kumparan
3 Oktober 2019 13:10

Mantan Gubernur Sulsel HZB Palaguna Dimakamkan di Bone

Jenazah Almarhum HZB Palaguna dibawa ke Kabupaten Bone untuk di makamkan, (Makassar Indeks).
Makassar -- Mantan Gubernur Sulsel, Mayjen TNI Purn H. Zainal Basri (HZB) Palaguna dimakamkan di Dusun Larumange, Desa Liliriattang Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone, Kamis (3/10).
ADVERTISEMENT
Almarhum HZB Palaguna merupakan Gubernur Sulsel dua periode 1993-2003. Mantan Panglima Kodam (Pangdam) VII Wirabuana menghembuskan nafas terakhirnya Rabu 2 Oktober 2019, pukul 16.15 WITA.
Dalam pelepasan jenasah mantan Gubernur HZB Palaguna, menjadi inspektur upacara Gubernur Sulawesi Selatan, Prof. HM Nurdin Abdullah. Pelepasan jenasah digelar di rumah duka, Jalan Hertasning Raya, Kamis (3/10).
Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah dan Mantan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo memberi penghormatan terakhir kepada HZB Palaguna mantan Gubernur Sulsel yang ke-5.
Sebelum dimulai upacara pelepasan jenazah. Nurdin Abdullah nampak berdiskusi dengan Kapolda Sulsel Irjen Pol. Mas Guntur Laupe serta tokoh-tokoh Sulsel lainnya.
Untuk diketahui pula, di sepanjang jalan Hertasning Raya bertabur ucapan belasungkawa dari seluruh kalangan untuk Almarhum ZB Palaguna, hal tersebut merupakan bukti bila HZB Palaguna adalah sosok pemimpin yang baik bagi masyarakat Sulsel.
ADVERTISEMENT
Sementara itu Gubernur Sulawesi Selatan Mayjen TNI Purn H. Zainal Basri Palaguna (ZB Palaguna) menitipkan pesan khusus untuk Gubernur Sulsel, Prof. HM Nurdin Abdullah.
Almarhum HZB Palaguna sempat memberikan wejangan kepada Bupati Bantaeng Prof Nurdin Abdullah agar menjaga baik-baik amanah yang telah diberikan oleh seluruh masyarakat Sulawesi Selatan.
"Pokonya menjadi orang yang diberi amanah kerja dengan benar gitu aja pesan beliau, kerja dengan benar, jaga integritas, menjadi pemimpin itu harus punya karisma, dan karisma tidak datang begitu saja," ujar Prof Nurdin sapaan akrabnya.
Tokoh Sulsel, AGH Sanusi Baco dan Wagub Sulsel Andi Sudirman Sulaiman saat melayat dirumah duka Almarhum HZB Palaguna, (Makassar Indeks).
Prof. Nurdin mengaku, ketokohan dan wibawa HZB Palaguna membuat dirinya begitu kagum, terlebih memang Palaguna adalah pemimpin yang berjiwa besar. Olehnya itu, dirinya akan melepaskan secara langsung jenazah almarhum untuk dikebumikan di Kabupaten Bone yang merupakan tanah kelahirannya.
ADVERTISEMENT
"Saya termasuk pengagum beliau, saya akan melepas (Almarhum ZB Palaguna)," kata Prof Nurdin yang juga guru besar Fakultas Kehutanan Unhas Makassar.
Menurut Prof Nurdin, Almarhum ZB Palaguna merupakan sosok yang berjiwa besar dan selalu merendah, padahal beliau adalah Gubernur Sulsel dua periode.
"Kelihatan memang beliau itu sangat berjiwa besar dan termasuk sosok yang selalu merendah, itu contoh beliaukan harusnya masuk Makam Pahlawan, tapi beliau lebih memilih pulang ke kampung halaman berdekatan dengan orang tua beliau," pungkasnya.
Hadir dalam upacara pelepasan jenasah mantan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, Penjabat, Kapolda Sulsel Irjen Pol. Mas Guntur Laupe, (Pj) Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb, mantan Walikota Makassar Malik B Masri dan sejumlah tokoh Sulsel lainnya.
ADVERTISEMENT
Almarhum HZB Palaguna bakal dimakamkan disamping makam ayahnya, di Kabupaten Bone pemakaman mantan Gubernur Sulsel yang ke-5 ini dipimpin langsung oleh Pangdam XIV Hasanuddin Mayjend TNI Surawahadi.
Pemakaman secara mliiter ini juga digelar di makam keluarga HZB Palaguna di Dusun Larumange dan bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Dandim 1407 Bone Letkol Inf Mustamin.
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan