Mom
·
11 Juni 2021 10:24
·
waktu baca 3 menit

Perkembangan Bayi 4 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Diajak 'Ngobrol' Nih

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Perkembangan Bayi 4 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Diajak 'Ngobrol' Nih (18536)
Ilustrasi perkembangan bayi 4 bulan (sumber : Freepik)
Perkembangan bayi 4 bulan tidak hanya terlihat dari fisiknya tapi juga bayi sudah mulai dapat mengekspresikan diri. Hal ini tentunya membuat Mama-Mama semakin terkagum-kagum dan bikin gemas ya.
ADVERTISEMENT
Ya, di usia 4 bulan, berat badan serta panjang bayi sudah bertambah dua kali lipat dibandingkan saat baru dilahirkan. Umumnya bayi laki-laki berat badannya berada di angka 5,6-8,6 kilogram dengan panjang sekitar 60-67,8 centimeter. Sementara itu, bayi perempuan memiliki berat badan kira-kira 5,1-8,1 kilogram dengan panjang 58-66,2 centimeter.
Bila berbicara soal perkembangan, di usia ini, bayi sudah mulai berceloteh satu atau dua patah kata seperti ‘ma-ma’ atau ‘ba-ba’. Si kecil juga semakin senang bereksplorasi dengan benda atau apa pun yang ada di lingkungan sekitarnya.
Terus, apa lagi sih perkembangan bayi 4 bulan secara detailnya? Yuk kita simak bareng-bareng. Biar kamu juga bisa memberikan stimulasi yang tepat agar tumbuh kembang anak semakin optimal.
ADVERTISEMENT

Perkembangan Bayi 4 Bulan

1. Perkembangan Motorik
Gerakan koordinasi bayi pada usia 4 bulan juga semakin baik dibandingkan sebelumnya. Dari segi koordinasi tangan, bayi sudah mampu meraih benda yang menarik perhatiannya. Misalnya nih, ketika si kecil disodorkan beberapa mainan oleh kamu, dia sudah mampu mengambil atau memilih mainan yang dapat menarik perhatiannya.
Kemudian indera penglihatannya juga semakin maksimal pada usia ini. Bayi sudah mulai bisa mengikuti pergerakan benda atau orang-orang yang ada di sekitarnya.
Selain itu, bayi usia 4 bulan sudah mampu menggulingkan badan dari posisi terlentang ke tengkurap, juga sebaliknya. Malahan dia juga sudah bisa mulai duduk namun harus tetap dibantu oleh orang dewasa ya.
Wah, perkembangan bayi 4 bulan dari segi motoriknya sudah cukup aktif ya, Ma. Pastikan kamu juga terus mengawasi setiap gerakannya dan memberikan tumpuan pengaman, seperti bantal biar bayi tidak terjatuh.
ADVERTISEMENT
2. Perkembangan Sosial
Perkembangan Bayi 4 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Diajak 'Ngobrol' Nih (18537)
Ilustrasi perkembangan bayi 4 bulan (sumber : Freepik)
Hal yang bisa bikin Mama-Mama semakin senang dan gemas di perkembangan usia 4 bulan ini adalah, bayi semakin banyak tersenyum secara spontan apalagi terhadap hal-hal yang menarik perhatiannya.
Bayi juga sudah mampu menirukan ekspresi wajah orang dewasa. Contohnya kalau kamu memasang mimik muka cemberut, nantinya si kecil juga mulai bisa menirukannya. Begitu pula ketika Mama-Mama tersenyum, bayi pun bisa ikut tersenyum.
Di usia ini bisa dibilang bayi mulai memasuki masa senang bermain dengan orang dewasa. Tapi ketika permainannya itu berhenti, si kecil bisa langsung meresponnya dengan tangisan. Seperti memang maunya diajak main terus begitu, Ma.
Mama-Mama juga dapat semakin bisa membedakan kebutuhan bayi. Meski komunikasi bayi masih melalui tangisan, tapi suara tangisannya terdengar berbeda, misalnya ketika lapar, ingin ganti popok, ingin diajak bermain, dan lain-lainnya.
ADVERTISEMENT
3. Perkembangan Bahasa
Perkembangan Bayi 4 Bulan, Si Kecil Sudah Bisa Diajak 'Ngobrol' Nih (18538)
Ilustrasi perkembangan bayi 4 bulan (sumber : Freepik)
Ini nih yang bikin perkembangan bayi 4 bulan menjadi istimewa, yaitu bayi sudah mulai dapat berceloteh dan menirukan suara dari orang-orang terdekatnya yang dia dengar.
Biasanya yang terucap adalah satu atau dua patah kata seperti, ‘ma-ma’ atau ‘ba-ba’. Vokal A menjadi huruf yang umum diucapkan bayi ketika dia sudah mulai belajar berceloteh.
Buat semakin menstimulasi perkembangannya ini, Mama-Mama bisa mulai juga mengajaknya ‘ngobrol’. Ketika orang tua merespons si kecil, maka bayi pun akan semakin berusaha buat mengucapkan kata-kata yang lebih banyak.
Oh iya, kamu juga bisa mulai membacakan cerita atau dongeng kepada bayi. Agar semakin menambah kosa kata yang dimilikinya.
Di usia 4 bulan, semakin banyak hal menarik dari perkembangan bayi yang kita temukan ya, Ma. Selain sudah bisa diajak ‘ngobrol’, bayi juga sudah mulai menunjukkan minatnya terhadap lingkungan sekitar. Semakin gemas kan ya. Jangan lupa buat tetap mengawasi setiap tumbuh kembangnya ya, Ma.
ADVERTISEMENT
(AN)