Buzz
·
16 Juli 2021 12:19
·
waktu baca 2 menit

10 Pekerjaan Paling Dicari di 2025, Wajib Tahu Sekarang demi Karier Masa Depan!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
10 Pekerjaan Paling Dicari di 2025,  Wajib Tahu Sekarang demi Karier Masa Depan! (1061548)
searchPerbesar
Ilustrasi bekerja di kumparan. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Tren pekerjaan selalu berubah seiring perkembangan zaman. Sehingga skill yang kamu miliki juga harus terus dikembangkan biar relevan.
ADVERTISEMENT
Sebagai persiapan buat karier masa depan, coba, nih, cek pekerjaan yang diprediksi paling banyak dicari di 2025, menurut Future of Jobs Survey 2020. Ada yang udah jadi impian kamu?

AI dan Machine Learning Specialists

Dilansir Techno Jobs, AI Specialist adalah orang yang ahli dalam pemrograman komputer dengan tugas utama melakukan pengecekan hipotesis.
Sebagai contoh, AI Specialist mengembangkan sebuah sistem keamanan berbasis AI berupa face recognition untuk membantu manusia mengetahui identitas seseorang.

Data Analysts dan Scientists

Ilmu dasarnya sama yakni statistika dan pemrograman. Tapi data analyst lebih fokus kepada pembuatan query untuk mengatur data mana yang perlu ditampilkan sesuai dengan yang diinginkan.
Sedangkan data scientist dituntut mampu mengotomatisasi proses manual.
ADVERTISEMENT

Big Data Specialists

Data jadi bagian penting yang bisa membantu perusahaan, terutama di era teknologi yang semakin canggih. Big data specialist bertugas mengumpulkan data, merapikan, hingga menganalisisnya.
Tapi bukan perkara mudah karena data yang dikumpulkan dan harus dianalisis banyak dan terus berkembang.

Digital Marketing dan Strategy Specialists

Ini merupakan profesi di bidang pemasaran dengan menggunakan platform digital. Tanggung jawabnya ialah branding produk yang dihasilkan perusahaan.
Dalam membangun brand awareness dan berkomunikasi dengan konsumen, harus memanfaatkan teknologi digital yang diyakini dapat menjangkau konsumen lebih maksimal.

Software dan Applications Developers

Tugasnya mengembangkan, menciptakan, dan memodifikasi software aplikasi atau program. Selain itu juga menganalisis kebutuhan pengguna, merancang, dan mengembangkan solusi software.
ADVERTISEMENT

Internet of Things Specialists

Sekarang beragam benda telah terhubung dengan internet, enggak cuma handphone dan komputer. Di sinilah peranan internet of things alias internet untuk segalanya.
Sebagai seorang spesialis bidang internet of things, dituntut untuk mengumpulkan, mengolah, hingga menganalisis data yang nantinya untuk mengembangkan teknologi dalam benda-benda di sekitar manusia.

Process Automation Specialists

Perusahaan menggunakan teknologi Process Automation untuk merampingkan operasi perusahaan dan mengurangi biaya.
Spesialis di bidang ini dibutuhkan untuk mengembangkan software yang dapat meniru, dan mengintegrasikan tindakan manusia untuk menjalankan proses bisnis dengan maksimal.

Business Development Professionals

Dalam profesi ini, seseorang bertanggung jawab menciptakan nilai jangka panjang untuk perusahaan melalui pelanggan, pasar, dan juga relasi bisnis.
Business Development Professionals harus mencari cara supaya interaksi dari ketiga saluran tersebut (pelanggan, pasar, dan relasi bisnis) bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk terus tumbuh.
10 Pekerjaan Paling Dicari di 2025,  Wajib Tahu Sekarang demi Karier Masa Depan! (1061549)
searchPerbesar
Ilustrasi bekerja di kumparan. Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Digital Transformative Specialists

Profesi ini berperan mengubah proses bisnis yang sudah ada maupun menciptakan bisnis baru, dengan memanfaatkan teknologi digital.
ADVERTISEMENT
Tujuannya supaya dapat menimbulkan perubahan mendasar bagi operasi bisnis, dan bagaimana sebuah perusahaan bisa memberikan nilai bagi para konsumennya.

Information Security Analysts

Profesi information security analyst penting terutama jika perusahaan sering berhubungan dengan internet. Tugasnya melindungi informasi, rahasia, atau sistem informasi dari akses, penggunaan, gangguan, modifikasi, dan perusakan yang enggak diizinkan.
Information security adalah bagian krusial dari cybersecurity, karena khusus untuk keamanan data.