News
·
20 September 2019 23:33

Moms Mingle : Tips Sehatnya Fisik dan Finansial Keluarga

Konten ini diproduksi oleh Meilia Wuryantati
Moms Mingle : Tips Sehatnya Fisik dan Finansial Keluarga (451355)
Idealnya, sebuah keluarga yang bahagia, terbentuk dari sehatnya fisik anggota keluarga dan sehat finansialnya. Namun tidak semua keluarga bisa merasakannya. Termasuk juga aku. Sebagai ibu rumah tangga dengan dua ( 2) orang putra, tentunya saya pun berkeinginan agar setiap bulan masih ada sisa dari gaji yang diberikan suami untuk bisa ditabung atau investasi. Tetapi yang terjadi sebaliknya. Aku sering kali kesulitan mengelola keuangan rumah tangga. Seolah tanggal dalam kalender inginnya tanggal muda terus. Sudah di kalkulasi sana-sini tetap saja selalu bingung diakhir bulan.
ADVERTISEMENT
Banyaknya hal-hal tidak terduga dalam kebutuhan rumah tangga seperti undangan pernikahan dan sunatan misalnya. Belum mendadak anak atau anggota keluarga yang lain yang tiba-tiba sakit dan membutuhkan biaya. Inilah yang kadang melenceng dari rencana kebutuhan yang sudah diperhitungkan sebelumnya.
Bagaimana mau merencanakan liburan, bila untuk hal-hal penting dalam keluarga dan wajib saja kita sudah keteteran mengelolanya. Padahal idealnya setiap bulannya, moms harus bisa membagikan keuangan pada setiap pos pengeluaran yang tepat dari penghasilan setiap bulannya.
Ternyata pengetahuan tentang finansial keluarga tidak semudah dalam prakteknya. Begitu juga dengan kesehatan fisik semua anggota keluarga. Disinilah peran seorang Mom sangatlah diperlukan. Jadi, ibu rumah itu tangga tetap harus produktif yah moms.
ADVERTISEMENT
Bagaimana cara untuk mengatasinya? Untuk menjawabnya dan membantu para mom, Kumparan Mom bersama Sunlife mengadakan acara :
Moms Mingle " Moms As The Guardian Of The Family "
Moms Mingle : Tips Sehatnya Fisik dan Finansial Keluarga (451356)
Menghadirkan Narasumber :
1. Hermawan Kurnianto - Senior Digital Marketing Manajer Sun Life Indonesia
2. Ila Abdulrahman - Financial Planner
3. Tania Raymina (@taniaraymina) - Mompreneur
4. Prameshwari Sugiri - Chief Editor kumparanMOM
Moms Mingle : Tips Sehatnya Fisik dan Finansial Keluarga (451357)
Ki-ka Ila Abdulrahman, Hermawan Kurnianto, Tania Raymina
Ini adalah gelaran acara ke-empat ( terakhir) dalam rangkaian acara Moms Mingle. Bertempat di Kedai Kopi 89, Kemang, Jakarta Selatan pada tanggal 14 September 2019 lalu. Dan saya beruntung sekali bisa turut serta dalam acara ini untuk sehatnya fisik dan finansial keluarga kecilku.
ADVERTISEMENT
Moms Mingle : Tips Sehatnya Fisik dan Finansial Keluarga (451358)
Ibu Prameshwari Sugiri - Chief Editor kumparanMOM, membuka acara dan memberikan sambutannya untuk para mom " selamat datang dan semoga happy belajar bersama tentang finansial keluarga" Para mom tidak hanya sehat raga, tetapi juga secara finansial. Sehat secara holistic. Seorang mom memegang peranan yang sangat penting, karena kita adalah penjaga keluarga kita ( Moms As The Guardian Of The Family)
Data kementrian kesehatan , 70% kematian disebabkan penyakit tidak menular, termasuk lifestyle ( gaya hidup )
Dua Kunci utama dalam kebahagiaan keluarga yaitu : 1. Kesehatan fisik yang terjaga hingga tua, 2. Kesiapan finansial yang baik untuk masa tua.
