkah dengan setengah melangkah.
ADVERTISEMENT
“Coba kaki kiri diangkat, tumitnya ditaruh, pandangan ke depan. Pasti akan terasa kedua otot kaki dan perutnya otomatis masuk ke dalam. Bahunya juga menjadi tegak,” pungkasnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan