Woman
·
6 Mei 2021 4:06

Penyebab Pangeran Philip Meninggal Akhirnya Diumumkan 3 Minggu Setelah Pemakaman

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Penyebab Pangeran Philip Meninggal Akhirnya Diumumkan 3 Minggu Setelah Pemakaman (68574)
Pangeran Philip Foto: REUTERS/Paul Edwards
Pada 9 April 2021 lalu, Istana Buckingham mengumumkan berita wafatnya Pangeran Philip di Kastil Windsor. Sayang, berita tersebut diumumkan tanpa penjelasan rinci, apa yang menyebabkan pangeran 99 tahun tersebut meninggal.
ADVERTISEMENT
Tiga minggu setelah pemakaman yang berlangsung pada Sabtu (17/4) lalu , Telegraph berhasil mendapatkan laporan sertifikat kematian Pangeran Philip yang telah disahkan oleh Sir Huw Thomas, yaitu kepala kesehatan Kerajaan Inggris. Dalam laporan tersebut, Sir Huw dilaporkan mengidentifikasi kematian Pangeran Philip bukan karena sakit atau terluka, namun disebabkan oleh kondisi usia yang sudah tua.
Penyebab Pangeran Philip Meninggal Akhirnya Diumumkan 3 Minggu Setelah Pemakaman (68575)
Peti mati Pangeran Philip dibawa ke Kapel St.George untuk upacara pemakaman, di Windsor, Inggris, Sabtu (17/4). Foto: Dominic Lipinski/Pool via REUTERS
Bahkan, laporan tersebut dikabarkan juga tidak menyebutkan kondisi Pangeran Philip yang pernah menjalani operasi jantung beberapa minggu sebelum meninggal.
Metro melansir, rupanya dokter di Inggris dapat mencantumkan 'usia tua' sebagai penyebab kematian jika pasien berusia di atas 80 tahun dan adanya penurunan kondisi setelah diamati secara intensif. Seperti diketahui, Pangeran Philip menghabiskan waktu di Rumah Sakit King Edward VII dan Rumah Sakit St Bartholomew's selama hampir satu bulan lamanya.
ADVERTISEMENT
Ini merupakan situasi rawat inap terlama yang pernah dijalani oleh Pangeran Philip. Sebelumnya, ia dikabarkan menjalani perawatan untuk infeksi, namun sempat membuat heboh ketika diketahui tengah menjalani operasi jantung.
Penyebab Pangeran Philip Meninggal Akhirnya Diumumkan 3 Minggu Setelah Pemakaman (68576)
Potret Mesra Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip Foto: Instgaram @theroyalfamily
Setelah kondisinya cukup membaik, Pangeran Philip kemudian kembali pulang ke Kastil Windsor, tempat di mana ia menghabiskan hari-hari terakhirnya bersama Ratu hingga meninggal pada 9 April lalu. Sekretaris pribadi Pangeran Philip, Archie Miller-Bakewell, mendaftarkan kematian tersebut ke Royal Borough of Windsor and Maidenhead empat hari kemudian pada 13 April.
Diketahui, peraturan di Inggris memberlakukan pendaftaran kematian dalam waktu lima hari setelah seseorang meninggal. Menurut surat kematian tersebut, Pangeran Philip didaftarkan dengan nama lengkapnya, ‘His Royal Highness The Prince Philip, Duke of Edinburgh formerly known as Prince Philippos of Greece and Denmark formerly known as Philip Mountbatten'.
ADVERTISEMENT