Kapan Jadwal Berhubungan Agar Cepat Hamil?

Konten dari Pengguna
14 Desember 2022 13:56 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi jadwal berhubungan agar cepat hamil. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi jadwal berhubungan agar cepat hamil. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memiliki anak merupakan hal yang paling dinantikan pasangan suami istri ya, Ma. Kendati demikian, beberapa perempuan membutuhkan waktu lebih lama untuk hadirnya buah hati. Nah, salah satu cara yang bisa Mama-mama lakukan agar cepat hamil adalah dengan mengatur jadwal berhubungan seksual.
ADVERTISEMENT
Jadi, pada setiap bulan, Mama mempunyai setidaknya 5 hari masa subur. Pada periode ini, hubungan seksual yang dilakukan lebih berpeluang untuk mencapai kehamilan. Mengutip Very Well Family, ovulasi biasanya terjadi sekitar hari ke-12 hingga 14 dari siklus 28 hari.
Namun, setiap perempuan pastinya memiliki siklus yang bervariasi. Jika Mama memiliki siklus yang lebih pendek, maka masa subur biasanya terjadi pada hari ke-8 dan 9.
Tetapi, jika siklus Mama lebih panjang, maka masa subur akan terjadi di hari ke-19 dan 20. Berhubungan intim saat ovulasi meningkatkan kemungkinan Mama-mama hamil lebih besar, lho.
Mama-mama dapat mengetahui masa ovulasi dengan bantuan kalender atau aplikasi untuk menghitung siklus dari menstruasi. Satu siklus dihitung dari hari pertama menstruasi, dan berhenti pada hari terakhir sebelum menstruasi berikutnya dimulai.
ADVERTISEMENT

Jadwal Berhubungan Intim Agar Cepat Hamil

Ilustrasi jadwal berhubungan agar cepat hamil. Foto: Pexels
Selain mengatur jadwal yang tepat, Mama perlu memperhatikan frekuensi berhubungan seksual agar cepat hamil. Mengutip laman Fertility dan Sterility, sperma akan lebih berkualitas jika dikumpulkan dalam waktu 2-3 hari tanpa berhubungan seks.
Studi menjelaskan bahwa pembuahan akan lebih sukses pada pasangan yang berhubungan setiap 1-2 hari. Bercinta sehari atau 2 hari sekali selama periode ovulasi akan meningkatkan kesempatan hamil. Pada periode tersebut, Mama-mama dapat mengusahakan untuk lebih sering berhubungan intim, ya.
Tetapi, jangan sampai jadwal berhubungan intim membuat Mama atau Papa menjadi stres juga. Masalahnya, jika stres, sperma yang dihasilkan pun menjadi kurang berkualitas dan peluang untuk cepat hamil menjadi berkurang.

Hindari Ini untuk Meningkatkan Peluang Kehamilan

Ilustrasi jadwal berhubungan agar cepat hamil. Foto: Pexels
Masih dari sumber yang sama, selain menerapkan cara-cara yang telah disebutkan, Mama-mama juga dapat mengikuti tips penting berikut ini untuk meningkatkan kualitas kesuburan, antara lain:
ADVERTISEMENT

1. Hindari Merokok

Tembakau memiliki banyak sekali efek negatif pada kesuburan. Rokok meningkatkan risiko infertilitas dan keguguran serta mengurangi kualitas sperma. Duh, bahaya sekali efeknya! Mama harus pastikan menghindari merokok, ya.

2. Hindari Minum Alkohol

Sama dengan merokok, minum alkohol juga dapat menyebabkan penurunan kesuburan. Jika Mama sedang dalam program hamil, harus jauh-jauh dengan yang namanya alkohol.

3. Batasi Kafein

Bagi Mama yang gemar sekali minum kopi dan sejenisnya, sepertinya harus menghindari dulu nih untuk mengonsumsi minuman berkafein tersebut. Nyatanya, mengonsumsi lebih dari 5 gelas kopi sehari dapat menurunkan tingkat kesuburan, loh.
(ANS)