Mengenal Skin Flooding, Tren Skin Care yang Cocok untuk Kulit Kering

15 Februari 2023 11:09
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi kulit perempuan tipe 3 dan 4 menurut skala Fitzpatrick. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kulit perempuan tipe 3 dan 4 menurut skala Fitzpatrick. Foto: Shutterstock
Ada banyak tren skin care yang populer dalam beberapa waktu terakhir. Salah satunya adalah skin flooding. Ini sangat bermanfaat bagi pemilik kulit kering.
Tren yang pertama kali ramai di TikTok ini kabarnya bisa membuat kulit bercahaya dan lembap tanpa membutuhkan waktu yang lama. Lantas, apa sebenarnya skin flooding itu?
Dikutip dari Insider, skin flooding merupakan teknik penerapan skin care yang berfokus pada produk hidrasi atau pelembap. Tidak perlu berlayer-layer, dalam teknik skin flooding, kamu hanya menggunakan tiga sampai empat produk untuk menyederhanakan rutinitas perawatan wajah.
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi memakai pelembap Foto: Shutterstock
Cara ini diklaim bisa memaksimalkan hidrasi dan mengurangi pengelupasan kulit, mengurangi potensi jerawat karena kulit terlalu kering, dan membantu produk selanjutnya lebih meresap ke dalam kulit.
"Skin flooding adalah tren populer di mana kulit diberikan perawatan hidrasi yang intens," kata Dr. Joshua Zeichner, associate professor of dermatology di Rumah Sakit Mount Sinai di New York City.
Skin flooding sebenarnya tidak jauh berbeda dari rutinitas perawatan kulit biasanya. Setelah membersihkan wajah, kamu hanya perlu mengoleskan serum dan pelembap untuk meningkatkan hidrasi.
Biasanya, kandungan yang digunakan dalam teknik skin flooding adalah hyaluronic acid. Ini merupakan humektan, yang berarti bisa menyerap kelembapan ekstra. Jika ini diaplikasikan di pagi hari, kamu harus melapisinya dengan tabir surya.
Ilustrasi Perempuan Merawat Kulit. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perempuan Merawat Kulit. Foto: Shutter Stock
Dr. Zeichner mengatakan skin flooding dapat dilakukan setiap hari dan aman untuk semua jenis kulit. Teknik ini sangat berguna terutama untuk pemilik jenis kulit dan rentan iritasi.
Nah, bagi kamu yang punya masalah jerawat, perhatikan produk yang akan digunakan. Jangan sampai menggunakan produk yang berat dan dapat menyumbat pori-pori. Kamu bisa memulai teknik ini sebagai rutinitas mingguan.