Mengenal Teknik & Menerapkan Manifestasi untuk Mewujudkan Keinginan

12 Agustus 2022 17:24
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
 Ilustrasi perempuan sedang meditasi untuk manifestasi. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan sedang meditasi untuk manifestasi. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Manifestasi menjadi bahasan yang menarik untuk diperbincangkan dan marak beredar di media sosial akhir-akhir ini. Makin banyak pula influencers dan konten kreator yang membagikan video mengenai teknik manifestasi untuk membantu mewujudkan hidup yang sesuai dengan keinginan.
ADVERTISEMENT
Melansir laman Women’s Health Magazine, teknik manifestasi lebih dari sekadar tren TikTok. Manifestasi adalah praktik yang telah dilakukan berabad-abad lalu oleh para ahli spiritual untuk mendapatkan kehidupan yang lebih bahagia dan lebih memuaskan, dengan mengandalkan pola pikir.
Jadi, apa sebenarnya yang dimaksud dengan manifestasi dalam kehidupan dan bagaimana cara menerapkannya agar keinginan dapat terwujud? Yuk, cari tahu jawabannya dalam artikel yang telah kumparanWOMAN rangkum berikut ini.

Mengenal teknik manifestasi untuk kehidupan

Dikutip dari Instyle, manifestasi adalah menempatkan niat terhadap sesuatu yang kamu harapkan akan terjadi, kemudian menyaksikannya terjadi dalam kehidupan nyata. Dengan memikirkannya bisa menjadi kenyataan.
“Sederhananya, manifestasi adalah praktik untuk mengubah pikiran, kata-kata, dan perasaan untuk menarik sesuatu yang kamu inginkan ke dalam hidup," kata Juliette Kristine Conner, pelatih manifestasi asal Australia, dikutip dari Women's Health Magazine.
ADVERTISEMENT
Dalam prosesnya, manifestasi juga sering dikaitkan dengan Law of Attraction (hukum tarik-menarik) karena pada dasarnya memanifestasikan berarti menarik sesuatu ke dalam hidup kamu. Namun, manifestasi jauh lebih besar dari sekadar kemauan dan pemikiran positif.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Mengutip Oprah Daily, Angelina Lombardo, seorang penulis spiritual menyatakan, “Manifestasi adalah upaya untuk membuat semua yang kamu ingin rasakan dan alami menjadi kenyataan, baik melalui pikiran, tindakan, keyakinan, dan emosi.”

Cara menerapkan manifestasi untuk mewujudkan keinginan

Manifestasi bisa dilakukan dengan banyak teknik dan metode. Metode manifestasi yang paling populer, antara lain adalah menulis keinginan (scripting), visualisasi, dan meditasi.
Berikut teknik manifestasi menggunakan Law of Attraction yang bisa dilakukan agar semesta bantu mewujudkan impian kamu.

1. Scripting

Ilustrasi menulis.  Foto: plo/shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menulis. Foto: plo/shutterstock
Melansir laman Through The Phases, Scripting adalah teknik Law of Attraction yang melibatkan penulisan secara detail tentang realitas yang ingin diwujudkan. Sama seperti menulis buku diary atau jurnal, manifestasi bukan diisi dengan keluh kesah, melainkan segala hal yang kamu idamkan, cita-citakan, dan yang membuat kamu bahagia. Tulis kata-kata yang paling ingin kamu wujudkan dan seolah-olah hal tersebut sudah terjadi.
ADVERTISEMENT

2. Afirmasi

Ilustrasi perempuan. Foto: Have a nice day Photo/shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan. Foto: Have a nice day Photo/shutterstock
Dikutip dari Mind Body Green, mengulangi afirmasi positif sepanjang hari merupakan cara lain untuk dapat konsisten memanfaatkan pola pikir tertentu. Pasalnya pola pikir negatif dapat menghalangi kamu untuk bermanifestasi, sehingga kamu dapat melupakan pikiran-pikiran negatif dengan afirmasi ini. Ucapkan hal-hal positif yang ingin kamu raih dalam hidup, ya, Ladies.

3. Visualisasi

Ilustrasi visualisasi. Foto: Cast Of Thousands/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi visualisasi. Foto: Cast Of Thousands/Shutterstock
Melansir dari Women’s Health Magazine, teknik ini dilakukan dengan cara duduk dan membayangkan hidup kamu sudah memiliki objek atau impian yang akan diwujudkan. Selain itu, bisa juga dilakukan dengan cara mendatangi tempat yang kamu impikan, seperti tempat kerja, tempat tinggal, atau kamu bisa melihatnya melalui internet. Kamu dapat membayangkan hal yang ingin kamu raih itu pada saat sebelum dan sesudah tidur.
ADVERTISEMENT

4. Meditasi

 Ilustrasi perempuan meditasi dengan menggunakan aromaterapi dengan essential oil. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi perempuan meditasi dengan menggunakan aromaterapi dengan essential oil. Foto: Shutter Stock
Sebelum mulai bermeditasi, tulislah daftar lima skenario atau impian yang ingin kamu wujudkan. Kemudian pilih satu skenario untuk direnungkan pada satu waktu. Mengutip Modern Day Manifestations, pusatkan dan fokuskan pikiran dengan ikatan emosional yang tinggi pada sesuatu yang kamu dambakan. Lalu pikirkan dan rasakan saat kamu melakukan meditasi.