Food & Travel
·
14 November 2020 14:36

Villa Dangau Kedaung: Penginapan Suasana Puncak di Kota Bandar Lampung

Konten ini diproduksi oleh Lampung Geh
Villa Dangau Kedaung: Penginapan Suasana Puncak di Kota Bandar Lampung (97656)
Villa Dangau Kedaung di kecamatan Kemiling Kota Lampung, Sabtu (14/11) | Foto : Syahwa Roza Hariqo/Lampung Geh
Lampung Geh, Bandar Lampung - Menikmati nyamannya suasana private bersama keluarga dan kolega dengan suasana puncak di Villa Dangau Kedaung, Sabtu (14/11).
ADVERTISEMENT
Villa Dangau Kedaung berlokasi di daerah perbukitan di pinggiran Kota Bandar Lampung, yakni di Jalan Terusan Ragom Gawi III, Kelurahan Kedaung, Kecamatan Kemiling. Bangunan utama dua lantai ini mengadopsi gaya eropa. Hal tersebut terlihat dengan adanya bentuk cerobong asap, dan juga kincir angin di bagian belakang bangunan vila. Selain itu, vila ini memiliki dua balkon di bagian depan lantai atas, dan bagian belakang dengan view laut.
Villa Dangau Kedaung: Penginapan Suasana Puncak di Kota Bandar Lampung (97657)
Ruang utama Villa Dangau Kedaung dengan berbagai ornamen kontemporernya, Sabtu (14/11) | Foto : Sidik Aryono/Lampung Geh
Memasuki ruang utama, pengunjung akan disuguhi dengan berbagai pernak-pernik ornamen kontemporer, mulai dari mesin ketik manual, televisi, sepeda ontel, lemari kayu, buku-buku tua, serta kursi tempo dulu perpaduan kayu dan anyaman rotan.
Di samping ruang utama, terdapat dapur, lengkap dengan peralatan masaknya. Posisi dapur memang di depan, mirip seperti di kafe. Dan ini termasuk fasilitas untuk pengunjung.
Villa Dangau Kedaung: Penginapan Suasana Puncak di Kota Bandar Lampung (97658)
Dapur Villa Dangau Kedaung yang terletak di ruangan utama villa, Sabtu (14/11) | Foto : Syahwa Roza Hariqo/Lampung Geh
Masih di lantai dasar, terdapat kamar utama yang cukup luas, dilengkapi dengan pendingin ruangan (AC), dan kamar mandi di dalamnya. Sedangkan satu kamar di lantai dua, menghadap langsung ke balkon bagian depan, sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan, namun kamar mandinya terpisah di luar kamar.
Villa Dangau Kedaung: Penginapan Suasana Puncak di Kota Bandar Lampung (97659)
Dapur Villa Dangau Kedaung yang terletak di ruangan utama villa, Sabtu (14/11) | Foto : Syahwa Roza Hariqo/Lampung Geh
Selain dua kamar utama, bangunan ini juga terdapat beberapa space seperti ruang menonton TV, dua ruangan tambahan di lantai dua, serta balkon yang menghadap ke halaman belakang dengan view laut. Di balkon belakang ini cocok banget buat bersantai, menikmati kopi, berkontemplasi dengan pemandangan perbukitan yang berujung ke laut Kota Bandar Lampung.
Villa Dangau Kedaung: Penginapan Suasana Puncak di Kota Bandar Lampung (97660)
Balkon lantai dua Villa Dangau Kedaung dengan view laut Kota Bandar Lampung, Sabtu (14/11) | Foto : Syahwa Roza Hariqo/ Lampung Geh
Di bagian belakang vila, terdapat halaman yang cukup luas dihiasi tanaman bunga mengelilinginya. Serta ada beberapa wahana bermain seperti ayunan, dan perosotan, jadi bisa sekalian ajak buah hati. Di halaman belakang ini juga biasanya digunakan untuk acara outdoor seperti barbeque party, reuni, perpisahan, hingga acara ulang tahun.
Villa Dangau Kedaung: Penginapan Suasana Puncak di Kota Bandar Lampung (97661)
Balkon lantai dua Villa Dangau Kedaung dengan view laut Kota Bandar Lampung, Sabtu (14/11) | Foto : Syahwa Roza Hariqo/ Lampung Geh
Di samping halaman taman belakang, terdapat gazebo kayu dua lantai yang biasanya digunakan untuk musola. Namun, gazebo bertingkat ini bisa juga dijadikan tempat bersantai di lantai bawahnya, sembari barbeque party.
