Woman
·
12 September 2021 13:43
·
waktu baca 3 menit

Punya Rambut Keriting? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Perawatan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Punya Rambut Keriting? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Perawatan (386709)
searchPerbesar
Punya Rambut Keriting? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Perawatan. Foto: Shutter Stock
Merawat rambut keriting alami ternyata memerlukan perawatan ekstra. Berbeda dengan rambut kebanyakan, Ladies harus melakukan berbagai langkah saat membersihkannya supaya tidak mudah rusak.
ADVERTISEMENT
Semua model rambut keriting, mulai dari keriting kecil, keriting besar mengembang, hingga afro memerlukan perhatian khusus saat merawatnya. Sebab rambut keriting lebih mudah rusak daripada rambut lurus.
Lalu, kira-kira bagaimana cara yang tepat dan aman untuk merawat rambut keriting? Dilansir berbagai sumber, simak tips merawat rambut keriting berikut ini.

1. Gunakan produk khusus sebelum keramas

Punya Rambut Keriting? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Perawatan (386710)
searchPerbesar
Ilustrasi produk perawatan rambut untuk pre-shampoo. Foto: Dok. Shutterstock
Sebelum keramas, kamu pemilik rambut keriting harus melakukan langkah pre-shampoo. Biasanya, pre-shampoo ini melibatkan produk berupa minyak rambut, deep conditioner, atau serum.
Kepada Allure, blogger Courtney Danielle mengatakan bahwa langkah pre-shampoo ini dilakukan untuk membuat rambut lebih mudah dibersihkan. "Hasilnya mampu membuat rambut Anda lebih lembut, halus, mudah disisir dan lebih ternutrisi," ungkap Courtney kepada Allure.
ADVERTISEMENT
Apa pun produk yang dipakai, pastikan Ladies mendiamkan rambut selama 20 sampai 30 menit sebelum mulai keramas seperti biasa.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020

2. Menyisir rambut sebelum keramas

Punya Rambut Keriting? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Perawatan (386711)
searchPerbesar
Ilustrasi menyisir rambut keriting. Foto: Shutter Stock
Setelah melakukan pre-shampoo, sisir rambut menggunakan jari-jari tangan, kemudian sisir kembali dengan sikat yang lebih besar dan bergigi renggang. Hal ini perlu dilakukan untuk membuat rambut keriting kamu tidak kusut saat keramas. Cara ini juga diperlukan supaya rambut terhindar dari kerontokan.

3. Memakai sampo kombinasi

Punya Rambut Keriting? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Perawatan (386712)
searchPerbesar
ilustrasi wanita keramas Foto: shutterstock
Setelah membasahi rambut dan menggunakan sampo, bersihkan rambut mulai dari akar dan kulit kepala. Ladies bisa mengandalkan beberapa sampo sekaligus, atau memilih sampo dengan kemampuan ganda. Misalnya sampo untuk merawat kulit kepala, dan sampo untuk melembapkan rambut agar tidak mudah kusut.
ADVERTISEMENT
Tips lain yang juga bisa membantu adalah kamu harus membasahi rambut dengan air hangat sebelum memakai sampo untuk mengangkat debu, kotoran dan bakteri pada rambut. Lalu gunakan air biasa untuk membilas sampo.

4. Hati-hati memakai kondisioner

Punya Rambut Keriting? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Perawatan (386713)
searchPerbesar
Ilustrasi kondisioner untuk rambut keriting. Foto: Shutter Stock
Sama dengan jenis rambut yang lain, kondisioner juga penting untuk rambut keriting. Gunakan kondisioner dan sebisa mungkin hindari bagian kulit kepala. Diamkan selama lima hingga 10 menit dan tutup kepala dengan shower cap.
Setelah itu, bilas kondisioner menggunakan air dingin karena temperatur yang dingin membantu nutrisi yang ada di dalam kondisioner lebih menyerap ke dalam helai rambut.

5. Keringkan rambut dengan handuk khusus

Punya Rambut Keriting? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan saat Perawatan (386714)
searchPerbesar
Ilustrasi handuk berbahan microfiber. Foto: Shutter Stock
Usai keramas, kamu bisa mengeringkan rambut dengan menggunakan handuk khusus berbahan microfiber. Sebab handuk dengan bahan ini mempunyai serat lebih tipis dari handuk pada umumnya.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan Allure, handuk berbahan katun memiliki lubang-lubang serat kecil yang bisa membuat rambut keriting tersangkut di handuk. Hal ini tentu membuat proses pengeringan terasa tidak nyaman dan berisiko membuat rambut rontok.