Woman
·
26 Juni 2021 15:33
·
waktu baca 1 menit

Tidak Boleh Makan Nanas saat Haid, Mitos atau Fakta?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tidak Boleh Makan Nanas saat Haid, Mitos atau Fakta? (467915)
searchPerbesar
Tidak Boleh Makan Nanas saat Haid, Mitos atau Fakta? Foto: Dok. Freepik
Di Indonesia ada banyak sekali mitos yang beredar terkait berbagai hal. Salah satu mitos terkenal yang berkaitan dengan kesehatan perempuan adalah soal nanas. Buah berwarna kuning ini banyak dijauhi perempuan karena kabarnya bisa mengakibatkan keputihan dan tak baik dikonsumsi saat haid dan hamil. Benarkah demikian?
ADVERTISEMENT
Menurut dr. Mery Sulastri, seorang Praktisi Kesehatan, justru sebaliknya. Dalam acara Ladies Talk: Perempuan & Kebersihan Menstruasi bersama Betadine, dr Mery memaparkan bahwa nanas justru punya kandungan yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan perempuan. Nanas juga bisa mengurangi kram yang terjadi saat haid.
Tidak Boleh Makan Nanas saat Haid, Mitos atau Fakta? (467916)
searchPerbesar
Nanas bisa meredakan kram atau nyeri perut saat haid. Foto: Shutter Stock
"Nanas sendiri kandungannya bagus. Dia ada vitamin C dan mengandung enzim bromelain. Enzim ini bisa membantu mengurangi kram saat menstruasi," ungkap dr. Mery Sulastri.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center, enzim bromelain pada nanas bisa mengurangi rasa sakit dan membantu membuat otot menjadi lebih rileks. Jadi mengkonsumsi nanas dalam porsi yang cukup juga bisa membantu mengatasi kram perut ketika haid.
Selain itu, studi juga menunjukkan bahwa nanas kaya akan mineral mangan yang baik untuk mengurangi gejala-gejala tidak nyaman terkait dengan PMS. Mengutip Today, kandungan antioksidan pada nanas membantu mengurangi peradangan akut yang kerap menyebabkan nyeri haid.
ADVERTISEMENT
Untuk itu, kalau ada informasi yang melarang kita makan nanas saat haid itu bisa jadi tidak benar atau mitos belaka ya Ladies. Sebab ternyata buah tropis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan perempuan.