kumparan
search-gray
Woman24 November 2019 14:10

Tips Mengatur Keuangan Agar Tak Kebobolan di Akhir Bulan

Konten Redaksi kumparan
Tips Mengatur Keuangan Agar Tak Kebobolan di Akhir Bulan  (421852)
Ilustrasi manajemen keuangan. Foto: Nugroho Sejati/kumparan
Mengatur keuangan terkadang menjadi hal yang cukup sulit dilakukan oleh sebagian perempuan. Padahal, kegiatan ini wajib dilakukan agar keuangan bisa terorganisir dengan baik. Selain itu, mengatur perencanaan keuangan juga bisa membuat kita terhindar dari masalah keuangan yang sering terjadi di akhir bulan.
ADVERTISEMENT
Melansir Forbes, sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa kita sulit dalam mengatur keuangan. Penyebab pertama adalah karena ketidaktahuan, selanjutnya bisa disebakan karena kebiasaan belanja impulsif, dan yang terakhir malas dan sering menunda-nunda.
Jika hal ini terus dibiarkan, bukan hanya akan mengalami kesulitan keuangan di akhir bulan saja, tetapi Anda juga tidak akan memiliki jaminan keuangan di masa mendatang.
Lalu, bagaimana cara mengatur keuangan dengan baik dan ideal?
Chief Marketing Officer (CMO) Sun Life Financial Indonesia, Shierly Ge, membagikan beberapa tips agar keuangan bisa dikelola dengan baik. Menurutnya, hal penting yang harus dilakukan saat mengatur keuangan adalah menyisihkan dulu sebagian uang yang didapat, sebelum akhirnya dibelanjakan untuk berbagai kebutuhan.
Tips Mengatur Keuangan Agar Tak Kebobolan di Akhir Bulan  (421853)
Ilustrasi perhitungan rencana keuangan Foto: Shutterstock
“Setelah tau konsep itu, barulah atur perencanaan keuangan dengan baik. Misalnya, menyisihkan 10 persen untuk investasi, 10 persen untuk asuransi, dan maksimum 30 persen untuk cicilan. Sisanya baru dibelanjakan untuk kebutuhan sehari-hari,” tambah Shierly Ge kepada kumparanWOMAN di sela-sela acara konferensi pers Indonesian Women’s Forum 2019, di Gandaria City, Rabu (20/11) kemarin.
ADVERTISEMENT
Namun sayangnya, tak sedikit perempuan justru melakukan hal sebaliknya. Sehingga, kondisi itu berpotensi membuat keuangannya tersendat dan tak jarang mengalami ‘dompet jebol’ saat akhir bulan tiba.
“Bukan cuma perempuan yang sudah berkeluarga tapi juga perempuan yang masih single, biasanya kalau dapat income selalu langsung mikirin uangnya untuk dibelikan apa,” tutup Shierly Ge.
Nah, Ladies, jika Anda sering mengalami masalah keuangan terutama di akhir bulan, cobalah praktikan tips di atas dan atur keuangan Anda sebijak mungkin. Usahakan, sebelum mendapat income, buatlah perencanaan keuangan dan terapkan prinsip ‘disisihkan baru dibelanjakan’ seperti yang disampaikan Shierly Ge tadi.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white