5 Rekomendasi Sunscreen untuk Bayi yang Aman dan Bagus

Konten dari Pengguna
20 Februari 2024 10:13 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi bayi pakai sunscreen. Foto: Onjira Leibe/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bayi pakai sunscreen. Foto: Onjira Leibe/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Tidak hanya orang dewasa, bayi juga membutuhkan sunscreen untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Suncreen juga dapat melembapkan kulit bayi sekaligus mencegah terkena kanker kulit akibat sinar ultraviolet (UV).
ADVERTISEMENT
Kadar SPF yang bisa digunakan oleh bayi yaitu 15, 30, dan 50 PA++. Suncreen tersebut bisa dioleskan di area punggung tangan, wajah, dan bagian atas kaki.
American Academy of Pediatrics (AAP) menyarankan untuk menggunakan sunscreen sedini mungkin, mulai dari usia 6 bulan ke atas. Pilihan produknya bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
Namun, disarankan untuk memilih produk yang mengandung bahan alami dan aman untuk kulit. Simak rekomendasi sunscreen untuk bayi selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Rekomendasi Sunscreen untuk Bayi

Ilustrasi Sunscreen Stick. Foto: Maria Rom/shutterstock
Sebenarnya, ada banyak produk sunscreen untuk bayi yang bisa Anda pilih. Simak rekomendasinya berikut ini:

1. Banana Boat Simply Protect Baby

Banana Boat Simply Protect Baby adalah salah satu pilihan sunscreen yang sangat direkomendasikan untuk bayi. Dengan SPF 50++, sunscreen ini memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar matahari saat bayi berada di luar ruangan.
ADVERTISEMENT
Formulanya yang aman tidak akan membuat kulit bayi menjadi kering. Kandungan glycerin di dalamnya membantu menjaga kelembapan kulit si kecil. Harganya mulai dari Rp160.000.

2. PureBB Sunblock

Sunblock dari PureBB juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi kulit bayi dari sinar matahari. Menurut klaimnya, sunscreen ini dapat melindungi hingga 4 jam.
Sunscreen PureBB Sunblock mengandung apricot kernel oil yang membantu melembapkan kulit dan berperan sebagai antioksidan.
Formulanya telah lulus uji klinis dan aman digunakan bahkan untuk kulit bayi yang sensitif. Produk ini dijual mulai dari harga Rp200.000
Ilustrasi bayi tidur. Foto: all_about_people/Shutterstock

3. Rohto Sunplay Baby Mild

Rohto Sunplay Baby Mild tidak hanya dapat digunakan untuk melindungi wajah bayi dari sinar matahari langsung, tetapi juga tubuh secara keseluruhan. Teksturnya yang ringan dan mudah menyerap membuatnya nyaman digunakan pada kulit bayi.
ADVERTISEMENT
Suncreen ini terbuat dari bahan alami seperti vitamin C, vitamin E, provitamin B5, dan chamomile oil yang dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan membuatnya tampak cerah.

4. Thinksport Kid's Safe Sunscreen SPF 50+

Thinksport sunscreen memiliki formula ringan dan tidak meninggalkan white cast pada kulit. Cocok untuk bayi, sunscreen ini terasa seperti memakai pelembap dan memberikan perlindungan maksimal. Harganya sekitar Rp290 ribu untuk ukuran 89 ml.

5. Neutrogena Pure & Baby Sunscreen SPF 50

Sunscreen dari Neutrogena direkomendasikan oleh dokter anak dan dermatolog karena ramah bagi kulit sensitif, terutama bayi. Formulanya ringan, anti air, tanpa pewangi tambahan, dan bebas dari kandungan paraben.
(MSD)