ADVERTISEMENT
Jika pengunjung ingin menikmati suasana menginap di area outdoor, Villa Dangau Kedaung juga menyediakan tenda untuk camp di halaman taman belakang. Opsi ini biasanya dipilih pengunjung dengan kapasitas orang banyak, jadi ada yang menikmati menginap dengan suasana outdoor dan indoor.
Villa Dangau Kedaung: Penginapan Suasana Puncak di Kota Bandar Lampung (97662)
Salah satu ruang kamar yang ada di Villa Dangau Kedaung Bandar Lampung, Sabtu (14/11) | Foto : Sidik Aryono/Lampung Geh
Villa Dangau Kedaung pada awalnya dibangun hanya untuk konsumsi pribadi. Demikian diungkapkan sang pemiliknya, panggil saja Bang Darman. Dibangun sejak 2017, bangunan vila ini tanpa konsep khusus, seiring jalannya proses pembangunan, ide-ide yang muncul diaplikasikan Darman pada Villa Dangau Kedaung seperti yang ada sekarang.
"Awalnya tidak ada niat untuk mengomersilkan, karena memang untuk pribadi saja. Sebagai tempat bersantai bersama keluarga. Maka pada saat pembangunannya tidak ada konsep khusus atau menggandeng arsitektur. Semua saya konsep sendiri, ada ide saya bilang ke tukang, teknisnya tukang bangunan yang buat," jelas Darman.
Villa Dangau Kedaung: Penginapan Suasana Puncak di Kota Bandar Lampung (97663)
Halaman taman belakang Villa Dangau Kedaung, Sabtu (14/11) | Foto : Sidik Aryono/ Lampung Geh
Seiring berjalannya waktu, Darman yang merupakan anggota Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) ini sering kedatangan teman-teman berkunjung ke vila miliknya. Dari sinilah timbul dorongan untuk membuka Villa Dangau Kedaung bagi masyarakat umum atau disewakan.
ADVERTISEMENT
"Promosi awal waktu itu melalui media Instagram Palembang, jadi sampai saat ini banyak juga pengunjung kita dari Pelembang. Tapi ya tetap saya tidak ingin terlalu mengomersilkan, apalagi masih dalam proses perawatan saat ini hanya terima tamu di hari Kamis sampai Minggu saja," jelasnya.
Villa Dangau Kedaung ini, sistem penyewaannya secara private. Jadi setiap harinya hanya bisa di-booking atas nama satu tamu, tanpa ada tamu lain yang menggangggu. Jadi selain nyaman dengan suasana tempatnya, juga nyaman dengan privasi yang terjaga
Untuk menyewa vila ini selama satu hari satu malam (pukul 14.00-12.00 WIB), dikenai harga Rp 1 juta, untuk 10 orang. Selebihnya akan dikenai biaya Rp 10 ribu perorangnya. Kapasitas maskimal, Villa Dangau Kedaung pernah digunakan hingga 120 orang, pastinya indoor dan outdoor.
Villa Dangau Kedaung: Penginapan Suasana Puncak di Kota Bandar Lampung (97664)
Villa Dangau Kedaung di kecamatan Kemiling Kota Lampung, Sabtu (14/11) | Foto : Syahwa Roza Hariqo/Lampung Geh
Dengan biaya Rp 1 juta, pengunjung sudah dapat menikmati semua fasilitas yang ada di Villa Dangau Kedaung dengan suasana privasi yang terjaga. Selain itu, di masa pandemi COVID-19, Villa Dangau Kedaung juga melakukan sterilisasi sebelum tamu masuk, yakni dengan penyemprotan disinfektan khususnya di area indoor. Dan untuk makanan memang tidak tersedia, jadi pengunjung bisa membawa bahan makanan dan memasaknya sendiri di dapur yang ada di Villa Dangau Kedaung.
ADVERTISEMENT
Demikian review tentang salah satu penginapan dengan suasana alam perbukitan di Villa Dangau Kedaung Kota Bandar Lampung. Untuk reservasi dapat melihat kontak personnya di akun Instagram @villa_dangaukedaung. (*)