Berawal dari Hobi Buat Mainan, Jebolan SMK Ini Cuan hingga Ratusan Juta

19 September 2023 13:04
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Art studio Dinosaurus buatan alumnus SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Foto: instagram.com/jagadartstudio/
ADVERTISEMENT
Kisah sukses seseorang yang mewujudkan hobi menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan selalu menjadi inspirasi bagi banyak orang. Ini adalah kisah tentang jebolan SMK yang mampu mengubah hobinya membuat mainan menjadi bisnis yang meraih keuntungan ratusan juta.
ADVERTISEMENT
Adalah Muhammad Iqbal Firmansyah (24), alumnus SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta ini memang punya hobi membuat mainan. Sejak kecil ia dan ayahnya selalu bereksperimen membuat mainan remote control.
Dari sana, minat Iqbal pada mainan terus berkembang. Ia pun terus mengasah kemampuannya dengan terus mencari informasi lewat internet.
"Berawal dari saya dan ayah saya sejak kecil suka bereksperimen dengan membuat mainan-mainan remote control buatan sendiri dengan bahan seadanya dan sebisanya," kata Iqbal dikutip dari laman Instagram Direktorat SMK Kemendikbud, Selasa (19/9).
Art studio Dinosaurus buatan alumnus SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Foto: instagram.com/jagadartstudio/
Kecintaannya membuat mainan inilah yang membuat pria kelahiran 1999 ini memutuskan untuk memilih sekolah kejuruan usai tamat dari sekolah tingkat pertama. Ia memutuskan untuk mengambil Jurusan Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
"Kebetulan SMK saya memiliki fasilitas ruang praktik yang luar biasa lengkap dan itu salah satu fasilitas yang istimewa buat saya dulu dan teman-teman," beber Iqbal.
Menurutnya, SMK merupakan salah satu gerbang utama untuk dirinya menetapkan niat dalam tujuan bekerja dan berusaha. Berkat ilmu-ilmu yang telah ia dapatkan di sekolah, keahliannya dalam merancang dan membuat mainan semakin matang.
Pemuda asal Bantul ini pun kini telah memiliki memiliki sebuah studio bernama Jagad Art Studio. Lewat studionya ini Iqbal berhasil membuka lapangan pekerjaan. Di tempat itu juga pemuda yang tinggal kampung Purbayan, Kotagede, Yogyakarta itu berhasil meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah.
Iqbal berpesan untuk teman-teman yang saat ini masih duduk di bangku sekolah dan ingin mulai berwirausaha maka penting untuk meminta restu dan doa dari orang tua dan keluarga. Restu dari orang yang dicintai memiliki daya magis tersendiri. Itu adalah dukungan moral yang tak ternilai harganya, yang dapat memberikan kekuatan ekstra saat menghadapi tantangan.
ADVERTISEMENT
Iqbal juga menekankan pentingnya memiliki keyakinan dalam apa yang kita mulai. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, rasa percaya diri adalah salah satu kunci keberhasilan.
"Hal terpenting adalah bagaimana kita bisa menikmati prosesnya, karena itu yang saya yakini bisa membuat mental kita siap. Setiap usaha pasti punya tantangan. Kalau kita niat dan serius, Tuhan Yang Maha Esa pasti memberikan kita jalan," tutupnya.