Mengulas Kepemimpinan Susi Pudjiastuti, Kartini Penyelamat Laut Indonesia

Michael Morgen Tarigan
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara Universitas Indonesia
Konten dari Pengguna
23 Desember 2023 14:09 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Michael Morgen Tarigan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber: instagram.com / @susipudjiastuti115
zoom-in-whitePerbesar
sumber: instagram.com / @susipudjiastuti115
ADVERTISEMENT
Masihkah Anda mengingat dengan kata “tenggelamkan”?
Keberanian pemerintah Indonesia menangani kapal illegal terus membawa dampak positif yang mencolok. Kejadian-kejadian ini semakin memperkuat pandangan bahwa tindakan tegas seperti penenggelaman kapal ilegal mampu secara efektif mengurangi praktik penangkapan ikan yang merugikan di perairan Indonesia. Dengan penegakan hukum yang berjiwa kuat, Indonesia memberikan pesan tegas tentang komitmennya dalam melindungi sumber daya laut.
ADVERTISEMENT
Perubahan luar biasa ini dapat dipandang sebagai hasil dari sentuhan magis seorang pemimpin transformatif yang menginspirasi, yaitu sosok Susi Pudjiastuti. Sebagai salah satu Kartini yang menjadi sumber inspirasi di Indonesia, beliau membawa pemikiran yang unik dalam merubah wajah laut Indonesia.

Sosok Susi Pudjiastuti, Perempuan Pelopor Transformasi Maritim Indonesia

Saat menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan di Kabinet Kerja 2014-2019 di Indonesia, Susi Pudjiastuti menonjolkan kepemimpinan transformasional dengan mendorong perubahan dan memberikan sanksi tegas.
Kepemimpinan transformasional yang dibahas oleh Bass dalam karya Yuk (2010), dianggap sebagai salah satu bentuk kepemimpinan yang dapat sejajar dengan pola pikir dan refleksi terhadap paradigma baru dalam era globalisasi. Gaya kepemimpinan ini mampu menginspirasi dan memotivasi karyawan, mendorong mereka untuk berkembang dan mencapai kinerja tingkat tinggi yang melampaui ekspektasi sebelumnya. Pemimpin transformasional memberikan perhatian dan kepedulian terhadap kebutuhan perkembangan setiap bawahannya, mengubah kesadaran mereka terhadap isu-isu yang dihadapi, dan memberi dorongan, semangat, serta inspirasi agar bawahan bersedia memberikan usaha ekstra untuk mencapai tujuan kelompok (Robbins, 2005).
ADVERTISEMENT
Dalam konteks pemberantasan illegal fishing, Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, mengadopsi pendekatan yang berbeda. Beliau secara tegas menggunakan tindakan drastis dengan menenggelamkan kapal-kapal yang terlibat dalam kegiatan illegal fishing. Keberanian Susi Pudjiastuti dalam menindak pelanggar illegal fishing, seperti melibatkan operasi penenggelaman kapal secara langsung, menciptakan dampak psikologis yang signifikan. Berita mengenai tindakan keras terhadap kapal ilegal telah menyebar, menciptakan reputasi bahwa Indonesia tidak main-main dalam melindungi sumber daya kelautan. Hal ini menimbulkan rasa takut di kalangan pihak asing, karena mereka menyadari konsekuensi serius yang mereka hadapi jika melanggar batas wilayah perairan Indonesia, yaitu risiko kapal mereka akan ditenggelamkan. Pendekatan ini menciptakan landasan kuat untuk menjaga kedaulatan perairan Indonesia dan melindungi keberlanjutan ekosistem kelautan.
ADVERTISEMENT
Pengambilan keputusan adalah inti kepemimpinan, membutuhkan kemampuan pemimpin untuk memilih langkah terbaik dari banyak alternatif. Menurut Philip Kotler, hal tersebut melibatkan tindakan sadar memilih di antara berbagai pilihan dengan mempertimbangkan nilai, preferensi, dan keyakinan. Ketika Susi Pudjiastuti menduduki jabatan sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan Indonesia, keahliannya dalam mengambil keputusan dihadapkan pada ujian berat, terutama dalam menangani masalah-masalah yang ada untuk melakukan penanggulangan illegal fishing yaitu dengan cara penenggelaman kapal serta larangan transshipment di tengah laut seperti yang termuat dalam Peraturan Presiden Nomor 115 tahun 2015 tentang Satuan Tugas Pemberantasan Illegal Fishing.
sumber: instagram.com / @susipudjiastuti115
Sebagai seorang pemimpin, Susi Pudjiastuti,menggarisbawahi bahwa kepemimpinan yg kuat tidak hanya melibatkan pengambilan keputusan yang efektif, tetapi juga menunjukkan komitmen terhadap kesejahteraan rakyat. Kebijakan-kebijakannya yang progresif mencerminkan sikap tegas dan berani dalam melindungi kepentingan masyarakat.
ADVERTISEMENT

