Woman
·
25 Maret 2020 9:45

Meski Bekerja di Rumah, Jangan Lupakan 6 Perawatan Kulit Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Meski Bekerja di Rumah, Jangan Lupakan 6 Perawatan Kulit Ini (103980)
Ilustrasi merawat kulit berminyak Foto: Shutterstock
Penyebaran virus Corona yang semakin tinggi di Indonesia membuat beberapa perusahaan mengeluarkan kebijakan untuk bekerja dari rumah bagi para karyawannya. Untuk para karyawan perempuan, work from home alias bekerja dari rumah menjadi salah satu momen yang cukup menguntungkan, selain tak perlu bepergian naik transportasi umum, kita pun tak perlu repot memilih pakaian dan juga berdandan untuk bekerja.
ADVERTISEMENT
Meski demikian, kita harus tetap menjaga kesehatan kulit sekalipun kita tidak keluar rumah dan tengah melakukan social distancing. Pasalnya, kulit wajah harus tetap dirawat agar tidak timbul permasalahan kulit lain yang tidak diinginkan. Untuk itu ada 6 hal penting yang tidak boleh Anda lupakan dalam merawat wajah saat berada di work from home. Apa saja?

1. Jangan malas membersihkan wajah

Meski Bekerja di Rumah, Jangan Lupakan 6 Perawatan Kulit Ini (103981)
Ilustrasi membersihkan wajah. Foto: Shutterstock
Dermatologis asal New York, Sejal Shah, mengatakan bahwa membersihkan wajah meskipun Anda tidak mengenakan makeup, penting dilakukan untuk menghilangkan kotoran dan minyak di wajah.
"Meski Anda tidak menggunakan makeup, kulit wajah menampung banyak kotoran dari lingkungan seperti minyak, residu, mikroba, polutan, termasuk juga keringat dan kulit mati," jelas Sejal seperti dikutip dari Allure.
ADVERTISEMENT
Bila Anda tidak membersihkan wajah, kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori sehingga membuat kulit tampak kusam dan menghalangi kulit untuk regenerasi.
"Kotoran yang menumpuk pada wajah dapat menyumbat pori-pori yang mengakibatkan kulit kering, iritasi dan gatal yang membuat Anda ingin terus menggaruknya. Jika dibiarkan, maka dapat meningkatkan potensi infeksi pada kulit," lanjut Sejal lagi.

2. Tetap gunakan skin care pagi dan malam

Meski Bekerja di Rumah, Jangan Lupakan 6 Perawatan Kulit Ini (103982)
Ilustrasi menggunakan skincare. Foto: Shutter Stock
Meski Anda bekerja dari rumah dan tak ada yang melihat diri Anda tanpa makeup, tetapi setidaknya Anda tetap dianjurkan untuk menggunakan skin care pada pagi dan malam hari. Hal ini dilakukan untuk melindungi kulit agar tetap berfungsi dengan baik dan jauh dari permasalahan kulit.
Setidaknya, gunakan sabun cuci muka, toner, serum dan pelembap wajah setiap pagi dan malam. Khusus di malam hari, Anda pun bisa langsung menggunakan serum dan krim malam setelah mencuci wajah. Tidak perlu langkah dan urutan yang rumit dalam menggunakan skin care, yang terpenting Anda rajin melakukannya.
ADVERTISEMENT

3. Jangan lupa pakai sunscreen

Meski Bekerja di Rumah, Jangan Lupakan 6 Perawatan Kulit Ini (103983)
Ilustrasi perempuan menggunakan sunscreen. Foto: Shutter Stock
Sunscreen atau tabir surya sangat penting digunakan, sekalipun Anda berada di dalam rumah dan tidak terpapar sinar matahari. Di dalam rumah, Anda masih berpotensi untuk terpapar matahari, terlebih lagi Anda harus menatap layar laptop yang akan memancarkan sinar biru (blue light) yang mampu membuat kulit cepat keriput bila tak ada perlindungan sunscreen.
"Sinar UV dari matahari tetap dapat masuk melalui sela-sela jendela rumah Anda. Untuk itu, penggunaan sunscreen tetap harus dilakukan meskipun Anda berada di dalam rumah dan tidak beraktivitas di luar rumah," tutur ahli kecantikan Jody Levine, MD yang berbasis di New York seperti dikutip dari New Beauty.

4. Memakai masker

Meski Bekerja di Rumah, Jangan Lupakan 6 Perawatan Kulit Ini (103984)
Masker alpukat yang bagus untuk mencerahkan wajah. Foto: Thinkstockphotos
Meski bekerja dari rumah atau work from home (WFH), Anda tak melulu harus berada di depan layar laptop selama berjam-jam. Manfaatkan waktu Anda di rumah untuk membuat masker tradisional yang terbuat dari bahan-bahan alami.
ADVERTISEMENT
Misalnya saja, masker dari campuran putih telur untuk mengencangkan pori-pori, masker dari campuran madu dan gula untuk menghaluskan kulit, atau masker dari lemon dan yoghurt untuk mencerahkan kulit. Berkreasilah sesuka Anda dengan melihat resep-resep masker DIY yang banyak dibagikan di internet.

5. Hindari terlalu sering menyentuh wajah

Meski Bekerja di Rumah, Jangan Lupakan 6 Perawatan Kulit Ini (103985)
Ilustrasi menyentuh wajah Foto: Thinkstock
Dengan kita bekerja di dalam rumah dan tanpa menggunakan makeup, sebaiknya tahan diri Anda untuk tidak menyentuh wajah. Misalnya, menyentuh pipi, area bawah mata atau bagian ujung hidung.
Badan kesehatan Amerika Serikat Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan, salah satu penyebaran virus Corona bisa terjadi melalui tangan. Bayangkan jika tangan Anda (sengaja atau tidak) terus-terusan menyentuh wajah, selain berisiko tertular virus, kotoran serta bakteri pada tangan juga akan menempel di wajah.
ADVERTISEMENT

6. Eksfoliasi

Meski Bekerja di Rumah, Jangan Lupakan 6 Perawatan Kulit Ini (103986)
Ilustrasi Eksfoliasi Wajah Foto: Shutterstock/Yuttana Jaowattana
Satu yang tak kalah penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit saat bekerja dari rumah adalah melakukan eksfoliasi kulit. Hal ini dilakukan untuk mengangkat seluruh sel kulit mati pada wajah sekaligus untuk mencerahkan wajah.
Saat ini, ada banyak produk eksfoliasi wajah yang hadir di pasaran dan telah disesuaikan dengan kondisi kulit. Anda bisa melakukan eksfoliasi wajah setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu. Setelah eksfoliasi, jangan lupa pakai moisturizer untuk mengembalikan kelembapan kulit.