ADVERTISEMENT
Tentang Sunlife Indonesia
Bapak Hermawan Kurnianto - Senior Digital Marketing Manajer Sun Life Indonesia, menjelaskan bahwa seorang moms harus bisa menjaga kesehatan fisik dan juga menjaga kesehatan finansial keluarga. Maka dari itu, moms harus berperan memikirkan kesehatan fisik dengan menjalani pola hidup sehat yaitu dengan melakukan olahraga. Lalu untuk menjaga kesehatan financial, moms harus menyisihkan penghasilan untuk ditabung. Tabungan ini bisa tabungan jangka panjang atau pun investasi dan asuransi.
Sunlife Indonesia membantu menjawab kebutuhan para Mom untuk menjaga kesehatan finansialnya. Dengan #LiveHealthierLives , Sunlife peduli dengan kesehatan fisik dan finansial.
Sunlife berdiri pertama kali pada tahun 1865 di Kanada dan fokus pada financial, dan baru pada tahun 1995 hadir di Indonesia dengan 130 kantor pemasaran Dan 7800 agen tercatat sampai bulan juni 2019.
ADVERTISEMENT
Sun Life Financial merupakan perusahaan penyedia layanan jasa keuangan internasional terkemuka yang menyediakan beragam produk asuransi ( asuransi jiwa, asuransi kesehatan ), serta solusi pengelolaan kekayaan dan aset, baik untuk individu maupun korporasi. Sunlife hadir untuk membantu keluarga indonesia mencapai kemapanan finansial dan menjaga kesehatan finansial keluarga.
Moms Mingle : Tips Sehatnya Fisik dan Finansial Keluarga (451359)
Sunlife melalui Bapak Hermanto berharap dengan mengikuti acara Moms Mingle ini, para mom setelah pulang, dirumah bisa cerita dengan suami dan dapat insight tentang rencana keuangan keluarga dengan lebih baik lagi.
Ibu Ila Abdulrahman - Financial Planner
Moms Mingle : Tips Sehatnya Fisik dan Finansial Keluarga (451360)
Ibu Ila Abdulrahman (kanan)
Mengapa peranan Moms penting dalam sebuah keluarga? Bahwa sejak dulu memang perempuan lebih banyak didelegasikan untuk mengurus rumah dan keluarga. Namun disinilah timbul permasalahan-permasalahan seperti :
ADVERTISEMENT
• Besaran & sumber income
Berapa besarnya pendapatan dalam keluarga kita.
• Beban keuangan masa lalu yaitu apakah sebelum menikah masing-masing antara suami istri punya hutang yang harus ditanggung.
• Pengelolaan keuangan. Disini apakah semua uang dikelola oleh istri dan semua uang pengeluaran sama-sama karena pastinya lingkungan sosial antara suami dan istri berbeda.
• Berhentinya income dikarenakan Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK), pencari nafkah sakit dan tidak bisa bekerja, mengalami cacat tetap, atau meninggal.
Menurut data, dari 260 juta penduduk Indonesia, mereka yang mengerti tentang literasi keuangan hanya 27,9% , menggunakan asuransi 12% , memahami lembaga asuransi 16%, memiliki perencanaan keuangan 12,6%.
ADVERTISEMENT
Ibu Ila menjelaskan bagaimana seorang Moms harus pintar dalam mengelola finansial keluarga.
1. Mengelola hutang
• Hutang konsumtif harus dilunasi sebesar 20% dari pendapatan.
• Hutang yang tidak ada asetnya
• Ada asetnya tetapi nilainya menurun
• Harta yang tidak menunjang produktivitas
• KTA
• Kartu kredit
• Hati- hati belanja diskon
2. Memiliki tabungan dana darurat. Dana darurat harus liquid ( mudah ditarik). Bentuk dana darurat yaitu jika single sebesar 3x pengeluaran/bulan. Menikah sebesar 4-6x pengeluaran/bulan. Menikah dan mempunyai anak 2 sebesar 6-9x pengeluaran/bulan. Menikah dan mempunyai anak lebih dari 2 sebesar 12x pengeluaran/bulan
3. Memiliki proteksi. Kita bisa Membeli proteksi seperti asuransi kesehatan murni/stand alone Dan asuransi jiwa murni/stand alone.
