Mom
·
10 Juni 2021 18:52
·
waktu baca 3 menit

Perkembangan Bayi 2 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja Ya?

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Perkembangan Bayi 2 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja Ya? (238479)
Ilustrasi perkembangan bayi 2 bulan (Sumber : Freepik)
Perkembangan bayi 2 bulan sudah semakin pesat. Penglihatan dan pendengaran si kecil di usia ini mulai semakin berkembang. Apalagi buat Mama-Mama yang baru saja memiliki bayi, pasti udah enggak sabar kan melihat setiap tumbuh kembangnya. Gemas banget ya!
ADVERTISEMENT
Kenapa sih Ma, kita perlu mengetahui setiap tahap perkembangan si kecil? Dengan mengetahui perkembangan apa saja yang dilalui bayi sesuai usianya, akan lebih mudah untuk kamu memberikan stimulasi yang tepat selama tumbuh kembangnya.
Poin apa saja sih yang penting dalam perkembangan bayi 2 bulan? Cek di sini ya Ma buat penjelasan lengkapnya!

Pertumbuhan Bayi Usia 2 Bulan

Perkembangan Bayi 2 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja Ya? (238480)
Ilustrasi perkembangan bayi 2 bulan (Sumber : Freepik)
1. Ukuran Fisiknya Semakin Bertambah
Saat memasuki usia 2 bulan biasanya akan ada pertambahan berat badan badan bayi. Umumnya berat badan bayi naik sekitar 2 sampai 4 kilogram dari berat lahir. Panjang badannya pun bertambah 2,5 – 5 sentimeter. Lalu lingkar kepalanya bertambah kurang lebih hingga 4 sentimeter.
2. Tubuh Bayi yang Semakin Berisi
ADVERTISEMENT
Kalau melihat bayi yang baru lahir, biasanya tubuhnya masih sangat kecil dan mungil ya, Ma. Berbeda halnya ketika bayi memasuki usia 2 bulan. Badannya akan terlihat semakin montok dan berisi, utamanya di bagian pipi, lengan atas, dan paha. Kalau begini rasanya kita semakin gemas dan ingin nyubit terus deh bawaannya.

Perkembangan Kognitif Bayi 2 Bulan

1. Bayi Mulai Bisa Diajak “Ngobrol”
Bukan berarti pada saat ini bayi sudah mulai bisa berbicara ya Ma, hehehe. Maksudnya di sini si kecil sudah menunjukkan upaya untuk ‘mengajak ngobrol’ Mama-Mama sekadar dengan senyuman ataupun lewat cara bergumam. Perkembangan bayi 2 bulan juga terihat bayi sudah lebih sering tersenyum dibandingkan sebelumnya.
Kamu bisa mulai memberikan respon dengan cara tersenyum juga ya Ma. Nantinya hal ini juga dapat berpengaruh positif terhadap perkembangan sosialnya.
ADVERTISEMENT
2. Mulai Bisa Mengenali Objek
Pada usia 2 bulan bayi sudah mulai mengenali wajah maupun objek yang ada di sekitarnya. Indera penglihatannya perlahan mulai bekerja maksimal, sehingga si kecil juga sudah bisa melihat objek dari jarak yang cukup jauh. Karena penglihatannya semakin berkembang, bayi juga semakin tertarik melihat benda yang memiliki corak atau warna yang terang.
Selain itu di usia ini, bayi pun mulai mengenali suara-suara yang berasal dari orang-orang terdekatnya, contohnya suara ayah dan ibunya. Saat mendengar suara yang sering didengarnya itu, bayi akan menoleh sebagai bentuk respon darinya.

Perkembangan Motorik Bayi 2 Bulan

1. Gerakan Bayi Mulai Bervariasi
Karena tubuh bayi semakin kuat, di usia 2 bulan ini bayi mulai bisa lebih banyak bergerak. Si kecil mulai bisa mengangkat kepalanya lebih tinggi dan akan sering menoleh ke arah orang-orang yang dikenalnya. Saat menyusui, bayi juga sudah mulai bisa menggapai atau menggenggam tangan Mama-Mama.
ADVERTISEMENT
2. Mulai Bisa Memiringkan Tubuh
Perkembangan Bayi 2 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Apa Saja Ya? (238481)
Ilustrasi perkembangan bayi 2 bulan (Sumber : Freepik)
Bayi yang baru lahir biasanya akan lebih banyak diam di atas kasur. Kalau memasuki usia 2 bulan, bayi sudah mulai menunjukkan kemampuannya memiringkan badan ke kanan dan ke kiri. Nah ini saatnya Mama-Mama lebih antisipasi lagi ya terhadap pergerakan bayi. Jangan sampai si kecil lepas dari pengawasanmu supaya tetap aman.
Setiap bayi merupakan individu yang unik. Jangan khawatir ketika bayi belum mencapainya pada tahap perkembangan ini. Ingat ya Ma, setiap bayi memiliki potensi dan ia juga bisa mencapai setiap tahap perkembangan tidak lama lagi. Selamat menikmati setiap tumbuh kembang si kecil ya, Ma.
(AN)