Wajah Terasa Kering Setelah Dibersihkan? Ini Penyebabnya Menurut Dermatolog

2 Januari 2024 19:04 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi kulit kering. Foto: Shuttertock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kulit kering. Foto: Shuttertock
ADVERTISEMENT
Membersihkan wajah adalah salah satu bagian yang penting dalam tahapan penggunaan skin care. Sebab, wajah yang bersih bisa membuat produk skin care yang digunakan setelahnya dapat menyerap dengan sempurna.
ADVERTISEMENT
Nah, pada saat selesai membersihkan wajah dengan sabun cuci muka, apakah kamu pernah merasa wajah jadi terasa kering? Ternyata itu ada sebabnya, lho, Ladies.
Dikutip dari New York Post, saat kulit terasa kering setelah dibersihkan, artinya kandungan sabun yang kamu gunakan terlalu keras.
Ilustrasi perempuan cuci muka. Foto: Shutterstock
“Jika kulit kamu terasa kering setelah mencuci muka, itu berarti pembersihnya terlalu keras. [Itu bisa] menghilangkan pelindung kulit atau lapisan terluar kulit dan pada akhirnya menyebabkan hilangnya kelembapan,” ujar dermatolog untuk brand La Roche Posay, Justine Hextall.
Apabila kamu tetap menggunakan produk pembersih wajah yang meninggalkan kesan kering, lama-lama bisa membuat skin barrier jadi rusak. Apabila itu terjadi, tak heran bila kamu mulai mengalami masalah jerawat, kulit kering, iritasi, hingga kerutan.
Ilustrasi perempuan cuci muka. Foto: Shutterstock
Tidak hanya itu, perhatikan juga suhu air yang digunakan untuk membersihkan wajah. Hindari memakai air panas karena bisa membuat kulit menjadi kering dan iritasi.
ADVERTISEMENT
Nah, melihat banyaknya efek buruk yang bisa ditimbulkan dari penggunaan sabun cuci muka yang salah, artinya kamu jangan sampai keliru saat membeli produk, ya. Pilih pembersih wajah yang sifatnya lembut dan mampu memberikan kelembapan pada kulit.