kumparan
15 November 2019 18:24

Ladies, Ini Perbedaan Fungsi Bedak, Foundation, dan Cushion

Ilustrasi Bedak
Bedak, cushion, dan foundation. Foto: dok. Makeover, Shu Uemura, Maybelline
Saat ini, ada begitu banyak variasi produk kecantikan yang dapat kita gunakan untuk memulas wajah. Bila dulu kita hanya mengenal bedak, kini banyak pula produk lain yang bisa digunakan untuk menyempurnakan riasan, seperti foundation dan cushion.
ADVERTISEMENT
Meski sama-sama digunakan untuk memulas wajah, sebenarnya ketiga produk ini memiliki fungsi yang sangat berbeda. Selain itu, foundation, cushion, dan bedak juga memiliki coverage atau kemampuan menutupi noda wajah yang berbeda.
1. Foundation
Foundation
Ilustrasi foundation. Foto: Dok. Thinkstock
Secara garis besar, foundation adalah base makeup (dasar makeup) yang dapat menutupi kekurangan wajah dalam beberapa tingkatan. Ada foundation dengan tingkatan medium coverage atau masih sedikit menunjukkan bentuk kulit, ada pula yang bersifat full coverage dan menghasilkan efek tanpa cela. Karena berfungsi sebagai dasar makeup, foundation dapat digunakan sebelum memulas wajah dengan bedak, setelah pelembap dan sunscreen.
Umumnya, foundation akan dijual dalam beberapa bentuk, termasuk liquid (cair), powder, stick, juga spray. Kita hanya perlu memilih, mana bentuk foundation yang lebih sesuai dengan keperluan atau keinginan masing-masing.
ADVERTISEMENT
2. Cushion
Cushion
Ilustrasi cushion. Foto: Shutterstock
Cushion adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan base makeup portabel yang bentuknya mirip dengan bedak. Namun, cushion berisi dasar makeup, seperti foundation, BB Cream, tinted moisturizer, atau CC Cream. Dengan bentuk yang portabel, ditambah aplikator berupa spons, cushion sering menjadi pilihan bagi mereka yang sedang berpergian atau perlu sering melakukan touch up.
3. Bedak
Ilustrasi Bedak
Bedak. Foto: dok. Makeover
Terakhir, ada pula bedak. Misal, bedak yang dapat berdiri sendiri atau digunakan tanpa base makeup, yaitu compact powder. Tak jarang, bedak ini dilengkapi dengan kandungan pelengkap, seperti SPF yang membantu melindungi kulit dari sinar matahari--meski harus tetap digunakan bersama sunscreen.
Kemudian, ada juga bedak tabur yang biasanya digunakan sebagai setting atau alat untuk menyempurnakan riasan. Umumnya, bedak digunakan secara tipis-tipis setelah memakai base makeup, demi memberikan efek yang halus dan matte.
ADVERTISEMENT
Lalu, di antara sekian banyak produk ini, manakah yang bagus untuk digunakan sehari-hari?
Archangela Chelsea, makeup artist yang mengawali kariernya di dunia Hollywood, menyarankan agar kita menggunakan BB Cushion dan bedak untuk makeup sehari-hari.
"Dengan adanya polusi seperti ini, saya menyarankan untuk menggunakan makeup yang lebih soft. Misalnya, BB cushion, BB Cream. Selanjutnya, baru boleh pakai bedak, blush on dan lipstik," ungkapnya ketika ditemui di Veranda Hotel, beberapa waktu lalu.
Kemudian, Archangela juga mengatakan bahwa dia memilih untuk menggunakan BB Cushion alih-alih bedak untuk merapikan riasan atau touch up. Sebab, baginya, BB Cushion dapat membantu memperbaiki riasan, tanpa menjadikan wajah terlihat kering.
"Kadang, (bedak) malah membuat wajah terlihat kering atau tambah jerawatan. Makanya, aku pakai BB Cushion saja," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Bagaimana menurut Anda, Ladies?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan