Konten dari Pengguna

KKN Rekognisi UPI 2022 Membuat Desain Konten Pembelajaran dengan Aplikasi Desain

Melani Nurul Isti'anah
Mahasiswi Program Studi Pendidikan Masyarakat, Universitas Pendidikan Indonesia
6 November 2022 18:29 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Melani Nurul Isti'anah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Dokumentasi Magang Merdeka Batch 1 di PT Websis Solusi Indonesia Secara Online
zoom-in-whitePerbesar
Dokumentasi Magang Merdeka Batch 1 di PT Websis Solusi Indonesia Secara Online
Program Studi dan Magang Mandiri Bersertifikat (MSIB) merupakan salah satu metode pembelajaran, dari delapan metode yang dicanangkan dalam kebijakan Kampus Merdeka. Kebijakan ini diluncurkan dalam rangka mempersiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat, kompetensi mahasiswa harus dipersiapkan agar lebih tanggap terhadap kebutuhan zaman.
ADVERTISEMENT
Pada kesempatan kali ini, saya diberikan kepercayaan untuk mengembangkan kompetensi saya melalui proses magang secara online yang dilalui di PT Websis Solusi Indonesia yang beralamatkan di Equity Tower, Lt. 35, SCBD, Jl. Jenderal Sudirman No.52-53, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kby. Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10270. Pada kesempatan magang di Websis For Edu kali ini saya diberi wewenang untuk menjalankan sebagai graphic designer dan social media specialist. Tahap graphic designer, dimana di sini saya bertugas mencari referensi layout & desain konten media sosial, membuat design konten rutin di ig: feeds sesuai hasil rapat redaksional (materi biasanya mengenai pembelajaran yang dilaksanakan dari kelas masa kini/pelatihan/bootcamp dsb.)
Pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran sangat diperlukan dalam hal mendesain, menganalisis, mengevaluasi, mengembangkan dan mengimplentasikan materi dalam proses pembelajaran (West et al., 2016). Desain pembelajaran merupakan kegiatan perencanaan secara sistematis berdasarkan tujuan yang akan dicapai melalui proses manual maupun berbasis teknologi agar pembelajaran berlangsung efektif. Teknologi yang dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran juga dikenal dengan istilah media (Mahnun, 2012).
ADVERTISEMENT
Membuat konten pembelajaran baik visual maupun audiovisual membutuhkan keahlian khusus, terutama dalam mendesain media pembelajaran yang menarik. Salah satu aplikasi alternatif adalah Canva. Aplikasi Canva adalah aplikasi gratis dan berbayar berbasis online yang mudah digunakan meskipun Anda sedang mendesain media pembelajaran. Canva adalah aplikasi online yang memungkinkan Anda untuk membuat media pembelajaran. Untuk situsnya, bisa dibuka di www.canva.com. Di canva ini, tersedia banyak template yang bisa digunakan yaitu untuk infografis, grafik, poster, presentasi, brosur, logo, resume, flyer, Dokumen A4, 320nstagram pos, kartu, surat kabar, komik strip, cover majalah, undangan, Photo collage, kartus bisnis, desktop wallpaper, laporan, sertifikat, sampul buku, animasi sosmed, pengumuman, menu, video, grafik organizer, your story, surat, kepala surat, proposal, label, lembar kerja, jadwal kelas, kalender, ID card, cover CD, dokumen surat US, mobile first presentation, planner, program, ebook cover, dan storyboard. Adapaun cara menggunakan aplikasi ini meliputi; Membuat Akun Canva, Membuat Desain, Memilih Background, Mengedit Background, Menambahkan Teks, Mengunduh atau Membagikan Desain.
ADVERTISEMENT
Tahapan-tahapan dalam proses perencanaan membuat suatu konten pembelajaran dengan canva sebagai berikut.
Pada kali ini, yang akan dikembangkan adalah desain pembelajaran berbasis visual, maka yang dipilih adalah template presentasi (16:9). Memilih background adalah proses pertama dalam bagian ini. Menu yang dapat dipilih ada dua yaitu “Photos” dan “latar”.
sekian, cara membuat design konten pembelajaran untuk sosial media yang menarik, dengan menggunakan aplikasi canva. semoga dapat bermanfaat!
ADVERTISEMENT
Referensi
Mahnun, N. (2012). "Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran)". An-Nida’, 37(1), 27–34.
West, R. E., Thomas, R. A., Bodily, R., Wright, C., & Borup, J. (2016). "An analysis of instructional design and technology departments". Educational Technology Research and Development, 65(4), 869–888.