Woman
·
9 Juni 2021 18:21
·
waktu baca 3 menit

Kulit Harus Tetap Dirawat Meski di Rumah Aja, Ini Tipsnya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kulit Harus Tetap Dirawat Meski di Rumah Aja, Ini Tipsnya (8722)
Tips merawat kulit selama di rumah aja. Foto: Shutterstock
Setahun lebih pandemi, kesehatan jadi prioritas utama yang harus kita jaga, termasuk kesehatan kulit. Bukan tanpa alasan, bisa dibilang kulit adalah tameng terluar yang melindungi tubuh dari serangan kuman, virus, dan radikal bebas penyebab kerusakan sel.
Sayangnya, tak sedikit orang yang justru menjadi abai terhadap perawatan kulit karena merasa tidak perlu dilakukan di rumah. Padahal, Aesthetic, Anti Aging & Sexologist, dr. Haekal Anshari, M. Biomed, mengungkapkan bahwa meski di rumah aja, risiko terpapar polusi yang menyebabkan masalah kulit tetap mengintai. Misalnya polusi dari partikel debu yang menempel di perabot, asap sisa masak, hingga AC yang dapat membuat kulit kering
Selain menerapkan pola hidup sehat, menurut dr. Haekal, yang juga tidak kalah penting adalah menggunakan sunscreen atau tabir surya dan pelembap yang akan melindungi kulit—terutama kulit wajah— dari sinar UV A.
"Sinar UV A dari matahari itu gelombangnya panjang dan dapat menembus kaca. Sinar UV A dapat meningkatkan risiko kerusakan kulit, mulai dari kulit kering, kusam, bernoda, bahkan risiko kanker. Sedangkan pelembap penting untuk menjaga kekenyalan kulit,” ungkapnya melalui sesi LIVE TALK ‘Temukan Arti Cantiknya dari Hidup Sehat’, (3/6).

Vitamin E sebagai penunjang kesehatan tubuh

Kulit Harus Tetap Dirawat Meski di Rumah Aja, Ini Tipsnya (8723)
Ilustrasi makanan yang mengandung vitamin E. Foto: Shutterstock
Ladies, you are what you eat! Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pola hidup sehat akan membantu memancarkan kesehatan kulit kita. Salah satunya dengan rajin mengonsumsi makanan bergizi, misalnya sayur dan buah-buahan yang mengandung berbagai vitamin seperti vitamin E.
Ya, vitamin E merupakan antioksidan yang berfungsi melindungi sekaligus memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas dari asap knalpot atau sinar matahari. Radikal bebas juga dapat memengaruhi hormon yang berfungsi merangsang berbagai kerja tubuh, tak terkecuali dalam fungsi jantung, otak, sampai dengan produksi rambut.
Lebih dari itu, vitamin E juga memiliki fungsi lainnya. Di antaranya, meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan ibu dan janin, mengurangi risiko pengentalan darah, serta meningkatkan kesehatan sistem reproduksi laki-laki.
“Antioksidan juga akan meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma, makanya bagi laki-laki yang sedang mendapatkan pengobatan untuk mendapatkan keturunan, dokter akan meresepkan vitamin E,” jelas dr. Haikal.
Beauty influencer, Anissa Aziza, pun sadar akan pentingnya konsumsi vitamin E bagi kesehatan kulit. Apalagi ia mengaku kerap dipusingkan dengan ketidakstabilan hormon yang mengakibatkan munculnya berbagai masalah kulit.
"Jangan tunggu kulit rusak dulu baru dirawat. Untuk tips kesehatan kulit, aku harus rajin minum vitamin E, karena menurutku kesehatan kulit itu tidak cukup dari luar tapi juga dirawat dari dalam. Yang kedua juga aku rajin minum air putih," akunya.
Sebagai seorang ibu muda dari dua anak yang sedang aktif-aktifnya, Anissa juga mengonsumsi vitamin E sebagai salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sayangnya, kebutuhan vitamin E seringkali belum tercukupi meski setiap hari mengonsumsi aneka sayur dan buah-buahan.
Anissa pun menyiasatinya dengan everE250 dengan 250 IU natural vitamin E (d-alpha-tocopherol) yang lebih efektif menjaga kesehatan kulit dibandingkan suplemen vitamin E lainnya. Dengan inovasi cangkang soft capsule dari rumput laut (bukan gelatin), everE250 tidak hanya lebih mudah larut, tapi juga halal, aman bagi ibu menyusui dan ramah vegetarian.
Bukan hanya itu, kandungannya yang alami juga tidak membuat gemuk, sehingga kita tidak perlu khawatir mengonsumsi everE250 setiap hari. Suplemen everE250 mudah dibeli di berbagai apotek dan e-commerce, jadi Annisa pun tidak perlu repot saat stok vitamin E di rumahnya habis.
Ingin tahu lebih banyak perbincangan seru Anissa Aziza dan dr. Haikal seputar kesehatan kulit dan vitamin E di LIVE TALK ‘Temukan Arti Cantiknya dari Hidup Sehat’? Ladies, kamu masih bisa menyaksikannya di bawah ini.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan everE250