Entertainment
·
24 Januari 2020 20:45

Erigo Pastikan Permasalahan dengan Seniman Polandia Sudah Selesai

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Erigo Pastikan Permasalahan dengan Seniman Polandia Sudah Selesai (233897)
Erigo dok Facebook Erigo apparel
Salah satu desain dari jaket sukajan rilisan Erigo dipermasalahkan karena menjiplak karya dari seniman Polandia, Nora Potwora. Erigo mengaku hal ini karena kesalahannya tidak melakukan pengecekan terhadap desain yang dikerjakan oleh ilustrator freelancer tersebut.
ADVERTISEMENT
"Kesalahan vital kami enggak ngecek karena udah terlalu percaya, ya. Namanya udah proyek ke berapa, ya, udahlah, masa lo mau macem-macem. Beda cerita kalau pertama, kami pasti ngecek," kata Deray selaku Communication Manager Erigo, saat dihubungi kumparan, Jumat (24/1).
"Kami mengakui enggak ngecek desain siapa, orisinal atau enggak. Salah kami di situ," lanjutnya.
Deray mengatakan, kasus plagiarisme desain ini menjadi pembelajaran bagi Erigo untuk ke depannya.
"Tim kami (akan) lebih ketat lagi, terutama desain (dari pihak) freelance," tambah dia.
Erigo Pastikan Permasalahan dengan Seniman Polandia Sudah Selesai (233898)
(kiri) jaket sukajan Erigo dan (kanan) ilustrasi karya Nora Potwora dok Twitter @NoraPotwora
Desain untuk jaket sukajan tersebut enggak dibuat oleh tim dari Erigo. Brand lokal ini mengajak seorang ilustrator freelance yang dinilai ahli dalam mendesain jaket sukajan.
"Koleksi sukajan ini udah ada dari 2017. Kami rilis setahun sekali. Makanya, kami cari designer yang ahli di bidang sukajan. Pas nyari, ketemulah si akun @Yudhistiart ini. Dilihat-lihat followers dia banyak, dan juga jual sukajan. Kami mempercayakan ke dia, karena dia spesialisnya. (Tapi) Ini bukan kolaborasi," terang Deray.
ADVERTISEMENT
Ia mengatakan, ilustrator tersebut udah minta maaf. Masalah Erigo dengan Nora Potwora juga udah diselesaikan.
Dalam keterangan resmi yang diunggah Potwora di akun Twitternya, ia mengatakan bahwa Erigo telah membayar kompensasi, membatalkan penjualan jaket sukajan yang menggunakan karya Potwora, dan akan mendonasikan produk yang tersisa kepada yang membutuhkan.
Erigo memastikan kejadian tersebut enggak akan terulang lagi. "Menghargai karya dan desain orang lain sangatlah penting, khususnya di industri ini. Menjiplak karya orang lain enggak bisa ditoleransi," tulisnya dalam keterangan yang diunggah di akun Instagram resmi Erigo, @erigostore.