Woman
·
30 November 2020 10:57

Ketahui 8 Jenis Bedak Beserta Fungsinya, Loose Powder hingga Translucent

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ketahui 8 Jenis Bedak Beserta Fungsinya, Loose Powder hingga Translucent (14122)
searchPerbesar
Ilustrasi Jenis-jenis Bedak Foto: Shutter Stock
Bedak merupakan salah satu ‘peralatan tempur’ yang hampir dimiliki setiap perempuan. Bagaimana tidak, bedak menjadi salah satu produk makeup yang kerap digunakan di setiap kegiatan.
ADVERTISEMENT
Secara umum, bedak berfungsi meratakan warna kulit, menutupi kekurangan pada kulit wajah, menyempurnakan riasan, hingga bisa menyerap minyak berlebih pada wajah. Nah, kebanyakan dari kamu mungkin menganggap bahwa bedak hanya terdiri dari satu jenis saja bukan? Padahal pada kenyataannya, bedak terdiri dari beragam jenis dengan fungsi yang berbeda-beda.
Untuk memudahkan kamu mengenal jenis-jenis bedak dan fungsinya, berikut kumparanWOMAN rangkum informasinya seperti dikutip dari berbagai sumber.

1. Bedak tabur (loose powder)

Ketahui 8 Jenis Bedak Beserta Fungsinya, Loose Powder hingga Translucent (14123)
searchPerbesar
Ilustrasi Bedak Tabur Foto: Shutterstock/Taffpixture
Bedak tabur atau loose powder merupakan bedak yang bertekstur ringan dan biasanya memberikan hasil akhir yang natural. Bedak ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, khususnya bagi kamu yang memiliki kulit berminyak. Pasalnya, bedak ini mudah menyerap minyak berlebih di wajah dan mampu menutupi pori-pori wajah dengan baik.
ADVERTISEMENT
Namun sayangnya, bedak ini kurang praktis untuk dibawa ke mana-mana karena terdiri dari bubuk halus sehingga gampang tumpah dan mudah tercecer. Selain itu, bedak ini juga tidak tahan lama dan mudah hilang ketika terkena air atau keringat.

2. Bedak padat (compact powder)

Ketahui 8 Jenis Bedak Beserta Fungsinya, Loose Powder hingga Translucent (14124)
searchPerbesar
Bedak. Foto: dok. Makeover
Sesuai namanya, bedak ini memiliki tekstur yang padat sehingga lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana. Dibanding bedak tabur, compact powder memiliki partikel yang lebih kecil dan padat telah sehingga mudah dibaurkan pada permukaan kulit wajah dan menutupi pori-pori dengan sempurna. Selain itu, bedak padat juga mampu bertahan lama pada wajah. Bedak ini cocok untuk kulit wajah normal cenderung kering, sedangkan untuk kamu yang memiliki wajah berminyak bedak ini kurang disarankan.
ADVERTISEMENT

3. Bedak two way cake

Ketahui 8 Jenis Bedak Beserta Fungsinya, Loose Powder hingga Translucent (14125)
searchPerbesar
Y.O.U Two Way Cake Compact Powder. Foto: dok. Y.O.U
Bedak ini bentuknya sama dengan compact powder, namun memiliki kandungan dan fungsi yang berbeda. Bedak two way cake biasanya memiliki fungsi ganda sebagai bedak dan juga foundation.
Bedak two way cake bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin tampil flawless dalam waktu singkat. Sebab, bedak ini bisa menutupi flek-flek hitam ringan yang ada di wajah. Tapi, sebaiknya hindari jenis bedak ini, untuk kamu yang memiliki kulit berminyak ya Ladies!

4. Bedak transparan (translucent powder)

Ketahui 8 Jenis Bedak Beserta Fungsinya, Loose Powder hingga Translucent (14126)
searchPerbesar
Make Over Powerstay Mattifying Transparent Powder Foto: Dok. Sociolla
Selanjutnya ada bedak transparan atau translucent powder. Translucent powder umumnya digunakan untuk menyerap kelebihan minyak dan mengontrol kilau, sehingga memberikan hasil matte pada riasan. Sesuai dengan namanya, jenis bedak ini juga biasanya tidak memiliki warna alias transparan, sehingga tidak akan mengubah warna foundation dan concealer.
ADVERTISEMENT

5. Bedak cair (liquid powder)

Ketahui 8 Jenis Bedak Beserta Fungsinya, Loose Powder hingga Translucent (14127)
searchPerbesar
MAKE OVER Powerstay Weightless Liquid. Foto: dok. Make Over
Liquid powder merupakan jenis bedak biasa digunakan sebagai base makeup untuk memperkuat tampilan riasan, tapi tetap terkesan natural. Karena teksturnya yang cair, liquid powder sangat mudah menempel sehingga warnanya sangat terlihat natural. Kendati demikian, kamu perlu berhati-hati saat mengaplikasikan bedak cair. Gunakan secara tipis dan baurkan dengan menggunakan kuas, spons atau jari tangan agar merata dengan baik.

6. Mineral powder

Ketahui 8 Jenis Bedak Beserta Fungsinya, Loose Powder hingga Translucent (14128)
searchPerbesar
Ilustrasi Mineral Powder Foto: Shutter Stock
Jenis bedak ini mengandung mineral di dalamnya seperti zinc oksida atau titanium dioksida. Kandungan inilah yang kabarnya bisa membuat wajah terlihat lebih mulus dan tidak menyumbat pori-pori. Mineral powder tersedia dalam bentuk padat atau tabur, selain itu bedak ini juga cocok untuk kulit sensitif dan berminyak.
ADVERTISEMENT

7. Bedak glitter (shimmering powder)

Ketahui 8 Jenis Bedak Beserta Fungsinya, Loose Powder hingga Translucent (14129)
searchPerbesar
Ilustrasi Bedak glitter Foto: Shutter Stock
Bedak ini mengandung glitter atau bubuk kilap, sehingga membuat tampilan wajah lebih berkilau dan juga bercahaya. Bedak glitter biasanya dipakai saat acara-acara pesta, karena bisa memberikan tampilan atau kesan glamour pada riasan. Selain itu, bedak ini juga kurang cocok dipakai dalam makeup harian, karena bisa memberikan tampilan wajah yang berlebihan.
Bedak glitter biasanya berbentuk halus seperti bedak tabur, berwarna dan memiliki serbuk-serbuk yang berkilauan. Selain pada wajah, glitter powder juga dapat diaplikasikan pada anggota tubuh yang terbuka seperti pada leher, punggung, dan lengan.

8. Finishing powder

Ketahui 8 Jenis Bedak Beserta Fungsinya, Loose Powder hingga Translucent (14130)
searchPerbesar
ESQA Flawless Micro Setting Powder. Foto: dok. ESQA
Jenis bedak yang terakhir adalah finishing powder. Sesuai namanya, finishing powder merupakan jenis bedak yang digunakan untuk mengakhiri rangkaian makeup yang kamu pakai. Dengan kata lain, jenis bedak ini digunakan untuk ‘mengunci’ makeup kamu. Kebanyakan finishing powder berwarna putih atau transparan dan cocok digunakan untuk semua jenis kulit.
ADVERTISEMENT
Ladies, itulah delapan jenis bedak beserta fungsinya. Pastikan kamu menggunakannya sesuai kebutuhan ya!
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)