Woman
·
9 September 2020 15:12

Tips Mengecilkan Lengan dengan 5 Gerakan Olahraga Ini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Tips Mengecilkan Lengan dengan 5 Gerakan Olahraga Ini (101261)
Tips Mengecilkan Lengan dengan 5 Gerakan Olahraga Ini. Foto: Shutterstock
Seperti yang sudah banyak diketahui, gaya hidup yang kurang sehat serta pola makan yang kurang seimbang membuat berat badan naik dengan cepat dan beberapa bagian tubuh pun ikut membesar.
ADVERTISEMENT
Tak hanya perut dan paha, tetapi anggota tubuh lain seperti lengan juga bisa menjadi salah satu bagian tubuh yang turut membesar. Biasanya hal ini menjadi hal yang cukup dibenci oleh perempuan. Apalagi bagi mereka yang suka mengenakan busana tanpa lengan. Kondisi lengan yang besar dan mengendur tentu akan sangat mengganggu penampilan.
Untuk mengatasi masalah ini, Ladies bisa mulai melakukan gerakan olahraga yang berfokus melatih otot lengan. Dengan begitu, lemak yang ada di area lengan bisa berkurang secara perlahan dan lengan pun jadi lebih toned atau tampak fit.
Nah, bagi kamu yang ingin mengecilkan lengan dengan mudah dan cepat, Ladies bisa melakukan lima gerakan olahraga berikut.

1. Mengecilkan lengan dengan gerakan olahraga arm circle

Arm circle atau gerakan memutar tangan ini biasanya dilakukan saat pemanasan sebelum olahraga. Untuk melakukannya, Ladies hanya perlu berdiri tegak dengan kedua lengan berada di kanan dan kiri tubuh. Setelah itu angkat lengan hingga sejajar dengan bahu dan posisi telapak tangan menghadap ke depan.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya putarkan kedua lengan ke arah depan tanpa menekuk lutut dan sikut. Lakukan gerakan ini selama 10 kali, kemudian ganti dengan arah putaran ke belakang dalam hitungan 10 kali. Lalu ulangi dua gerakan tersebut sebanyak 3 kali.

2. Wall push-up

Gerakan yang satu ini dinilai cukup bagus untuk membentuk otot lengan karena bagian yang dilatih adalah bahu, lat, bisep, dan trisep.
Tips Mengecilkan Lengan dengan 5 Gerakan Olahraga Ini (101262)
Wall push-up untuk mengecilkan lengan. Foto: dok Style Craze
Sesuai dengan namanya, wall push-up memang memiliki gerakan sama persis dengan push-up biasa, hanya saja tubuh kita tidak menghadap ke lantai, melainkan ke tembok. Cara melakukannya adalah dengan berdiri di depan tembok dan pastikan jarak tubuh dan tembok sekitar 30 cm.
Selanjutnya, letakkan kedua telapak tangan pada tembok dengan posisi sedikit lebih lebar dari bahu. Kemudian pastikan kaki tetap diam, tekuk siku, dan dekatkan dada serta dagu ke dinding. Tarik napas dalam-dalam, embuskan perlahan, lalu mulai lakukan gerakan push-up seperti biasa. Lakukan dalam hitungan 10 kali dan ulangi gerakan dari awal hingga 3 set.
ADVERTISEMENT

3. Tricep dips

Gerakan tricep dips ini akan melatih otot trisep di belakang lengan atas kamu Ladies. Mengencangkan otot ini akan mencegah lengan mengendur.
Tips Mengecilkan Lengan dengan 5 Gerakan Olahraga Ini (101263)
Gerakan tricep dips untuk mengecilkan lengan. Foto: dok. Style Craze
Jika ingin mencoba, duduklah di bangku atau sofa. Pastikan agar lutut tetap tertekuk, kaki saling berdekatan dan telapak kaki menempel di atas lantai dengan baik. Setelah itu, letakkan lengan di belakang tubuh dengan posisi siku sedikit ditekuk dan jari-jari mengarah ke tubuh kamu.
Langkah selanjutnya, seimbangkan tubuh kamu dengan menitikberatkan pada lengan. Kemudian angkat pinggul dari bangku atau sofa, lalu majukan kaki dua langkah. Setelah anggota tubuh bawah menjauh dari bangku atau sofa, turunkan pinggu kamu secara perlahan. Tepat sebelum pinggul menyentuh lantai, angkat pinggul dengan merentangkan lengan.
ADVERTISEMENT
Satu set gerakan tricep ini bisa dilakukan hingga hitungan 10, kemudian ulangi hingga 3 set.

4. Inchworm

Gerakan olahraga yang satu ini agak sedikit tricky untuk dilakukan. Tetapi inchworm sangat baik untuk meregangkan tubuh setelah melakukan beberapa rangkaian latihan lengan. Sehingga otot tidak tegang dan kaku.
Untuk melakukannya, berdirilah tegak dengan posisi kedua kaki saling merapat. Kemudian bungkukkan badan dan letakkan kedua tangan di kaki. Pastikan kaki tetap lurus dan lutut tidak menekuk ya Ladies.
Setelah itu mulailah berjalan merangkak menggunakan kedua tangan hingga tubuh berada pada posisi seperti saat kita sedang push-up. Selanjutnya, coba jalankan kedua kaki secara perlahan hingga tubuh menekuk dan kaki hampir mendekati tangan, lalu bangun kembali dengan posisi tubuh tegak.
ADVERTISEMENT
Lakukan gerakan tersebut sebanyak 3 set, masing-masing 10 kali hitungan.

5. Plank up-downs

Seperti yang sudah diketahui, plank sendiri melatih kekuatan kamu. Sedangkan plank up-downs akan membantu pembentukan dan penguatan otot lengan.
Tips Mengecilkan Lengan dengan 5 Gerakan Olahraga Ini (101264)
Ilustrasi olahraga plank up-downs. Foto: Shutterstock
Pada dasarnya, gerakan ini sama dengan gerakan plank pada umumnya. Hanya saja ditambahkan dengan variasi. Cara melakukannya cukup mudah, posisikan tubuh seperti gerakan yoga dog pose dengan kedua telapak tangan menempel pada lantai, lutut ditekuk, punggung lurus, dan leher dalam posisi netral.
Setelah tubuh bagian atas merasa nyaman, arahkan kedua kaki ke belakang secara bergantian dengan posisi tubuh bagian atas tetap sama. Untuk melakukan gerakan up-downs, tumpukan kekuatan tubuh bagian atas pada telapak tangan, lalu tekuk siku kanan hingga menyentuh lantai. Lakukan gerakan yang sama dengan siku kiri hingga tubuh bertumpu pada kedua siku.
ADVERTISEMENT
Kemudian kembalikan posisi siku seperti semula hingga tubuh bertumpu pada telapak tangan lagi. Lakukan gerakan plank up-downs ini selama 3 set dengan hitungan 10 kali setiap set.
Bagaimana Ladies, kamu tertarik mengecilkan lengan dengan lima gerakan di atas?