Woman
·
18 September 2020 9:06

Skandal di Balik Gelar Duchess of Sussex Meghan Markle

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Skandal di Balik Gelar Duchess of Sussex Meghan Markle (4)
Meghan Markle Foto: AFP
Pangeran Harry dan Meghan Markle menikah pada 19 Mei 2018 di St George’s Chapel, Windsor Castle, Inggris. Setelah pernikahan itu, Ratu Elizabeth II memberikan gelar Duke of Sussex kepada Pangeran Harry, dan Duchess of Sussex kepada Meghan Markle. Gelar tersebut merupakan hadiah pernikahan dari sang ratu, dan masih melekat hingga saat ini meski keduanya telah mundur sebagai anggota senior kerajaan Inggris.
ADVERTISEMENT
Ratu hari ini dengan senang hati menganugerahkan Dukedom (gelar kerajaan Inggris tertinggi dengan posisi langsung di bawah penguasa monarki) kepada Pangeran Henry dari Wales. Gelarnya adalah Duke of Sussex, Earl of Dumbarton dan Baron Kilkeel. Dengan demikian, Pangeran Harry menjadi Yang Mulia Duke of Sussex, dan Nona Meghan Markle setelah menikah akan menjadi Yang Mulia Duchess of Sussex,” tulis pernyataan resmi kerajaan Inggris.
Ternyata sebelum Pangeran Harry, gelar Duke of Sussex sendiri pernah diberikan kepada bangsawan lain. Menurut Express UK, gelar Duke of Sussex pertama kali dibuat pada tahun 1801 oleh Raja George III. Raja George III lalu memberikan gelar itu kepada putra keenamnya, yaitu Pangeran Augustus Frederick.
ADVERTISEMENT
Sebelum menerima gelar Duke of Sussex, Pangeran Augustus telah menikah dengan Lady Augusta Murray pada 1793. Namun, pernikahan itu dibatalkan pada 1794 karena tidak mendapat persetujuan dari Raja di bawah Royal Marriages Act of 1772. Alhasil, pembatalan pernikahan itu membuat Lady Augusta tidak memenuhi syarat untuk mendapat gelar Duchess of Sussex, saat Pangeran Augustus mendapat gelar Duke of Sussex pada 1801.
Bahkan, ketika Pangeran Augustus (telah memegang gelar Duke of Sussex) menikah lagi dengan Lady Cecilia Underwood pada 1831, Lady Cecilia juga tidak memenuhi syarat untuk disebut sebagai Duchess of Sussex. Lagi-lagi, hal itu disebabkan karena pernikahan tersebut tidak mendapat persetujuan dari Raja. Karena itulah, Lady Cecilia tidak pernah dianggap sebagai istri sah Pangeran Augustus dan juga tidak mendapat gelar Duchess of Sussex.
ADVERTISEMENT
Pangeran Augustus kemudian meninggal dunia pada 1843, otomatis gelar Duke of Sussex itu punah. Meski Pangeran Augustus memiliki dua anak dari hasil pernikahan pertamanya, anak-anak juga dianggap tidak sah. Karena alasan itulah, anak-anak Pangeran Augustus tidak pernah mendapat gelar Duke of Sussex setelah ia meninggal.
Skandal di Balik Gelar Duchess of Sussex Meghan Markle (5)
Pangeran Harry dan Meghan Markle. Foto: Daniel LEAL-OLIVAS / AFP
Gelar Duke of Sussex lalu digunakan lagi pada tahun 2018, ketika Ratu Elizabeth II memberikan gelar itu kepada Pangeran Harry. Pangeran Harry lalu menjadi orang kedua yang menyandang gelar tersebut. Selain itu, karena skandal di masa lalu, Meghan Markle menjadi perempuan pertama yang menyandang gelar Duchess of Sussex dalam sejarah Inggris.
----
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)