Manfaat Safron untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

17 April 2022 12:35
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi safron Foto: dok.shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi safron Foto: dok.shutterstock
ADVERTISEMENT
Safron adalah salah satu jenis rempah yang menyimpan banyak khasiat. Rempah ini berasal dari bunga crocus (crocus sativus) yang banyak dibudidayakan di Iran dan beberapa negara lain seperti India, Spanyol, dan Yunani.
ADVERTISEMENT
Sebagai rempah alami, safron memiliki aroma yang kuat dan warna khas. Mengutip Medical News Today, manfaat safron untuk kesehatan sangat banyak, di antaranya dapat meningkatkan mood, menaikkan libido, dan melawan stres.
Safron aman dikonsumsi oleh semua jenis kalangan, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jenis rempah ini bisa dicampurkan ke dalam makanan atau minuman tertentu.
Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya dalam bentuk pil sebagai suplemen harian. Penasaran dengan manfaat safron lainnya? Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut.

Manfaat Safron untuk Kesehatan

Dirangkum dari Healthlines, berikut beberapa manfaat safron untuk kesehatan yang bisa Anda simak:
Bunga Saffron Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Bunga Saffron Foto: Shutter Stock

1. Zat antikanker

Radikal bebas bisa menyebabkan penyakit kronis seperti kanker. Sebagai rempah yang kaya akan antioksidan, safron bisa menetralisir zat berbahaya tersebut dalam tubuh
ADVERTISEMENT
Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa safron bisa membunuh sel kanker usus besar dan menekan pertumbuhannya. Efek ini juga berlaku untuk kulit, sumsum tulang, prostat, paru-paru, payudara, leher rahim, dan beberapa sel kanker lainnya.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

2. Mengurangi gejala PMS

Premenstrual syndrome (PMS) adalah istilah yang menggambarkan gejala fisik, emosional, dan psikologis yang terjadi sebelum dimulainya periode menstruasi. Studi menunjukkan bahwa safron dapat mengobati gejala tersebut.
Pada wanita berusia 20-45 tahun, mengonsumsi 30 mg safron setiap hari efektif mengobati sakit kepala dan kram perut saat haid. Bahkan, dengan mencium aroma safron selama 20 menit saja mampu mengurangi kecemasan yang dirasakan selama PMS.

3. Menurunkan berat badan

Safron dapat mengurangi nafsu makan seseorang. Dalam sebuah studi disebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi suplemen safron sering merasa cepat kenyang, lebih jarang ngemil, dan kehilangan berat badan secara signifikan.
Ilustrasi Saffron Foto: Shutterstock/Patricia Chumillas
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Saffron Foto: Shutterstock/Patricia Chumillas

4. Menaikkan libido

ADVERTISEMENT
Safron dapat meningkatkan gairah dan fungsi seksual pada pria maupun wanita. Peneliti menyebutkan bahwa safron bisa menyembuhkan disfungsi ereksi pada pria dan memperbaiki dorongan seksualnya secara menyeluruh. Pada wanita, safron bisa meningkatkan hasrat seksual dan menjadi pelumas vagina alami.

5. Memperbaiki suasana hati

Safron dapat memperbaiki suasana hati dan mengobati depresi. Sebuah studi di Journal of Behavioral and Brain Science menyebutkan bahwa ekstrak safron dapat meningkatkan kadar dopamin di otak.
Mengonsumsi 30 mg safron setiap hari dapat memberikan efek yang sama seperti obat depresi lainnya. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan tersebut harus dibarengi dengan saran dari dokter terkait.
(MSD)
Apa itu safron?
chevron-down
Apa manfaat safron untuk kesehatan?
chevron-down
Apa kandungan yang terdapat di dalam safron?
chevron-down