Pentingnya Me Time bagi Istri, Apa yang Perlu Dilakukan Suami?

25 November 2022 16:46
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi ibu yang stres akibat banyaknya pekerjaan rumah/ Foto: chalermphon_tiam/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ibu yang stres akibat banyaknya pekerjaan rumah/ Foto: chalermphon_tiam/Shutterstock
Jadi seorang ibu tidaklah mudah. Butuh fisik dan mental yang kuat untuk bisa mengerjakan berbagai tugas. Pekerjaan yang datang ada saja silih berganti, mulai dari mengurus anak, memasak, membersihkan rumah, mencuci pakaian, dan masih banyak lagi.
Karenanya, kadang para istri mudah lelah bahkan marah untuk hal-hal yang remeh temeh. Apakah kamu juga mengalaminya, Ladies? Jika ya, mungkin kamu butuh sesekali mengambil "me time".
Meski kadang dianggap tidak penting, tapi ternyata hal ini sangat penting. Dilansir dari Psychology Today, perempuan di Amerika Serikat punya waktu luang lebih sedikit daripada pria. Alasannya, para istri lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk mengasuh anak dan membersihkan rumah. Keduanya ini merupakan kegiatan yang menguras tenaga fisik bahkan emosional.
Padahal, jika kekurangan waktu untuk istirahat saja seseorang bisa mengalami peningkatan stres yang diiringi dengan menurunya kebahagiaan. Stres sendiri bisa merusak kualitas tidur, mengganggu sistem imun, dan meningkatkan risiko masalah kesehatan mental.
Inilah mengapa para pria—khususnya suami—perlu membantu dan membagi pekerjaan rumah dengan istri. Beberapa tugas domestik seperti menyapu, mengepel, mencuci piring, mencuci baju, hingga mengurus anak bisa dibagi secara adil.
Pembagian tugas rumah ini bisa dilakukan sesuai kesepakatan bersama dan kesibukan baik suami atau istri. Apalagi, jika suami mau sesekali merelakan waktu dan mengajak anaknya untuk bekerja sama dalam membantu pekerjaan rumah.

Me Time: Hadiah Spesial untuk Hari Ibu

Ilustrasi keluarga yang bekerja sama di pekerjaan rumah. Foto: Hananeko_Studio/Shutterstok
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi keluarga yang bekerja sama di pekerjaan rumah. Foto: Hananeko_Studio/Shutterstok
Dalam rangka memperingati Hari Ibu pada 22 Desember mendatang, para suami (sekaligus ayah) bisa memberikan hadiah spesial bagi istrinya. Salah satu caranya adalah dengan menyelesaikan tugas-tugas rumah tangga.
Tidak perlu sendirian, ayah bisa mengajak anak untuk bekerja sama memberi kejutan untuk istrinya. Ayah dan anak bisa memulainya dari membersihkan rumah, merawat tanaman, menyiapkan makanan, dan banyak hal lainnya.
Agar lebih seru, ayah dan anak bisa ikut kompetisi “Tim Sayang Mama” yang diadakan oleh Indomilk, lho. Di kesempatan ini Indomilk mengajak para ayah dan anaknya untuk membagikan keseruan dan teamwork saat melakukan pekerjaan rumah.
Mekanisme “Tim Sayang Mama”
Kompetisi "Tim Sayang Mama" dari Indomilk. Foto: dok. kumpara
zoom-in-whitePerbesar
Kompetisi "Tim Sayang Mama" dari Indomilk. Foto: dok. kumpara
  1. Unggah foto ayah dan anak yang melakukan pekerjaan rumah dan ibu yang sedang me time dengan format Instagram Feed & Instagram Story
  2. Sertakan Indomilk Kids UHT Kotak atau Indomilk Kids Botol di foto
  3. Follow Instagram @Indomilk.kids dan @kumparancom
  4. Tag @Indomilk.kids dan 3 teman lainnya untuk ikut challenge
  5. Sertakan hashtag #SelamatHariIbu #HarinyaIbuIndomilkKids #IndomilkKidsXkumparan pada caption
Ayah dan anak bisa ikut kompetisi ini dengan unggah foto di Instagram Feed atau Instagram Story menggunakan fitur “Add Yours”. Jangan lupa, pastikan akun Instagram tidak di-private, ya.
Nantinya, 50 keluarga yang terpilih akan mendapat paket makan untuk keluarga dari @indomilk.kids dan @dailybox.id (untuk 4 anggota keluarga) selama 5 hari. Paket makanan ini akan dikirim dari 22, 23, 26, 27, dan 28 Desember 2022. Menarik, kan?
Yuk, para “Tim Sayang Mama” bersatu untuk ikutan challenge dari Indomilk Kids ini. Kompetisinya berakhir pada 13 Desember 2022, jangan sampai ketinggalan, ya!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Indomilk Kids