Reference

Adinda, A. (2021, Maret 8). Kepemimpinan Susi Pudjiastuti Menjadi Inspirasi Wanita Indonesia. Kumparan. https://kumparan.com/adinda-asyura/kepemimpinan-susi-pudjiastuti-menjadi-inspirasi-wanita-indonesia-1vvGzOsK6K7/full
Anggriani, Shafa. (2021, Juni). Pemimpin Wanita Penjaga Lautan Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/352355876
al, N. I. (2021). Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Arisaputri N. (2022). ANALISIS JENIS DAN GAYA KEPEMIMPINAN SUSI PUDJIASTUTI MELALUI BERBAGAI KEBIJAKAN DAN KEPRIBADIANNYA.
Dini, S. (2019, April 23). 5 Fakta Susi Pudjiastuti, Menteri Nyentrik Pemberantas Pencuri Ikan. IDN Times. https://www.idntimes.com/news/indonesia/dini-suciatiningrum/5-fakta-susi-pudjiastuti-menteri-nyentrik-pemberantas-pencuri-ikan?page=all
Hifdzurrahman, Edwin. (2022, Desember 20). Membaca Kondisi Kepemimpinan Perempuan di Indonesia Melalui Susi Pudjiastuti. Yoursayid. https://yoursay.suara.com/kolom/2022/12/20/202846/membaca-kondisi-kepemimpinan-perempuan-di-indonesia-melalui-susi-pudjiastuti
Hukum Online. (2019, September 16). Dasar Hukum Penenggelaman Kapal Asing Pencuri Ikan. https://www.hukumonline.com/klinik/a/dasar-hukum-penenggelaman-kapal-asing-pencuri-ikan-lt54e31f284a8ff
Hutahayan, B., Astuti, E. S., Raharjo, K., & Hamid, D. (2019). Praktik kepemimpinan transformasional di BUMN (Kajian empiris karyawan PT Barata Indonesia (Persero)). Deepublish.
ADVERTISEMENT
M.R. Isnuhardi, 2017, “Sekuritisasi Illegal, Unreported, Unregulated Fishing (IUUF) di Perairan Indonesia di Era Pemerintahan Joko Widodo”, Jurnal Hubungan Internasional Unair, Vol. 10, No. 2, 13- 15.
Sorotindonesia.com. (2017). Susi Pudjiastuti Sosok Inspirasi Wanita Jawa Barat - Sorot Indonesia.
Sari, D. P., & Kurniawan, A. (2019). Analisis Jenis dan Gaya Kepemimpinan Susi Pudjiastuti. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 8(1), 1-10. https://www.researchgate.net/publication/333798498_Analisis_Jenis_dan_Gaya_Kepemimpinan_Susi_Pudjiastuti
Sari, D. P., & Kurniawan, A. (2021). Peran Susi Pudjiastuti Selaku Menteri Kelautan Dan Perikanan Dalam Memajukan Dan Menjaga Kemaritiman Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(1), 1-10. https://www.researchgate.net/publication/352380599_Peran_Susi_Pudjiastuti_Selaku_Menteri_Kelautan_Dan_Perikanan_Dalam_Memajukan_Dan_Menjaga_Kemaritiman_Indonesia
Shalahuddin, S. (2015). Karakteristik kepemimpinan transformasional. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6, 56599.
Sukatin, S., Astuti, A., Rohmawati, A., Ananta, A., Aprianti, A., & As-Sodiq, I. (2022). Pengambilan Keputusan Dalam Kepemimpinan. Humantech: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(9), 1156-1167.
ADVERTISEMENT
Theodore, R. H. (n.d.). Universitas Indonesia Library. Komunikasi dan gaya kepemimpinan Menteri Susi Pudjiastuti dalam Kabinet Jokowi-JK.
T. Hani Handoko, 2011, Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia, Yogyakarta: BPFE, hlm. 294.