Status Awas Gunung Ruang Turun Jadi Siaga, Jarak Aman Aktivitas di 4 Kilometer

Konten Media Partner
13 Mei 2024 18:21 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.
zoom-in-whitePerbesar
Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
SITARO - Status Gunung Ruang yang sebelumnya ada di Level IV Awas, terhitung Senin (13/5), turun menjadi Level III Siaga. Keputusan ini diambil berdasarkan hasil pemantauan visual dan instrumental yang menunjukkan terjadinya penurunan aktivitas vulkanik pada Gunung Ruang, di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara (Sulut).
ADVERTISEMENT
Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Hendra Gunawan, mengatakan pada tingkat aktivitas Gunung Ruang di Level III (Siaga), jarak aman untuk beraktivitas direkomendasikan berada di radius 4 kilometer dari pusat kawah aktif.
Menurut Hendra, masyarakat diminta untuk tetap tidak terpancing dengan isu-isu yang tidak benar tentang erupsi Gunung Ruang. Menurutnya, informasi perkembangan aktivitas Gunung Ruang bisa diikuti melalui aplikasi MAGMA Indonesia atau melalui website https://magma esdm.go.id.
"Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ruang atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung," ujarnya.
"Tingkat aktivitas Gunung Ruang akan dievaluasi kembali secara berkala, maupun jika terjadi perubahan aktivitas yang signifikan. Tingkat aktivitas dianggap tetap jika evaluasi berikutnya belum dikeluarkan," katanya kembali.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, data Posko Terpadu Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Ruang di Desa Apengsala, jumlah pengungsi yang telah di evakuasi 5.335 Jiwa. Dan yang masih bertahan di Tagulandang sebanyak 3.469 Jiwa.
franky salindeho