kumparan
18 Sep 2019 20:49 WIB

Gencar Promosi Musik dan Budaya Lokal, Pemkot Ambon Gelar Festival

Festival Musik dan Budaya Ambon 2019 (18/9). Dok : Lentera Maluku
Lentera Maluku. Masih dalam rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun ke-444 Kota Ambon yang jatuh pada 7 September lalu, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon menyelenggarakan Festival Musik dan Budaya 2019 di Gedung Taman Budaya Ambon.
ADVERTISEMENT
Dalam festival ini terdapat tiga mata lomba yang dipertandingkan selama tiga hari, yakni sejak tanggal 17 September 2019 telah diadakan Lomba Nyanyi Solo dan Vokal Grup. Hari ini (18/9) diadakan Lomba Tari Daerah dan besok (19/9) ada Lomba Jujaro dan Mungare.
Pantauan media ini, peserta lomba tidak hanya berasal dari warga kota Ambon saja, tetapi juga diikuti oleh masyarakat Kabupaten Maluku Tengah, seperti perwakilan dari Negeri Pelauw dan Negeri Paperu. Sementara itu, para pendukung begitu antusias saat menyaksikan penampilan peserta, mereka bahkan memadati gedung Taman Budaya.
Festival Musik dan Budaya Ambon 2019 (18/9). Dok : Lentera Maluku
Salah satu peserta Lomba Tari Daerah yang ditemui Lentera Maluku (18/9), Claudia Imanuela Silooy dari Sanggar Tagalaya Voice SMA N 4 Ambon, dia mengaku bangga dan bersemangat mengikuti lomba itu.
ADVERTISEMENT
Menurut Silooy festival ini merupakan kesempatan bagus untuk menambah pengalaman, kesempatan memperkenalkan tarian adat Maluku. Selain itu, kata dia, penting juga untuk terus memperkenalkan tarian adat Maluku agar lebih dikenal masyarakat luas, sekaligus mengasah kemampuan dalam bidang tari.
"Katong (kita) harus lebih mengembangkan tarian adat supaya masyarakat luas, juga bisa lebih mengenal tarian adat kita dan lebih mencintai tarian adat sendiri", tandas Silooy. (LM3)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan