kumparan
25 Sep 2018 18:47 WIB

kumparan Terima Penghargaan sebagai Media Pro-Kemanusiaan

Wartawan kumparan, Bagas Putra Riyadhana (Foto: istimewa)
Di atas perahu selebar setengah meter di tengah perairan Seram Barat, Maluku, mata wartawan kumparan Bagas Putra Riyadhana tak henti memandangi sapi yang tepat berada di depannya.
ADVERTISEMENT
Kendati diikat, sapi itu meronta-ronta hingga kerap memiringkan perahu. Setengah jam bagi Bagas pada 20 Agustus 2018 itu terasa lama. "Pemandu tertawa melihat wajah pucat saya dan kawan-kawan dari Jakarta yang lain," kata Bagas mengenang peristiwa itu, Selasa (25/9).
Bagi Bagas, meliput penyerahan sapi dari Dompet Dhuafa untuk warga Dusun Tatinang, Maluku, merupakan pengalaman berharga (Baca: Cerita Kurban dari Pulau Seram). Bagi kumparan, itulah ikhtiar menjadi media yang mengedepankan kemanusiaan.
Kontribusi dalam dunia kemanusiaan seperti itulah yang membuat kumparan diberi penghargaan sebagai media prokemanusiaan oleh Dompet Dhuafa.
Pemred kumparan Arifin Asydhad (kiri) menerima piagam penghargaan (Foto: istimewa)
Penghargaan diterima oleh Pemimpin Redaksi kumparan, Arifin Asydhad, dalam acara HUT ke-25 Dompet Dhuafa yang diadakan di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, pada Sabtu (22/9).
ADVERTISEMENT
"Bersama Dompet Dhuafa dan kitabisa.com, kumparan kerap secara langsung ikut andil dalam aksi-aksi kemanusiaan," kata Mega Ayu, Marketing Communication Dompet Dhuafa, Selasa (25/9).
Aksi kemanusiaan sudah lekat dengan aktivitas kumparan. Pengumpulan donasi untuk nenek Solimah penderita kanker payudara di Bekasi, misalnya.
Tim kumparan dan LKC Dompet Dhuafa Jawa Barat mengantarkan bantuan untuknya. Dari donasi yang dibuka sejak April 2017 melalui kitabisa.com, kumparan mengumpulkan Rp 76.191.356 dari 516 donatur. (Baca: Penyerahan Donasi untuk Nenek Solimah Duafa Penderita Kanker Payudara)
Adapun kumparan tak sendiri menerima penghargaan ini. Media lain yang turut diberikan penghargaan serupa adalah Republika, Jawa Pos, MNC Radio Network, serta RRI.
Pemred kumparan Arifin Asydhad (tengah) bersama Pemred Republika Irfan Junaidi dan Pemred MNCRadio Gaib Maruto Sigit (Foto: istimewa)
Pemred kumparan, Arifin Asydhad, berterima kasih kepada Dompet Dhuafa atas penghargaan yang diberikan kepada kumparan. "Penghargaan ini akan menjadi cambuk untuk kumparan dalam menjalankan program-program kemanusiaan dengan lebih baik lagi," katanya, Selasa (25/9).
ADVERTISEMENT
Menurut Arifin, kumparan sebagai platform kolaboratif mengajak semua stakeholder untuk bersinergi dalam membantu saudara-saudara yang membutuhkan. "Dengan bergandeng tangan, maka kita akan bisa meringankan beban saudara-saudara kita yang kurang beruntung," ujar dia.
"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada para pembaca dan semua pihak yang selama ini telah bekerja sama dengan kumparan dalam program-program kemanusiaan. Tetap semangat untuk berkolaborasi di program-program selanjutnya," ujar Arifin.
Dhini Hidayati, Head of Collaboration kumparan, memegang piagam penghargaan (Foto: Abil/kumparan)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan