Yakult untuk Ibu Hamil, Boleh Dikonsumsi Enggak Ya?

Konten dari Pengguna
15 Mei 2022 13:05
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Mama Rempong tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Yakult untuk Ibu Hamil, Boleh Dikonsumsi Enggak Ya? (263367)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Yakult untuk ibu hamil (sumber: Pexels)
Seorang sepupu Mama yang sedang hamil muda sempat bertanya nih, apakah Yakult untuk ibu hamil aman dikonsumsi? Mama tahu banget nih, sepupu Mama tersebut memang dari dulu sering minum Yakult.
ADVERTISEMENT
Kita semua sudah enggak asing lagi dengan Yakult ya, Ma? Iya benar, Yakult menjadi salah satu minuman probiotik yang sudah terkenal banget. Citarasa Yakult juga unik, mirip yoghurt tapi lebih manis dan segar juga. Makanya minuman ini banyak disukai oleh banyak orang.
Yakult rupanya terbuat dari fermentasi susu skim dan gula dengan terdapat bakteri Lactobacillus casei di dalamnya.
Perlu Mama-Mama ketahui bahwa Lactobacillus casei sendiri merupakan bakteri baik yang banyak membawa kesehatan bagi tubuh. Mulai dari melancarkan pencernaan, mencegah infeksi serta kanker, menyeimbangkan microbiota usus, serta baik buat pembentukan sistem kekebalan tubuh.
Enggak heran kalau Yakult atau minuman probiotik sejenis ini diminati oleh masyarakat, karena mampu menjaga kesehatan. Akan tetapi, kalau untuk ibu hamil tentunya kita bakalan lebih menjaga setiap asupan makanan, ya. Soalnya apa pun yang kita konsumsi nantinya bakal berpengaruh pada kondisi janin.
ADVERTISEMENT
Pertanyaannya sekarang, Yakult untuk ibu hamil aman enggak sih untuk dikonsumsi? Mungkin banyak Mama-Mama di sini juga yang penasaran seperti sepupu Mama tadi mengenai hal ini.
Nah, berikut adalah penjelasannya yang telah Mama rangkum dari berbagai sumber. Simak di sini, ya!

Yakult untuk Ibu Hamil

Yakult untuk Ibu Hamil, Boleh Dikonsumsi Enggak Ya? (263368)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Yakult untuk ibu hamil (sumber: Pexels)
Seperti yang telah tadi Mama jelaskan sebelumnya, Yakult merupakan minuman dengan mengandung probiotik di dalamnya. Tapi sebenarnya, kamu sudah mengetahui belum apa yang dimaksud dengan probiotik?
Kalau yang Mama baca dari laman Baby Centre, probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang sebagian besar adalah bakteri yang terdapat di dalam usus. Probiotik sering juga disebut dengan bakteri baik, sebab dapat menyeimbangkan bakteri jahat di dalam usus.
Sebenarnya probiotik ini terdapat secara alami pada kandungan makanan, sebut saja pada yoghurt, susu kedelai, maupun tempe. Tapi salah satu jenis minuman yang terkenal mengandung probiotik yang sering kamu temukan, apalagi kalau bukan Yakult.
ADVERTISEMENT
Yakult ini mudah banget ya ditemukan di pasaran. Rasanya juga unik, yaitu mirip seperti yoghurt tapi lebih encer dan manis. Kemasannya juga praktis buat sekali minum. Makanya enggak heran deh kalau Yakult ini banyak digemari oleh banyak orang.
Kabar baiknya, bagi Mama-Mama yang sedang hamil, bisa kok mengonsumsi Yakult maupun minuman probiotik lainnya.
Yakult untuk Ibu Hamil, Boleh Dikonsumsi Enggak Ya? (263369)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Yakult untuk ibu hamil (sumber: Pexels)
Meski begitu, menurut laman American Pregnancy, penelitian mengenai penggunaan probiotik saat hamil masih terbatas. Tapi sejauh ini belum ada hubungannya antara probiotik dengan risiko keguguran maupun komplikasi lainnya yang mungkin terjadi selama kehamilan. Jadi, sejauh ini belum ada efek yang berbahaya kalau bumil mengonsumsi Yakult.
Biarpun sudah dipastikan aman, ada hal yang perlu Mama-Mama ketahui dulu sebelum mengonsumsi Yakult saat hamil. Sebaiknya kamu tetap mengonsumsi Yakult dengan takaran yang pas, ya. Jangan sampai melebihi dosis yang dianjurkan setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Kalau dikonsumsi secara tepat, tentunya Yakult ini akan memberikan berbagai manfaat untuk bumil. Dilansir laman Made for Mums, minuman probiotik seperti Yakult memiliki manfaat yang baik buat kesehatan usus.
Tak hanya itu, probiotik juga bermanfaat guna mengurangi risiko infeksi vagina serta meningkatkan bakteri baik di dalam vagina. Sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi yang berbahaya pada miss V.
Mengonsumsi minuman probiotik bisa menurunkan risiko preeklamsia dan menjaga tekanan darah tetap stabil selama kehamilan. Seperti diketahui, dampak dari preeklamsia untuk ibu hamil enggak main-main. Soalnya bisa menyebabkan berbagai komplikasi kehamilan, hingga bayi lahir prematur.
Nah, kalau dikonsumsi secara berlebihan, Yakult justru bisa menyebabkan perut kembung sampai risiko alergi. Terlebih untuk Mama-Mama yang memang memiliki intoleransi terhadap laktosa.
ADVERTISEMENT
Itulah dia penjelasan apakah Yakult untuk ibu hamil aman buat dikonsumsi? Jawabannya adalah masih aman, namun harus tetap sesuai dengan dosis yang dianjurkan, ya.
Kalau kamu masih ragu, Mama-Mama juga bisa berkonsultasi dulu dengan dokter kandungan mengenai makanan atau minuman apa saja yang aman dikonsumsi selama kehamilan.
Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya, Ma!
(AN)
Apa manfaat Yakult untuk ibu hamil?
chevron-down
Apakah wanita hamil Boleh minum Yakult?
chevron-down
Apa yang terjadi jika kita minum Yakult terlalu banyak?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020