6 Rekomendasi Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak TK

Konten dari Pengguna
10 Maret 2023 9:28
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ada banyak rekomendasi kegiatan bulan Ramadhan untuk anak TK. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Tidak terasa sebentar lagi kita akan menyambut bulan suci Ramadan nih. Nah, Mama bisa mulai membiasakan anak untuk melakukan kegiatan bulan Ramadan untuk anak TK yang bernilai positif.
ADVERTISEMENT
Sebagai orang tua, penting untuk Mama merencanakan aktivitas yang bermanfaat untuk anak. Mengingat, sebagian besar anak berusia TK masih mulai belajar puasa. Bisa jadi mereka kebosanan atau tidak bersemangat saat mencoba menahan lapar dan haus berjam-jam.
Nah, maka dari itu, Mama perlu menyiapkan sejumlah aktivitas yang sekiranya bermanfaat dan bisa mengalihkan anak dari rasa lapar dan haus.
Lantas, kegiatan bulan Ramadan untuk anak TK yang bermanfaat tuh seperti apa ya? Yuk simak idenya di bawah ini!

Kegiatan Bulan Ramadhan untuk Anak TK

Salah satu kegiatan bulan Ramadhan untuk anak TK adalah salat berjamaah. Foto: Pexels.com
Saat bulan Ramadan tiba, Mama bisa mengajak anak Mama untuk melakukan aktivitas positif di samping nonton TV, tidur-tiduran, atau main game. Berikut beberapa ide kegiatan bulan Ramadhan untuk anak TK.
ADVERTISEMENT

1. Salat Berjamaah

Salat adalah salah satu ibadah wajib yang harus dilaksanakan umat Islam. Mama bisa mengajarkan anak untuk mulai menunaikan ibadah salat dengan mengajaknya untuk salat berjamaah saat bulan Ramadan nanti, agar ia mulai terbiasa dalam melaksanakan

2. Mengaji Bersama

Pada bulan Ramadan, Mama juga bisa mulai mengajarkan anak Mama untuk mengaji. Karena masih TK, Mama bisa mengajarkannya huruf hijaiah ataupun Iqra. Dengan begitu, ia akan mulai terbiasa dan memiliki keinginan untuk mengaji.

3. Mendengarkan Kisah Nabi dan Rasul

Ada banyak kisah Nabi dan Rasul yang sederhana, tetapi mempunyai pesan positif, Ma. Jadi, tidak ada salahnya untuk Mama membacakan anak Mama kisah-kisah tersebut.
Mama bisa menggunakan media buku, bacaan online, atau tanpa media apa pun. Pilih kisah yang kira-kira paling menarik dan disukai anak. Bacakan dengan wajah dan postur yang ekspresif agar ia tertarik ya, Ma.
ADVERTISEMENT

4. Menyiapkan Menu Buka Puasa Bersama

Menyiapkan takjil bersama adalah salah satu kegiatan bulan Ramadhan untuk anak TK yang positif. Foto: Pexels.com
Tidak ada salahnya lho mengajak anak untuk menyiapkan menu buka puasa bersama. Mama bisa memintanya untuk melakukan tugas sederhana, seperti mencuci sayuran, mengolah makanan, atau menghias kue.
Hal ini tentunya menyenangkan serta membuat anak banyak belajar dalam mengerjakan tugas rumahan yang sederhana. Jadi, jangan ragu untuk mengajaknya memasak bersama ya, Ma.

5. Berburu Takjil

Pilihan kegiatan bulan Ramadhan lainnya adalah berburu takjil. Kegiatan ini tentunya sangat seru dan menyenangkan buat anak, Ma.
Pasalnya, kalian akan berburu makanan dan minuman yang enak dan membuatnya semakin bersemangat. Ini juga bisa menjadi pilihan aktivitas ngabuburit yang menyenangkan.

6. Menyantuni Anak Yatim

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh kemuliaan. Mama bisa menjadikan momen ini untuk menyantuni anak yatim piatu di panti asuhan.
ADVERTISEMENT
Ajak anak untuk menyiapkan bingkisan yang akan dibagikan. Hal ini akan membantu anak tumbuh menjadi anak yang pengasih dan suka untuk berbagi.
Nah, itulah beberapa ide kegiatan bulan Ramadhan untuk anak TK yang bermanfaat dan bernilai positif. Mama bisa melakukan kegiatan di atas agar anak semakin bersemangat dalam menjalani ibadah puasa.
(SAI)