ADVERTISEMENT
4. Berinvestasi . Dalam berinvestasi, kita harus pintar dalam memilih perusahaan tempat kita menanam investasi. Kita lihat
Profil risiko nya apakah agresif, konservatif, seimbang, berkembang. Pertimbangkan jangka waktunya. Bagaimana Inflasi tujuan keuangannya. Juga return nya dan apakah produk memenuhi syarat yang kita inginkan. Jadi jangan sampai malah membuat kita khawatir.
Ambil contohnya, kita merencanakan mau traveling, dalam 5 tahun kedepan dengan biaya 25 juta . Kita harus memcari produk yang memenuhi syarat :
•Sudah berdiri lebih dri 10 tahun
•Punya kantor fisik
•Mampu melewati 2 masa krisis
ADVERTISEMENT
•Memiliki dana AUM minimal 500M
Investasi wajib sangat diperlukan untuk sehatnya finansial keluarga, seperti tempat tinggal, dana pensiun, dana pendidikan dan pernikahan anak, perjalanan rohani ( haji, lordes, Vatikan), dana investasi sosial ( wakaf, panti asuhan, ortu dll)
Financial Check Up
- Pendapatan dikurangi pengeluaran apakah positif atau belum, jika belum, dicek apa yang bisa dikurangi yang tidak penting
- Aset sehat secara kepemilikan dan hutang ( kekayaan bersih ).
- Harus tahu pemasukan dan pengeluaran
- Maksimal cicilan bulanan 30% dari pemasukan
- Punya minimal 3x pengeluaran bulanan di tabungan yang tidak diutak atik.
ADVERTISEMENT
- Punya minimal asuransi kesehatan untuk seluruh keluarga.
Bisa dilihat bagaimana keuangan keluarga moms? Apakah sudah sesuai? Atau malah amburadul, tidak sesuai pos-pos nya?
idealnya dalam setiap bulannya, moms harus bisa membagikan keuangan pada setiap pos pengeluaran yang tepat dari penghasilan setiap bulannya yaitu :
•Dana darurat, sebesar 10%
•Tabungan masa depan, sebesar 20%.
•Biaya cicilan, sebesar 30%
•Biaya hidup, sebesar 40% termasuk untuk kebutuhan pribadi moms sendiri.
Kita para Moms harus pintar dan tahu dalam mengatur keuangan, yaitu dengan membagi segala pengeluaran untuk kebutuhan keluarga. Dan dari semua pengeluaran, moms harus pikirkan juga aset untuk masa depan. Mulai dari memikirkan dan berencana untuk pendidikan anak-anak, dan untuk menjaga kesehatan keluarga.
ADVERTISEMENT
Saya sendiri mengalami keuangan keluarga yang amburadul. Padahal kalau dihitung, seharusnya lebih dari cukup dan masih ada sisa lebih untuk kami bisa Quality Time bersama keluarga. Pun bisa menyenangkan diri kita sendiri. Tentu dong, seorang moms harus tampil cantik juga. Dan ini memerlukan dana juga yang mesti disisihkn untuk membeli lipstik, bedak dan atau skincare sesuai kebutuhan.
Belum kalau salah satu anggota keluarga kita ada yang sakit, yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Siapa sih yang ingin sakit? Tentu semua orang menjawab tidak. Tapi kita kan tidak pernah tahu. Duh bisa dibayangkan betapa pontang-pantingnya dalam mencari biaya.
Sehat itu penting dan mahal. Namun seorang moms lah berperan menjadikan keluarga sehat dan tercipta kebahagiaan dalam keluarga.
ADVERTISEMENT
Untuk itulah sangat diperlukan yang namanya Dana Darurat yaitu bisa berupa tabungan atau uang yang menganggur yag tidak diutak atik, dan alokasinya terpisah dari uang sehari hari yang digunakan untuk kebutuhan darurat .
