kumparan
Entertainment6 April 2020 16:00

Film Generasi 90an: Melankolia Terinspirasi Pengalaman Pribadi Sutradara

Konten Redaksi kumparan
PTR, M. Irfan Ramli, Film Melankolia
Sutradara film Melankolia M. Irfan Ramli saat berkunjung ke kantor kumparan, Jakarta, Kamis (12/3). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Rumah produksi Visinema Pictures bekerja sama dengan Toni Mulani Films menggarap film Generasi 90an: Melankolia. Film tersebut menjadi proyek pertama bagi M Irfan 'Ipang' Ramli sebagai sutradara.
ADVERTISEMENT
Selain terinspirasi oleh buku Generasi 90an karya Marchella FP dan lagu hits dari Sheila On 7, Padi, dan Dewa 19, film ini juga berangkat dari pengalaman pribadi Irfan.
"Saya enggak pernah mengerjakan sesuatu yang enggak ada sisi personalnya. Ketika ditawarin ini, saya bilang ke Angga (Dwimas Sasongko), saya butuh spektrum yang saya kenal banget dan bisa saya rayakan sebagai milik saya, tapi juga mudah diterima orang lain," tutur Irfan kepada kumparan.
M. Irfan Ramli, Film Melankolia
Sutradara film Melankolia M. Irfan Ramli saat berkunjung ke kantor kumparan, Jakarta, Kamis (12/3). Foto: Fanny Kusumawardhani/kumparan
Oleh karena itu, ia menawarkan tema kehilangan. Irfan sendiri pernah mengalami kehilangan saat berusia 15 tahun. Kakaknya yang berusia 19 tahun meninggal dunia karena penyakit leukimia.
"Saya tahu ada keluarga yang baik-baik saja dan ambruk karena keadaan tersebut. Buat saya dulu guncangannya cukup besar. Keterpisahan yang mutlak itu bukan kejadian sesaat dan selesai. Itu yang kemudian saya implementasi dalam proses pengembangan ceritanya Abby (karakter utama)," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, Irfan menyebut karakter Abby yang diperankan oleh Ari Irham, bukanlah penggambaran dari dirinya saat remaja. Karakter tersebut telah ia kembangkan dari banyak aspek.
Irfan juga membalut film Generasi 90an: Melankolia dengan unsur keluarga yang kental. Sebab sebagai seorang remaja, karakter Abby berada di usia yang rentan dan membutuhkan kehadiran orang tua.
"Orang tua punya kapasitas besar. Enggak cuma sebagai support system, (di film ini) orang tua juga kehilangan anaknya, dan punya anak yang terguncang," kata dia.
Poster Film Generasi 90-an: Melankolia (potrait)
Poster Film Generasi 90-an: Melankolia. Foto: Instagram @generasi90anmelankolia.
Film Generasi 90an: Melankolia bercerita tentang Abby yang selalu menjadikan kakaknya, Indah--diperankan oleh Aghniny Haque--sebagai sosok yang ia kagumi.
Tiba-tiba, Abby harus menerima kenyataan bahwa kakaknya hilang dalam sebuah kecelakaan pesawat. Di dalam kesedihannya, ia bertemu Sephia, sahabat Indah, sebagai sosok pengganti kakaknya tersebut.
ADVERTISEMENT
Film ini rencananya dirilis pada 9 April 2020. Namun, imbas penyebaran virus corona, Visinema Pictures menunda penayangan Generasi 90an: Melankolia sampai waktu yang belum ditentukan.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan