Woman
·
5 Juni 2021 13:06
·
waktu baca 2 menit

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Tips Belanja Bulanan yang Ramah Lingkungan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Tips Belanja Bulanan yang Ramah Lingkungan (406219)
searchPerbesar
5 Tips Belanja Bulanan yang Ramah Lingkungan. Foto: Dok. Freepik
Ladies, tahukah kamu kalau rutinitas belanja bulanan yang kita lakukan bisa memberi dampak buruk pada lingkungan? Ya, walaupun ini merupakan kegiatan rutin yang sudah akrab dengan keseharian kita, nyatanya kebiasaan kita dalam berbelanja bulanan bisa memperparah kondisi lingkungan terutama dari jumlah sampah yang ditimbulkan. Salah satunya yaitu melalui jumlah sampah plastik yang dihasilkan dari kegiatan ini.
ADVERTISEMENT
Namun sejak 1 Juli 2020 lalu, pemerintah sudah secara resmi mewajibkan penggunaan kantung belanja ramah lingkungan. Meski peraturan ini baru diterapkan di Jakarta, bukan berarti kebijakan ini tak bisa ditularkan ke daerah lain. Selain itu, kita sendiri juga harus sadar dan berupaya mengubah gaya hidup agar bisa lebih bijak dalam berbelanja.
Nah, untuk kamu yang ingin menjalani gaya hidup yang tidak merusak lingkungan, kumparanWOMAN telah merangkum lima tips yang bisa diterapkan saat belanja bulanan. Selain lebih ramah lingkungan, cara ini juga bisa bikin kamu lebih mindful dan hemat saat belanja. Yuk, simak tips lengkapnya berikut ini.

1. Membawa tas belanja sendiri

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Tips Belanja Bulanan yang Ramah Lingkungan (406220)
searchPerbesar
Ilustrasi penggunaan tas belanja ramah lingkungan. Foto: REUTERS/Soe Zeya Tun
Tips pertama yang harus dilakukan adalah membawa tas belanja sendiri. Saat ini sudah banyak tersedia tas belanja yang bisa digunakan berulang kali. Bahkan supermarket dan swalayan juga menyediakan tas belanja ramah lingkungan untuk berjaga-jaga kalau kita lupa atau tas yang kita bawa kurang.
Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Tips Belanja Bulanan yang Ramah Lingkungan (406221)
searchPerbesar
Belanja dengan kantung ramah lingkungan. Foto: Dok. Freepik
Selain itu, saat ini pemerintah juga sudah punya larangan khusus untuk penggunaan plastik di tempat belanja. Jadi kita memang harus membiasakan diri membawa tas belanja sendiri dari rumah.
ADVERTISEMENT
Untuk pengganti plastik buah dan sayur, kamu bisa mengandalkan kantung kain ramah lingkungan atau membawa tas berukuran lebih kecil dan kuat untuk isi 1 sampai 2 kg.

2. Membuat daftar belanja agar sesuai kebutuhan

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Tips Belanja Bulanan yang Ramah Lingkungan (406222)
searchPerbesar
Ilustrasi daftar belanja. Foto: Tumisu via Pixabay
Hal yang tak kalah penting adalah menulis daftar belanja sebelum berangkat. Ini terkesan hal yang sangat simpel namun dapat memberi pengaruh yang cukup penting. Karena dengan membuat daftar belanja sebelum ke luar rumah, kita dapat memastikan bahwa kita berbelanja sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.
Ladies juga bisa sekalian memikirkan apa yang ingin dimasak dalam satu atau dua minggu ke depan. Menurut laporan dari Washington Post, membuat daftar belanja dan food preparation juga dapat mengurangi sampah makanan akibat bahan yang kita beli sudah membusuk sebelum digunakan karena saking banyaknya kita membeli.
ADVERTISEMENT

3. Membeli produk lokal

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Tips Belanja Bulanan yang Ramah Lingkungan (406223)
searchPerbesar
Memilih sayur atau buah lokal. Foto: Shutterstock
Membeli produk lokal ternyata bisa sekaligus melestarikan lingkungan. Mengapa demikian? Mengutip BBC, membeli produk lokal artinya kita bisa memperbanyak pertanian pangan skala rendah yang cenderung lebih ramah lingkungan. Jadi kalau kita membeli produk lokal, artinya kita menguntungkan ekonomi dalam negeri karena keuntungannya akan berputar dan tidak pergi ke tempat lain.
Selain itu, belanja produk lokal juga bisa memperpendek siklus pengiriman. Produk yang sampai bisa lebih segar dan tak ada banyak energi yang terbuang untuk transportasi maupun kemasan.

4. Membaca dengan teliti label pada produk

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Tips Belanja Bulanan yang Ramah Lingkungan (406224)
searchPerbesar
Membaca dengan teliti label produk. Foto: Shutterstock
Sebagai konsumen, kita memiliki peranan penting untuk menentukan apa yang akan dibeli. Artinya, kita juga bertanggung jawab penuh atas kerusakan yang disebabkan oleh produk yang kita beli dan konsumsi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu teliti membaca kemasan produk. Cari tahu bagaimana produk tersebut diproses. Apakah kemasannya mudah terurai, terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan, dan tidak diuji coba pada hewan.
ADVERTISEMENT

5. Membawa wadah dari rumah

Ladies Wajib Tahu, Ini 5 Tips Belanja Bulanan yang Ramah Lingkungan (406225)
searchPerbesar
Ilustrasi beli ikan di wadah plastik. Foto: Shutterstock
Tips terakhir yang bisa juga diterapkan adalah membawa wadah yang dapat berulang kali dipakai. Tujuannya untuk membungkus bahan masakan basah seperti ikan, seafood, ayam, daging, dan masih banyak lagi. Ladies bisa memilih kompartemen satu set yang memang berfungsi untuk menyimpan bahan masakan segar. Kalau tak belanja banyak, kamu cukup membawa satu kompartemen bersekat sehingga satu wadah bisa muat untuk dua sampai tiga bahan masakan basah.
Selamat mencoba, Ladies!