Mom
·
11 Juni 2021 11:17
·
waktu baca 3 menit

Perkembangan Bayi 5 Bulan: Semakin Aktif dan Banyak Gerak

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Perkembangan Bayi 5 Bulan: Semakin Aktif dan Banyak Gerak (332240)
Ilustrasi perkembangan bayi 5 bulan (Sumber : Freepik)
Perkembangan bayi 5 bulan semakin banyak tentunya ya, Ma. Sebagai orang tua pastinya senang banget melihat tumbuh kembang anaknya dari mulai lahir hingga sekarang.
ADVERTISEMENT
Fisik bayi usia 5 bulan akan bertambah dibandingkan dengan sebelumnya. Bayi 5 bulan berjenis kelamin laki-laki biasanya memiliki berat 6-9,2 kilogram dengan panjang 62-70 centimeter, sedangkan bayi perempuan memiliki bobot 5,5-8,7 kilogram serta panjang 60-68 cm. Artinya bayi laki-laki masih cenderung memiliki panjang badan yang lebih ya dibandingkan dengan bayi perempuan.
Kalau dulu ketika bayi baru dilahirkan, dia hanya bisa tertidur dan menangis. Sekarang gerakannya sudah semakin aktif. Sudah mulai dapat memiringkan badan dan sedikit-sedikit sudah bisa berceloteh juga ya. Pasti Mama-Mama bahagia banget deh melihatnya.
Perkembangan bayi 5 bulan bisa dibilang sebagai masa transisi nih, Ma. Soalnya satu bulan lagi si kecil akan belajar buat makan makanan padat pertamanya. Di usia ini bayi juga mulai belajar tengkurap. Wah, artinya Mama-Mama harus siap-siap punya ruang gerak yang cukup ya. Dan artinya kamu juga harus lebih menyiapkan tenaga, karena si bayi bakal jadi makin aktif, hehehe.
ADVERTISEMENT
Apa saja sih yang terlihat meningkat di perkembangan bayi usia 5 bulan ini? Berikut penjelasan lengkapnya!

Perkembangan Bayi 5 Bulan

1. Pertumbuhan Fisik
Perkembangan Bayi 5 Bulan: Semakin Aktif dan Banyak Gerak (332241)
Ilustrasi perkembangan bayi 5 bulan (Sumber : Freepik)
1. Perkembangan Bahasa
Kalau di usia 4 bulan bayi sudah mulai bercoloteh. Pada bayi usia 5 bulan, ocehannya akan terdengar lebih sering. Bahkan beberapa bayi sudah bisa menggabungkan satu patah kata dengan kata lainnya. Meski kita juga sering kali masih kebingungan ya dia sedang berbicara apa, hehehe.
Tapi Mama-Mama harus tetap merespon ocehannya ya. Soalnya itu baik bagi stimulasi perkembangannya.
Si kecil juga sudah mulai terbiasa dengan suara-suara yang ada di sekitarnya. Kalau beberapa bulan sebelumnya, beberapa suara yang dianggap keras atau nyaring dapat mengganggunya bahkan hingga menangis. Kalau di usia 5 bulan, bayi malah bisa menoleh atau tertarik pada sumber suara tersebut.
ADVERTISEMENT
2. Perkembangan Motorik
Kemampuan motorik bayi mengalami peningkatan yang cukup pesat di usia 5 bulan ini. Umumnya bayi sudah mulai bisa berguling dari telentang ke posisi tengkurap, begitu juga sebaliknya.
Selain sudah bisa meraih benda yang dekat dengan jangakauannya, si kecil juga mulai belajar memindahkannya dari satu tangan ke tangan yang lainnya. Kemudian di usia ini Mama-Mama harus siap-siap melihat bayi yang mulai senang melempar atau menarik benda-benda di sekitarnya. Jadi sebaiknya pindahkan dulu ya barang-barang yang dirasa dapat berbahaya bagi si kecil ya. Takutnya nanti malah dilempar atau ditarik-tarik olehnya.
3. Perkembangan Sosial
Perkembangan Bayi 5 Bulan: Semakin Aktif dan Banyak Gerak (332242)
Ilustrasi perkembangan bayi 5 bulan (Sumber : Freepik)
Waktu anak Mama usianya memasuki 5 bulan, Mama ingat, dia sudah mulai menyadari loh kalau kita memanggil namanya. Terus kalau sudah dipanggil namanya, biasanya dia akan lanjut menoleh ke arah kita.
ADVERTISEMENT
Selain menangis, tertawa, serta tersenyum, di usia ini bayi semakin mulai sering menjerit kalau ada sesuatu hal yang tidak sesuai dengan keinginan dia. Ini terjadi karena seluruh indera yang ada pada tubuhnya mulai bekerja secara sempurna.
Tak heran, si kecil sudah mulai memperlihatkan respons yang berbeda-beda sesuai dengan suasana hatinya, misalnya senang ketika ada yang mengajak si bayi ngobrol, atau lelah karena sudah mengantuk, sampai ketika rewel ingin digendong.
Tidak hanya lebih sering menjerit atau menangis, bayi di usia 5 bulan juga jadi lebih sering tertawa. Apalagi kalau dia melihat ekspresi atau sesuatu yang dianggapnya lucu. Kalau seperti ini otomatis kita sebagai orang tua jadi makin gemas kan ya, Ma.
ADVERTISEMENT
Nah itulah perkembangan bayi 5 bulan yang perlu Mama-Mama ketahui. Bayi jadi semakin aktif, artinya kamu juga harus makin siaga ya buat mengawasi tumbuh kembangnya. Tetap berikan stimulus yang menyenangkan biar perkembangan selanjutnya semakin optimal ya, Ma.
(AN)