Woman
·
21 Februari 2021 14:19

Mengapa Jerawat & Kulit Kering Selalu Muncul Saat Menstruasi? Ini Penjelasannya

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Mengapa Jerawat & Kulit Kering Selalu Muncul Saat Menstruasi? Ini Penjelasannya (1022)
Mengapa Jerawat & Kulit Kering Selalu Muncul Saat Menstruasi? Foto: Shutterstock
Ladies, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan permasalahan kulit yang kerap kali muncul ketika menstruasi. Misalnya saja bruntusan, kulit kusam dan berjerawat yang biasanya disebabkan oleh perubahan hormon pada perempuan.
ADVERTISEMENT
dr. Nessya Dwi Setyorini, Sp.DV sebagai Dermatologist dalam talkshow virtual yang bertajuk “Gak Takut Bocor, Tidur Lelap Untuk Kulit Wajah Cerah” oleh Charm, menyebutkan bahwa permasalahan kulit pada perempuan disebabkan oleh berbagai macam faktor termasuk hormon.
Mengapa Jerawat & Kulit Kering Selalu Muncul Saat Menstruasi? Ini Penjelasannya (1023)
Talkshow Gak Takut Bocor, Tidur Lelap Untuk Kulit Wajah Cerah dari Charm. Foto: kumparan
Ketika pubertas atau menstruasi, terjadi perubahan hormon. Karena terdapat tiga hormon reproduksi pada perempuan yaitu progesteron, estrogen, dan testosteron. Nah, masing-masing hormon ini dampaknya akan berbeda. Misalnya hormon estrogen itu menstimulasi kolagen yang menyebabkan kulit menjadi lebih kenyal. Ada lagi hormon testosteron yang memicu produksi minyak atau sebum," jelas dr. Nessya.
Oleh sebab itu tak jarang ketika menstruasi, kebanyakan perempuan akan timbul jerawat dan menjadi lebih kering di area wajah. Dua permasalah kulit inilah yang dapat dikatakan sebagai masalah utama dan memang memerlukan perawatan lebih ekstra dibandingkan biasanya.
Untuk itu, mari ketahui lebih lanjut pemicu munculnya kedua permasalahan kulit saat menstruasi agar kamu dapat mengetahui perawatan apa saja yang tepat untuk menanganinya.

Jerawat muncul karena hormon testosteron

Mengapa Jerawat & Kulit Kering Selalu Muncul Saat Menstruasi? Ini Penjelasannya (1024)
Ilustrasi jerawat saat menstruasi. Foto: Shutterstock
Jerawat dan menstruasi tampaknya sudah menjadi dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Pasalnya kebanyakan perempuan menyadari akan mengalami menstruasi ketika beberapa jerawat kecil sudah muncul di wajah. Lantas mengapa demikian?
ADVERTISEMENT
"Karena ketika menjelang haid atau menstruasi, terjadi peningkatan hormon testosteron atau androgen yang tadi sempat disinggung akan berpengaruh pada kelenjar minyak. Sehingga produksi minyak akan lebih banyak karena hormon sedang naik dan pori-pori mudah tersumbat yang pada akhirnya menjadi jerawat," ungkap dr. Nessya.
Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi berkurangnya kelenjar minyak adalah mencuci wajah serta menggunakan kertas minyak yang sesuai dengan tipe kulit kamu. Meski tidak dapat menghilangkan jerawat, setidaknya cara itu dapat mengurangi jerawat yang muncul saat menstruasi.

Kulit kering setelah menstruasi

Mengapa Jerawat & Kulit Kering Selalu Muncul Saat Menstruasi? Ini Penjelasannya (1025)
Ilustrasi Kulit Kering Foto: Shutterstock
Setelah menjalani menstruasi selama 5-7 hari, biasanya kamu akan merasa kulit menjadi lebih kering dan tidak kenyal lagi. Penyebabnya terdapat pada hormon estrogen yang berfungsi untuk mengenyalkan kulit mulai berkurang.
ADVERTISEMENT
"Kulit kering biasanya akan muncul setelah minggu ke-1 atau ke-2 setelah menstruasi. Karena hormon yang membuat kulit menjadi kenyal yaitu hormon estrogen sedang turun. Jadinya, kebanyakan perempuan akan mengeluh kulit menjadi kusam dan kering. Sehingga bisa saja hal ini memicu permasalahan kulit lainnya," tambah dr. Nessya.
Nah Ladies, itu sebabnya dr. Nessya juga menyarankan agar kebiasaan meminum air putih lebih diperbanyak sehingga kulit menjadi lebih kenyal lagi. Terlebih kandungan air pada tubuh manusia mencapai 60-70% yang tentunya bekerja untuk memelihara kesehatan kulit.
Penulis: Johanna Aprillia