Dengan fisik yang sehat, seorang moms bisa melakukan apa saja yang bisa menambah penghasilan keluarga. Dengan menjadi Mompreneur misalnya. Seperti Tania Raymina. Beliau adalah seorang moms influencer yang mempunyai bisnis bidang fashion dan sukses. Dan membagi tips untuk menjadi seorang enterpreneur. Bahwa dalam hal menjalani bisnis, harus punya mimpi dan dimulai sekarang juga. Jadi jangan nunggu-nunggu yah. Lebih lanjut juga mba Tania mengajak para moms untuk menerapkan gaya hidup yang baik , seperti tidur yang cukup. Karena jika kurang tidur, efeknya terakumulasi, capek jadi ga sehat. Menurut mba Tania, cara mendapatkan mood yang baik yaitu dengan memaksimalkan olahraga, luangkan waktu selama 30 menit untuk berolahraga agar fisik kita sehat. Tidak lupa juga untuk makan makanan yang bergizi bergizi, yang nutrisi nya pas untuk keluarga dan mengurangi penggunaan msg dalam masakan misalnya.
ADVERTISEMENT
Moms Mingle : Tips Sehatnya Fisik dan Finansial Keluarga (451361)
Proteksi perlindungan untuk keluarga juga sangat diperlukan, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dimasa depan. Makanya kita membutuhkan Perlindungan yang berupa Asuransi.
Asuransi sangat penting keberadaannya untuk melindungi keluarga dari resiko yg berdampak finansial. Minimal seluruh anggota keluarga mempunyai asuransi kesehatan.
Mengapa Sunlife meluncurkan #LiveHealthierLives ?
Bermula pada tahun 2014 , mengadakan riset ( asia riset of index), dalam riset tersebut tercetuslah yang dinamakan Gen O yaitu orang-orang yang Over work ( kerjanya berlebihan), Over eating (mengkonsumsi hal2 yang tidak perlu), Over wealth ( sudah sangat lelah)
Berlanjut tahun 2017 , berdasarkan perilaku -perilaku tidak sehat Gen O itu, didapatkan hasil bahwa 50% dari responden tidak rutin berolahraga, Tidur kurang dari 6 Jam perhari, makan makanan yang tidak sehat, yang bisa menaikkan kolesterol.
ADVERTISEMENT
Sunlife concern dengan hal tersebut , makanya mulai tahun lalu ( 2018 ) Sunlife meluncurkan campaign #LiveHealthierLives .
Investasi sehat untuk masa depan mulai dari sekarang.
Moms Mingle : Tips Sehatnya Fisik dan Finansial Keluarga (451362)
Banyak hal yang harus kita concern sebagai Moms As The Guardian Of The Family. Tipsnya yang harus moms perhatikan sebagai berikut :
1. Meskipun sudah punya perencanaan jangka panjang, tetap jangan lupa untuk bersenang-senang hari ini ( balance life )
Tabung dan investasilah uang kita sebanyak-banyaknya. Sehat secara finansial, terpenuhinya kebutuhan , terwujudnya keinginan. Sempatkan waktu sebulan sekali, duduk bersama bersama pasangan untuk membicarakan penghasilan dan pengeluaran. Atur cashflow sesuai dengan pos-posnya.
ADVERTISEMENT
2. Saat memutuskan untuk menjadi
Mentality jadi enterpreneur. Mental seorang mom adalah kemandirian. Kita harus punya mimpi yang besar dan dimulai dari sekarang dan jangan nunggu waktu terbuang percuma. Seorang mom belajar setiap hari, secara personal dan tidak ada sekolahnya. Mom harus jadi contoh yang baik, karena kendali kita ya hidup kita sendiri. Ada banyak yang tidak kita duga, maka dari itu resiko harus diminimalisir dengan menyiapkan dana darurat. Seorang mom lah yang mengatur pos-pos keuangan, sehingga peran mom menjadi sangat penting dan harus disiplin dalam menjalankannya.
3. Jadikanlah apa yang moms lakukan mempunyai hal yang positif dan bisa menularkan kepada lingkungan sekitar kita
ADVERTISEMENT
4. Disiplin dalam menabung dan olahraga. Jangan setengah-setengah. Lakukan secara rutin dan seterusnya.
5. #LiveHealthierLives , aktif bergerak untuk sehat.
Moms Mingle : Tips Sehatnya Fisik dan Finansial Keluarga (451363)
Jadi kesimpulanya, dalam sebuah keluarga , seorang moms harus sehat fisik dan finansial. Dan peran ini sangatlah penting untuk mencapai keluarga bahagia dan sejahtera.
#LiveHealthierLives
#MomsMingle
#SunLifexKumparan