Woman
·
17 Juli 2021 16:27
·
waktu baca 2 menit

Masuk Jajaran Orang Terkaya di China, Perempuan Ini Dulunya Sopir Traktor

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Masuk Jajaran Orang Terkaya di China, Perempuan Ini Dulunya Sopir Traktor (42237)
searchPerbesar
Chen Ailian, Pemimpin Zhejiang Wanfeng Auto Wheel dan Wanfeng Auto Holdings Group Foto: Dok. Wanfeng Auto Holding Group
Setiap orang yang bekerja dengan sungguh-sungguh pasti bisa meraih impiannya. Ini jelas terbukti dari kisah kehidupan crazy rich asal China, Chen Ailian. Perempuan berusia 63 tahun itu berhasil mengubah nasibnya dari miskin menjadi pebisnis sukses. Bahkan, ia juga masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.
ADVERTISEMENT
Chen Ailian sendiri merupakan perempuan yang berasal dari kota kecil di China. Mengutip Forbes, ia merupakan pemimpin Zhejiang Wanfeng Auto Wheel, sebuah perusahaan manufaktur roda aluminium. Selain perusahaan itu, ia juga memimpin beberapa perusahaan lain seperti Wanfeng Auto Holdings Group dan Paslin Co., yang juga berasal dari industri otomotif.
Sebelum sukses, Ailian dilaporkan hidup dengan sederhana dan jauh dari kemewahan. Menurut laporan Automotive News, Ailian dulunya merupakan sosok pekerja keras. Bahkan, ia juga pernah menjadi seorang sopir traktor. Ia menjalani pekerjaan tersebut dengan sungguh-sungguh dan sepenuh hati.
Memasuki 1994, Ailian memberanikan diri untuk banting setir menjadi pebisnis. Berhubung ia tak memiliki modal, Ailian pun meminjam uang di bank lokal. Dari uang pinjaman tersebut, ia pun memulai bisnis pembuatan roda untuk sepeda motor.
Masuk Jajaran Orang Terkaya di China, Perempuan Ini Dulunya Sopir Traktor (42238)
searchPerbesar
Chen Ailian, Pemimpin Zhejiang Wanfeng Auto Wheel dan Wanfeng Auto Holdings Group Foto: Dok. Wanfeng Auto Holding Group
Saat membangun bisnis, ia sempat dihadapi berbagai kesulitan. Namun, Ailian melewati masa-masa tersebut dengan sabar. Meski dihadapi dengan berbagai kesulitan, ia tak pernah merasa takut untuk berinovasi.
ADVERTISEMENT
Ailian dilaporkan mulai berinovasi memproduksi velg aluminium. Dengan kegigihannya, perusahaan Zhejiang Wanfeng Auto Wheel yang dipimpinnya pun menjadi produsen velg aluminium terbesar di China.
Tak sampai di situ, ia juga terus menciptakan beragam inovasi yang membuatnya semakin sukses. Berbagai inovasi itu pada akhirnya membuat bisnis Ailian semakin sukses dan berhasil mengokohkan namanya sebagai pimpinan sukses dari Zhejiang Wanfeng Auto Wheel.

Masuk dalam daftar China Rich List versi Forbes pada 2019

Kesuksesan bisnis Ailian pun berbanding lurus dengan harta kekayaannya. Mengutip Forbes, Ailian bahkan sempat masuk daftar China Rich List versi Forbes 2019 atau jajaran orang terkaya di China.
Saat itu, total kekayaan Ailian mencapai 1 miliar dolar AS atau setara Rp 14,5 triliun. Kekayaan Ailian juga tercatat sebagai self-made alias hasil usaha sendiri.
ADVERTISEMENT
Perjuangan tersebut tentunya menjadi bukti kegigihan tidak akan mengkhianati hasil ya Ladies! Dari seorang sopir traktor, Ailian kabarnya tidak menyangka bahwa ia bisa menjadi orang terkaya di negaranya sendiri.