Entertainment
·
30 September 2019 15:25

4 Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Tugas, Kamu yang Mana?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Tipe Pelajar Saat Mengerjakan Tugas, Kamu yang Mana? (146437)
Ilustrasi mengerjakan tugas. Foto: Christin Hume/Unsplash
Sebagai pelajar, tugas adalah sebuah kewajiban yang harus dikerjakan. Gunanya guru memberikan tugas adalah untuk mengetahui seberapa jauh kamu mengikuti pelajaran di kelas.
ADVERTISEMENT
Namun, enggak semua guru punya cara mengajar yang sama, ya. Ada yang jarang memberikan tugas dan ada juga yang sering memberikan tugas, bahkan dadakan.
Tugas-tugasnya pun beragam, ada yang sulit, mudah, berkelompok, hingga individu. Nah, walaupun tugas adalah bagian yang penting buat para pelajar, namun para pelajar ini punya caranya masing-masing untuk menyelesaikan tugasnya. Seperti yang kumparan rangkum berikut ini.
  1. Dapet tugas, langsung mengerjakan
Begitu guru memberikan tugas, pelajar yang satu ini sebisa mungkin enggak mau menunda pekerjaannya sehingga ketika pulang ke rumah, dia langsung mengerjakan tugas.
Bukan hal yang buruk, kok, kalau kamu termasuk tipe pelajar seperti ini, pertahankan. Itu tandanya kamu enggak suka menunda-nunda pekerjaan.
ADVERTISEMENT
  1. Terlalu banyak menunda
Kamu punya niat untuk mengerjakan, niatmu juga udah baik, kok, untuk mengerjakan tugas. Namun, yang jadi masalah disini adalah realisasinya.
Seringkali kamu mendapat banyak gangguan saat ingin mengerjakan tugas, mulai dari terlalu nyaman di atas kasur, bermain game, scrolling media sosial, makan, menonton, dan lain-lain.
Semuanya itu membuat kamu akhirnya menunda-nunda mengerjakan tugas yang harusnya udah bisa selesai sejak awal. Ujung-ujungnya, tugas itu enggak kamu kerjakan, deh.
  1. Dikerjakan saat deadline mepet
Kamu sepertinya sangat menyukai mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam alias terburu-buru, ya?
Selain mungkin deadline yang diberikan guru terlalu mepet atau memang kamu yang malas mengerjakan, sehingga baru dikerjakan sehari sebelum atau di hari pengumpulan.
ADVERTISEMENT
Menunda mengerjakan tugas membuatmu terkadang harus rela begadang semalaman demi mengerjakan tugas-tugas tersebut yang ternyata susah banget buat diselesaikan. Kamu nyaman dengan sistem ini?
  1. Cari teman sepenanggungan
Sadar atau enggak, kamu selalu mencari teman sepenanggungan yang belum mengerjakan tugas, jadi kalau dihukum, ada temannya, betul, enggak?
Tapi, kalau teman yang udah setia jadi sepenanggungan kamu secara tiba-tiba mengerjakan tugas, kamu jadi panik sendiri karena jadi satu-satunya yang belum mengerjakan tugas.
Kamu yang termasuk dalam tipe ini, disarankan untuk perlahan enggak ketergantungan sama teman, ya, cobalah untuk menjadi diri sendiri dan belajar bertanggung jawab atas tugas-tugas sekolahmu.
Penulis: Aulania Silviananda