Menghijaukan Pekarangan, Menyehatkan Keluarga

Mayla Gita
Mahasiswi program studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Konten dari Pengguna
16 Februari 2024 15:47 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mayla Gita tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pembagian tanaman obat kepada warga Padukuhan Wonosari
zoom-in-whitePerbesar
Pembagian tanaman obat kepada warga Padukuhan Wonosari
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Di tengah hiruk pikuk kehidupan modern, kesehatan menjadi hal yang kian berharga. Tak heran, banyak orang mulai beralih ke pengobatan tradisional dengan memanfaatkan tanaman obat keluaraga atau biasa di singkat toga. Melihat potensi ini, kami mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta mengangkat tema kesehatan pada tanaman obat keluarga dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Padukuhan Wonosari, Desa Semoyo, Patuk, Gunungkidul.
ADVERTISEMENT
Menanam Toga, Merawat Kesehatan
Kelompok KKN UMY ini berfokus pada edukasi dan pendampingan masyarakat dalam pemanfaatan toga. Kami memulai dengan membagikan bibit tanaman toga kepada warga, seperti sirih, legundi, gandarusa, dandang gendis, yodium, cakar ayam, patang tulang, karuk, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, kami juga melakukan penyuluhan tentang manfaat toga, cara menanam, dan mebgolahnya menjadi obat tradisional.
Antusiasme Tinggi dari Masyarakat
Anstusiasme warga terhadap program ini sangat tinggi. Mereka antusias menerima toga dan mulai menanam toga di pekarangan rumah masing - masing. Ibu Enni, salah satu warga, mengungkapkan rasa senangnya dengan program ini. “Sekarang, saya tidak perlu repot - repot ke pasar untuk membeli obat herbal. Cukup petik dari pekarangan rumah,” tuturnya.
Antusias warga dalam penerimaan toga
Dampak Positif KKN Tematik TOGA
ADVERTISEMENT
Program KKN ini membawa dampak positif bagi masyarakat padukuhan Wonosari. Selain meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang manfaat toga, program ini juga membantu meningkatkan kesehatan keluarga. Tak hanya itu, program ini juga membantu menghijaukan pekarangan rumah dan mnciptakan lingkungan yang lebih asri.
Penyuluhan serta pembagian toga kepada warga
Harapan untuk Masa Depan
Kami, KKN UMY berharap program jni dapat berkelanjutan dan memberikan manfaat jangka panjang bagi masyarakat padukuhan Wonosari. Kami juga berharap program ini dapat menjadi aspirasi bagi desa - desa lain untuk mengoptimalkan portensi toga dalam menjaga kesehatan keluarga dan lingkungan.
ADVERTISEMENT