kumparan
31 Jan 2019 19:07 WIB

3 Skandal Pendidikan Selebriti Korea Selatan

Tablo dan Jung Yong Hwa. (Foto: YG Entertainment, FNC Entertainment)
Upaya para selebriti Korea Selatan dalam mengejar dan mempertahankan gelar pendidikannya tidak selalu mulus. Ada di antara mereka yang gelar pendidikannya diragukan oleh para haters, ada juga yang dituduh telah mendapatkan perlakuan khusus.
ADVERTISEMENT
Misalnya, seperti yang terjadi dalam ketiga skandal ini. Dalam story ini, kumparanK-Pop merangkum singkat tiga skandal yang pernah melibatkan status pendidikan selebriti Korea Selatan.
1. Tuduhan terhadap Tablo oleh Tajinyo
Tablo 'Epik High' (Foto: Facebook @ygtablo)
Kasus yang menimpa Tablo Epik High adalah salah satu skandal terkait pendidikan selebriti yang paling terkenal di Korea Selatan.
Tablo, pria yang juga dikenal dengan nama Daniel Armand Lee, merupakan lulusan Stanford University. Ia memiliki gelar S1 di bidang literatur dan gelar S2 di jurusan Bahasa Inggris dan Penulisan Kreatif (English and Creative Writing).
Namun, para haters yang tergabung dalam kelompok bernama Tajinyo tidak mempercayai hal tersebut. Mereka berusaha menjatuhkan sang rapper, yang berimbas pada gosip miring hingga ancaman kematian terhadap Tablo dan keluarganya.
ADVERTISEMENT
Setelah melalui serangkaian proses penyelidikan, Tablo akhirnya bisa membuktikan bahwa gelar akademisnya sah. Tajinyo pun dinyatakan bersalah dan pria di balik ujaran kebencian untuk Tablo ditangkap. Meski begitu, Tablo dan keluarganya sudah terlanjur menderita karena masalah ini.
2. Tuduhan nepotisme terhadap Yonghwa CNBLUE
Jung Yonghwa CNBlue (Foto: Facebook @CNBLUEOfficial)
Pada Januari 2018, penyanyi terkenal, Yonghwa CNBLUE, menjadi sorotan publik. Sebab, pelantun 'Hey You' ini diduga telah mengambil jalur ilegal untuk dapat menempuh pendidikan S3 di Universitas Kyunghee.
Meski yakin bahwa artisnya tidak melakukan kesalahan, FNC Entertainment selaku agensi Yonghwa sempat merilis meminta maaf atas kejadian ini. Yonghwa juga telah melakukan hal serupa, sebelum akhirnya pergi menjalankan wajib militer pada Maret 2018.
Nama Yonghwa akhirnya bersih dari tuduhan pada Oktober 2018. FNC menyampaikan, kejaksaan sudah menangguhkan tuntutan hukum terhadap Yonghwa dan vokalis CNBLUE itu dinyatakan tidak bersalah.
ADVERTISEMENT
3. Skandal akademis BTOB & Highlight
Dongshin University Buka Suara soal Pembatalan Gelar BTOB & Highlight (Foto: Berbagai sumber)
Pada Januari 2019, fans dikejutkan dengan dicabutnya gelar akademis enam orang idola K-Pop. Mereka adalah Eunkwang dan Sungjae dari grup idola BTOB, Gikwang, Doojoon, dan Junhyung Highlight, serta Jang Hyungseung eks BEAST.
Keputusan untuk mencabut gelar akademis ini diambil oleh pemerintah Korea Selatan, setelah mereka mengadakan inspeksi terhadap kampus para idola tersebut, yaitu Dongshin University.
Awalnya, keenam artis idola ini bersekolah di Dongshin University dengan pemahaman bahwa ada kebijakan yang menghitung kegiatan siaran sebagai pengganti absen perkuliahan. Namun, kebijakan ini dianggap tidak valid karena tak tertuang dalam peraturan manapun.
Setelah keputusan ini diambil oleh pemerintah, Dongshin University mengatakan akan mengusahakan yang terbaik untuk tidak merugikan para alumninya. Namun, pada akhirnya, tidak ada pembatalan terhadap keputusan tersebut.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, pada Agustus 2018, Dongshin University dan Around Us Entertainment mengatakan bahwa Highlight tidak melakukan pelanggaran apapun.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan